Kompor Listrik Dari Keuntungan dan Harga

18 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Memasak merupakan kebutuhan utama para ibu di dapur yang ingin menyajikan menu harian yang lezat. Tidak hanya sebatas memenuhi kebutuhan makan sehari-hari saja, memasak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tentu aktivitas memasak harus didukung sarana yang memadai, misalnya peralatan memasak yang lengkap. Peralatan memasak kekinian seperti kompor listrik menjadi barang yang wajib ada di dapur modern.

Baca juga: 10 Aturan Feng Shui Dapur Yang Harus Diperhatikan!

Dengan adanya kapasitas energi listrik rumah tangga yang terus meningkat, pemerintah menggalakkan program beralih pada kompor induksi. Hal ini sudah dicanangkan PLN untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dengan berganti dari kompor gas ke kompor induksi. Pastikan Anda memilih kompor dengan energi listrik yang aman dan berkualitas untuk kebutuhan teknologi smart home kekinian.

6 Keuntungan Memakai Kompor Listrik yang Wajib Anda Ketahui 

Sebelum Anda melakukan riset pasar terkait harga kompor induksi, ada baiknya mengetahui keuntungan berganti memakai kompor listrik dibandingkan dengan kompor gas sebagai berikut :

  1. Tingkat keamanan yang lebih baik 

Meskipun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kompor listrik sudah ada sejak tahun 1970an, tetapi masyarakat Indonesia masih jarang yang menggunakan teknologi ini. Masyarakat kelas menengah ke bawah masih menggunakan kompor gas sesuai dengan program pemerintah satu dekade lalu. 

Kini Anda harus berganti dari kompor gas menjadi kompor induksi sebab menjamin keamanan yang lebih baik. Panas yang bersumber dari aliran listrik tidak menyalakan api, tapi mampu menghantarkan panas dengan baik. Aktivitas memasak menjadi lebih mudah, praktis dan bebas dari risiko kebakaran atau kompor gas yang meledak.

  1. Aktivitas memasak lebih cepat 

Efisiensi waktu menjadi kunci memasak di era modern yang serba praktis ini. Anda yang harus bekerja tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu di dapur hanya untuk menyiapkan sarapan saja. Kini Anda bisa memakai kompor induksi yang memakai tenaga listrik untuk memasak lebih cepat. 

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak memakai kompor dengan energi listrik hanya sekitar empat menit untuk merebus air sampai mendidih. Wajan atau panci yang Anda letakkan di atas kompor bisa langsung menjadi panas tanpa menunggu waktu lebih lama. Anda bisa menggunakan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lain tanpa harus menunggu terlalu lama, bukan? 

  1. Kemudahan perawatan 

Kompor listrik lebih mudah dibersihkan sehingga Anda tidak perlu repot mencopot semua bagian seperti pada kompor gas.  Tinggal mengelap bagian kompor dengan spons  basah setelah memasak agar tetap bersih dan bisa digunakan kembali. Anda tidak perlu melakukan kegiatan membongkar, menggosok atau merendam bagian kompor yang menyita waktu, bukan? 

Kemudahan perawatan kebersihan kompor induksi menjadi hal yang sangat diperhatikan masyarakat millenial. Apalagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi, wajib beralih pada kompor energi listrik ini.

  1. Bisa mengatur suhu lebih mudah 

Anda hendak memanggang makanan atau merebus dengan suhu tertentu, tapi acap gosong bila memakai kompor gas. Cobalah berganti pada kompor energi listrik yang bisa membantu mengatur suhu lebih mudah dan konsisten. Artinya Semua makanan yang Anda masak bisa matang sempurna tanpa takut gosong atau lengket di wajan atau panci.

Nyala api tetap terjaga, suhu konsisten dan tidak mudah padam hanya karena adanya angin sepoi di dalam dapur. Tidak ada bahaya api padam seperti yang terjadi dengan pemakaian kompor gas, ya!

  1. Kondisi dapur menjadi lebih dingin 

Suasana memasak bisa lebih aman dan nyaman saat Anda memakai kompor bertenaga listrik sebab kondisi dapur menjadi lebih dingin. Hal ini dikarenakan pusat panas hanya ada pada peralatan memasak yang Anda letakkan di atas kompor energi listrik tersebut. Anda yang tengah menikmati proses memasak tidak akan mudah lelah, berkeringat atau panas karena api yang menyala seperti memasak pakai kompor gas. 

Dijamin Anda bisa lebih nyaman dan suka berada di dapur dalam waktu lama. Anda yang tidak hobi memasak semula, akan menjadi pribadi yang suka memasak, lho! Tidak percaya dengan kalimat ini, maka buktikan dengan membeli kompor energi listrik sekarang juga.

  1. Ramah lingkungan dan efisiensi energi 

Keberadaan kompor listrik yang menjadi solusi ramah lingkungan sebab penggunaan kompor bisa menjadi solusi efisiensi energi selama ini.  Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk kebutuhan beli gas dengan memakai kompor energi listrik ini.  

Efisiensi energi membantu Anda meningkatkan perekonomian pribadi dan negara lebih baik. Anda bisa meningkatkan kualitas memasak tanpa takut terjadi risiko atau pemakaian listrik yang terlalu besar. 

Baca juga: 7 Kado Akhir Tahun Yang Pasti Terpakai

Dengan mempertimbangkan keuntungan memakai kompor induksi di atas, Anda sudah harus berganti pada kompor listrik dibandingkan dengan kompor gas. Kini Anda bisa menekan risiko kebakaran di perumahan akibat pemakaian kompor gas yang dibiarkan menyala terlalu lama, kompor meledak atau risiko pemakaian kompor gas lain. 

Harga Kompor Listrik di Pasaran Indonesia

Dalam hitungan penggunaan energi listrik, pemakaian kompor induksi bisa efisien mencapai 100 persen. Untuk kisaran pemakaian daya listrik, setiap unit kompor induksi membutuhkan daya mulai 800-1400 watt. Pastikan daya di rumah Anda memadai untuk mengkonversi dari kompor gas menuju ke kompor induksi yang lebih efisien. 

Dewasa ini, Anda bisa beralih dari kompor gas ke kompor listrik yang lebih hemat sesuai dengan program pemerintah Indonesia. Ada banyak pilihan merek kompor energi listrik di pasaran, tetapi Anda bisa mendapatkan jenis kompor merek Maspion yang kredibel. Sebagai produk lokal asli produksi Indonesia, Maspion berkontribusi memberikan sumbangsih teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. 

Di pasaran Indonesia, Anda bisa memilih jenis kompor induksi tanam yang banyak diaplikasikan di rumah-rumah modern yang kekinian. Dengan bentuk yang tertanam di meja kitchen set, penggunaan komporlebih aman dan nyaman untuk Anda yang menyukai kepraktisan. Tentu ada dua sampai empat tungku pada kompor induksi tanam yang acap ada di perumahan dengan bentuk yang lumayan besar. Biasa pula ditemukan di restoran atau kafe dengan teknologi terkini yang mendukung aktivitas memasak para chef.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui mengenai produk kompor portable yang lebih diminati masyarakat millenial. Kelebihan kompor induksi portable bisa dipindah ke mana dan kapan saja dengan tungku sebanyak satu atau dua buah. Kelebihan lain yang ditawarkan kompor yang bisa dipindahkan ke mana saja ini ada pada bobot yang sangat ringan, kecil dan tipis. Anda yang berencana liburan atau piknik bersama keluarga, bisa membawa kompor ini untuk acara memasak atau barbeque akhir pekan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Portable AC Paling Sejuk Tahun 2022

Soal harga kompor listrik, Anda bisa membeli kompor merek Maspion baik induksi tanam atau portable yang sesuai dengan anggaran. Harga yang cukup terjangkau dan memiliki lebih banyak kelebihan menjadi prioritas utama. Yuk, segera beralih pada kompor induksi yang memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan kompor gas! Memasak tidak perlu repot, anti kotor dan hemat energi, kenapa tidak?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download