Lunasi Hutang Dengan 3 Strategi Debt Snowball

05 Aug 2021 by Laruan

Utang menjadi salah satu tanggungan yang paling banyak dikeluhkan. Banyak orang merasa kesulitan untuk melunasinya karena kurangnya manajemen keuangan yang baik. Padahal sebenarnya, terdapat beberapa metode yang dapat diterapkan agar hutang bisa segera dilunasi, salah satunya adalah debt snowball.

Lunasi Hutang Dengan 3 Strategi Debt Snowball

Debt snowball merupakan bisa dibilang sebagai suatu strategi untuk melunasi hutang dengan fokus pada nominalnya. Cara menerapkan metode ini adalah dengan mengurutkan nilai utang dari yang terendah hingga tertinggi. Dimulai dengan membayar atau mencicil utang terendah, kemudian berlanjut pada utang yang lebih besar.

Strategi Debt Snowball Untuk Melunasi Hutang

Strategi ini bisa dikatakan dapat diandalkan untuk dapat terbebas dari lilitan hutang. Beberapa poin berikut adalah nilai lebih yang diperoleh ketika menerapkan debt snowball untuk membayar utang.

  1. Utang berpotensi lunas dengan cepat

Cara menerapkan metode debt snowball yang dimulai dengan mengurutkan nominal utang dari yang terkecil hingga terbesar membuat waktu pelunasannya cenderung lebih cepat. Metode ini memberikan cara pandang berbeda dalam melihat utang. 

Jika biasanya orang lebih dulu melunasi utang yang paling besar karena dianggap sebagai beban terberat, dengan metode ini justru utang terkecil lah yang perlu dilunasi terlebih dulu. Melunasi utang terbesar memakan banyak waktu dan tenaga, bahkan pikiran. Padahal melunasi hutang terkecil akan relatif lebih mudah dan cepat. Dengan cara ini, utang akan lebih cepat lunas, dimulai dari yang paling kecil.

  1. Menyelesaikan tanggungan hutang dengan lebih efektif

Dengan menerapkan metode ini, berbagai macam utang bisa lebih cepat dilunasi. Ketika sudah bisa melunasi satu utang, makan akan lebih terpacu untuk melunasi utang selanjutnya yang lebih besar. Cara ini sangat efektif untuk menyelesaikan tanggungan utang.

  1. Pengaturan pembayaran utang lebih konsisten

Orang tak jarang mengalami kesulitan ketika mengatur prioritas utang yang harus segera dibayar. Namun dengan mengacu pada metode ini, pengaturan pembayaran utang bisa lebih tertata dan lebih baik. Utang bisa dibayar secara perlahan namun tetap konsisten.

Apabila ingin menerapkan metode snowball untuk melunasi utang, berikut adalah langkah yang harus dilakukan:

Strategi Yang Perlu Dilakukan

  1. Tuliskan list berisi daftar utang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat daftar utang. Kemudian urutkan utang-utang tersebut dari yang terkecil hingga terbesar. Tidak perlu memikirkan bunga utang terlebih dulu. Fokus saja pada nilai utangnya. 

  1. Lakukan pembayaran minimum 

Setelah utang diurutkan dari yang terkecil, maka selanjutnya mulai melakukan pada pembayaran. Bayar cicilan untuk utang yang paling kecil terlebih dulu. Prioritaskan utang dengan nominal terkecil tersebut. Karena memang metode snowball adalah dengan mengutamakan pembayaran utang dari yang terkecil.

  1. Lunasi utang terkecil secepatnya

Apabila sudah terfokus pada utang yang paling kecil, maka sebaiknya segera lunasi utang tersebut. Karena nominalnya paling kecil, utang ini tentu relatif lebih mudah untuk dibayarkan. Ketika utang yang paling kecil selesai dilunasi, fokus harus beralih pada utang yang lebih besar di atasnya.

Lakukan hal ini secara terus-menerus dan konsisten. Dengan terus terpacu untuk segera melunasi utang meski sedikit demi sedikit, namun ketika dilakukan secara rutin, utang akan segera bisa diselesaikan. 

Terdapat beberapa metode untuk melunasi hutang dengan efektif dan efisien. Pemilihan metode ini tentu perlu dipertimbangkan dengan kondisi keuangan, banyaknya tanggungan utang, dan keadaan-keadaan lainnya. Apabila sudah merasa cocok dengan satu metode, maka sebaiknya terus fokus dan berpatokan pada metode tersebut. Metode ini jadi salah satu strategi untuk membayar utang yang selain mudah untuk dipraktikkan, juga memberikan beragam kelebihan.

Seperti namanya, debt snowball adalah sebuah perumpamaan bola salju yang digelindingkan. Saat pertama kali memulai, bentuknya kecil, namun ketika sudah mulai berjalan, lama-kelamaan akan semakin besar. Kondisi ini diserupakan dengan proses pembayaran utang yang dimulai dari utang terkecil hingga sampai pada utang terbesar. Metode ini apabila diterapkan dengan benar dapat menjadi andalan dalam membantu untuk melunasi utang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload