10 Aturan Feng Shui Dapur Yang Harus Diperhatikan!

16 Jun 2021 by kreditpintar
10 Aturan Feng Shui Dapur Yang Harus Diperhatikan!

Feng shui adalah seni penempatan yang berasal dari Tiongkok kuno, sebuah praktik yang bertujuan untuk menciptakan aliran energi yang sehat ke seluruh rumah Sobat Pintar dan membangun fondasi untuk kehidupan yang seimbang dan harmonis. Tidak mengherankan jika dapur memainkan peran yang sangat penting dalam feng shui. Lokasi, desain, dan dasar-dasar feng shui dapur dianggap sangat penting. 

Dapur mengandung energi api yang tinggi. Selain itu, di ruangan ini merupakan tempat kegiatan seperti memasak, mencuci, dan juga tempat menyimpan benda-benda berbahaya seperti pisau. Maka dari itu, feng shui dapur sangat penting untuk diperhatikan oleh pemilik rumah. Berikut ini adalah 10 panduan feng shui untuk menata dapur rumah Sobat Pintar. 

1. Pintu utama tidak boleh menghadap dapur

Posisi pintu utama dan dapur sebaiknya tidak saling berhadapan. Ketika masuk ke dalam rumah, tidak baik untuk melihat langsung ke arah dapur. 

Jika seseorang bisa melihat langsung dapur ketika baru masuk ke dalam rumah, hal ini dipercaya dapat menyebabkan orang tersebut diserang oleh energi api yang dipancarkan terutama dari kompor dan membawa pengaruh buruk. 

2. Posisi kompor dan wastafel tidak boleh saling berdekatan

Kompor memiliki energi api sedangkan wastafel memiliki energi air. Walaupun air dapat memadamkan api, tetapi api juga bisa mendidihkan air sehingga dapat menimbulkan masalah. 

Karena itu, hindari penataan posisi kompor dan wastafel yang bersebelahan atau saling berdekatan. Posisi antara kompor dan wastafel disarankan memiliki jarak satu lengan atau sekitar 46 cm. 

Gunakan pengukuran feng shui untuk menentukan jarak di antara kedua alat ini. Akan lebih baik lagi jika dapat menempatkan pembatas. 

Kran wastafel tidak boleh mengarah ke kompor, toilet juga tidak boleh terletak di seberang kompor.

3. Feng shui dapur untuk kulkas

Kulkas dikaitkan dengan kemakmuran dalam keluarga dan memiliki energi air. Oleh karena itu, sebaiknya kulkas juga tidak diletakkan di seberang kompor.

Karena kulkas juga merupakan simbol yang menjaga kekayaan seperti brankas, letaknya harus di area yang menyatu secara baik dengan interior lainnya. Pintu kulkas disarankan untuk tidak terlihat ketika memasuki dapur. 

Jika pintu kulkas dapat terlihat langsung ketika memasuki dapur atau lebih parah lagi dari pintu utama, berarti penataan tersebut tidak bagus dan dipercaya bisa mempengaruhi keuangan Sobat Pintar. 

4. Hindari warna merah

Hal ini sudah cukup jelas dikarenakan dapur memancarkan energi api yang cukup kuat. Menambah kehadiran energi api dengan warna merah akan seperti menambahkan bahan bakar kepada api. Hal ini dipercaya dapat menyebabkan musibah kebakaran. 

5. Hindari lukisan di dalam dapur

Umumnya lukisan yang disarankan feng shui adalah lukisan dengan gambar pemandangan alam, bunga, dan hewan. Hanya saja lukisan ini tidak baik diletakkan di dapur.

Energi api yang dominan di dapur dipercaya akan mengubah gunung menjadi gunung berapi dan danau lava yang berbahaya. Selain itu, bunga akan dibakar menjadi debu dan hewan akan dimasak. Semua ini menciptakan energi negatif yang berbahaya terutama bagi ibu. 

6. Pintu utama tidak boleh terbuka ke arah dapur

Dulunya pintu utama sebuah rumah hampir selalu berfungsi sebagai pintu masuk ke ruang tamu. Hal ini dikarenakan rumah pada umumnya dibangun dengan ruang tamu di depan dan dapur di belakang.

Sekarang, karena banyak rumah dengan ukuran lebih kecil seperti apartemen studio, semakin banyak pula rumah didirikan dengan pintu depan utama memasuki dapur. Dalam feng shui hal ini sebenarnya tabu, karena menandakan kalau Sobat Pintar memasuki rumah dari pintu belakang.

Pengaturan ini dipercaya dapat menarik aktivitas yang berhubungan dengan kejahatan. Beberapa cara untuk mengatasi hal ini antara lain dengan penggunaan plester dinding, tirai, atau akuarium.

7. Feng shui dapur berdasarkan posisi memasak 

Sebaiknya punggung ketika memasak di mengarah ke pintu utama dan wajah tidak menghadap ke arah jendela. Hal ini dikarenakan energi dan aura pribadi seseorang rentan selama memasak karena berfokus pada makanan. 

Selain itu, energi api dapat menyebabkan energi personal berkedip, mirip seperti ketika udara terdistorsi di hadapan benda yang panas. Karena itulah, terkena saluran energi dalam posisi memasak dapat berbahaya. 

8. Area yang berdempetan dengan dapur

Jika ada area atau ruangan yang berdempetan dengan dapur contohnya seperti balkoni atau area untuk mencuci pakaian, yang hanya yang hanya bisa dimasuki melalui dapur, harus ada pintu terpisah. 

Pengaturan denah lantai ini sebenarnya sangat umum terjadi pada rumah biasa, terutama dengan unit apartemen di gedung bertingkat dan kondominium.

9. Merapikan area dapur

Ruangan yang berantakan tidak baik dari segi feng shui. Hanya saja, dapur memiliki peran lebih penting karena mengandung energi api yang dapat mempengaruhi keberuntungan atau kekayaan. 

Dapur juga terikat erat dengan ibu pemimpin dalam rumah tangga. Kekacauan di area ini akan berdampak negatif, atau malah membingungkan energi yang bergerak di sekitar rumah. Jadi, pastikan untuk menjaga agar dapur tetap rapi dan tidak berantakan. 

10. Dapur tidak boleh diposisikan di tengah rumah menurut feng shui

Aturan mendasar lain yang dapat diamati oleh para ahli feng shui langsung dari denah lantai adalah ketika dapur terletak di tengah rumah.

Ketika Sobat Pintar membuat persegi dari denah lantai rumah Sobat Pintar dan menggambar dua garis diagonal dari sudut ke sudut, Sobat Pintar dapat menentukan bagian tengah rumah.

Dapur sebaiknya tidak berada di bagian tengah rumah. Jikapun Sobat Pintar memiliki dapur di bagian tengah rumah, paling tidak hindari kompor di bagian tengah atau dekat bagian tengah.

Energi api yang terpusat ditengah rumah akan membakar keberuntungan, tentunya Sobat Pintar tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?

Apakah sebaiknya dapur memiliki pintu?

Meskipun praktik feng shui yang ideal adalah memiliki pintu karena membatasi ruang yang berbeda memungkinkan pengelolaan energi yang lebih baik yang berada di ruang yang berbeda (terutama bila dapur memiliki energi api yang kuat), memiliki pintu untuk dapur adalah hal yang tidak wajib. 

Namun, memiliki dapur yang berbagi ruang yang sama dengan ruangan lain sama sekali tidak disarankan dari sudut pandang feng shui.

Disebutkan juga bahwa pemilik rumah yang masih lajang akan kesulitan menemukan pasangan untuk menikah jika tidak ada pintu ke dapur.

Bahkan jika Sobat Pintar tidak memiliki pintu untuk dapur, selalu disarankan untuk setidaknya memiliki dapur tersegmentasi dengan benar dari ruangan lain yang memiliki dinding.

Inilah 10 tips dalam menentukan tatanan dapur sesuai dengan ilmu feng shui. Selama Sobat Pintar mengikuti aturan dapur feng shui yang tercantum di sini, kemungkinan besar Sobat Pintar akan baik-baik saja.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload