Keuntungan Punya Sepeda Listrik Murah, Lebih Baik dari Sepeda Biasa?

14 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Sep 2023

Saat ini gelombang electric vehicle pada industri otomotif mulai menunjukan titik cerah. Salah satu yang diunggulkan dari tren ini adalah adanya sepeda listrik murah untuk masyarakat.

Mountain Bike, E Bike, Bicycle, Mtb, To Go Biking

Sepeda yang biasanya hanya bisa berjalan ketika kita mengayuh pedalnya, kini bisa dijalankan secara otomatis seperti hal nya ketika sedang berkendara naik motor. Harga sepeda listrik murah mungkin belum tersedia banyak di Indonesia, tetapi jika tren ini semakin meningkat di masa depan, tidak mustahil kita bisa memiliki jenis sepeda listrik murah yang keren ini.

Para pecinta sepeda, sebelum kita beli sepeda listrik murah, kita cari tahu dulu yuk apa saja keunggulan dan bagaimana cara pakai sepeda listrik ini. 

Seperti Apa Sepeda Listrik Murah Itu?

Sepeda listrik merupakan suatu inovasi baru yang menghadirkan sebuah sepeda dilengkapi dengan mesin motor yang digerakan menggunakan baterai yang dicharge terlebih dulu.

Baca juga : 10 Motor Termahal di Dunia, Mewah Sesuai Harganya

Sepeda listrik dilengkapi dengan beberapa komponen kelistrikan, sehingga dapat bergerak menggunakan tenaga listrik.

Komponen-komponen dalam sepeda listrik terdiri dari baterai, mesin, kabel otomotif, dan pengontrol. Semuanya menghasilkan tenaga listrik, tanpa harus di kayuh sepedanya

Sepeda listrik dibuat sebagai alternatif teknologi baru dalam bersepeda, yang memungkinkan para pesepeda tidak lagi kelelahan untuk mengayuh sepeda. Para manula bahkan masih bisa menggunakan sepeda listrik ini.

Di zaman sekarang ini, sepeda listrik telah menjadi suatu alat transportasi favorit bagi sebagian orang. Jenis sepeda ini dianggap lebih cepat dari sepeda manual, dan tetap ramah lingkungan.

Jenis sepeda yang berkekuatan listrik ini sering disebut powerbike atau e-bike. Mengingat adanya kecanggihan teknologi pada jenis sepeda ini, kira-kira ada sepeda listrik murah tidak ya?

Perbedaan Sepeda Listrik Murah dan Sepeda Biasa

Untuk membedakan antara sepeda listrik dan sepeda biasa, sebenarnya cukup mudah. Berikut ini perbedaan sepeda listrik murah dan sepeda biasa:

Bike, E-Bike, Bicycle, Electric, Green, Vehicle, Power

Menggunakan Motor

Motor merupakan komponen utama dari sepeda listrik dan pembeda yang paling terlihat dibandingkan sepeda biasa. Motor ini adalah penggerak pada sepeda listrik selain pedal. Ada beberapa jenis motor pada sepeda listrik, yaitu direct drive motor, geared drive motor, front hub motor dan rear hub motor.

Sepeda Listrik Murah Menggunakan Baterai

Motor memerlukan baterai agar dapat menggerakan mesin di dalamnya. Baterai pada sepeda listrik harus di charge setidaknya selama 6 jam. Baterai sepeda listrik ini mudah dilepas.

Sepeda Listrik Murah Menggunakan Sensor

Bedanya sepeda listrik murah dan sepeda manual selanjutnya terletak pada sensornya. Jika pada sepeda biasa motornya harus selalu hidup karena menggunakan pedal. Sedangkan pada sepeda listrik motor tidak harus selalu hidup karena bersifat otomatis. Sensor pada sepeda listrik dapat disesuaikan keinginan si pengendara sepedanya.

Keuntungan Memiliki Sepeda Listrik Murah

Jika kamu memutuskan untuk membeli sepeda listrik murah yang bagus, maka kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya:

Ramah Lingkungan

Alat transportasi yang paling ramah lingkungan adalah sepeda listrik. Ya, meskipun menggunakan komponen listrik, tetapi sepeda listrik murah tidak akan mengeluarkan asap seperti kendaraan lain.

Sepeda Listrik Murah Multifungsi

Desain sepeda listrik ternyata multifungsi, dimana kita bisa memilih untuk mengayuh seperti sepeda biasa, atau dijalankan tanpa dikayuh seperti sepeda listrik.

Lebih Hemat Energi dan Hemat di Kantong

Kamu punya sepeda listrik murah, berarti kamu bisa lebih hemat energi dan hemat di kantong. Kamu bisa membuktikan fakta ini lewat perhitungan berikut:

Misalnya sebuah kendaraan bermotor memerlukan 2 liter bensin atau Rp 20.000. Untuk menempuh jarak 80km. Sepeda listrik hanya membutuhkan Rp. 8000 dengan jarak tempuh yang sama. Meskipun menggunakan baterai, jika di charge dengan benar, maka daya baterai sepeda listrik murah ini bisa bertahan hingga 3 hari.

Tidak Ada Pajak untuk Sepeda Listrik

Semua kendaraan dalam transportasi di negara kita, wajib dikenakan pajak. Tapi kalau kamu punya sepeda listrik murah, kamu tidak perlu pusing dengan urusan pajak kendaraan.

Hingga saat ini, sepeda listrik murah belum kena pajak atau belum memerlukan STNK serta BPKB. Kecepatan sepeda listrik juga masih dianggap rendah, yaitu di angka 20-30 km per jam saja.

Baca juga : Daftar Harga Skuter Anak Terlengkap dan Terbaru

Cara Pakai dan Rekomendasi Sepeda Listrik Murah Terbaik

Sebelum kalian membeli e-bike atau sepeda listrik murah ini, apa kalian sudah tahu bagaimana cara menggunakan sepeda listrik tersebut? Nah, berikut ini cara menggunakannya dengan benar:

Bike Ride, E-Bikes, Campus, San Francisco, California

Mode Operasi Pedal Pada Sepeda Listrik Murah

Jika memilih mode operasi pedal di sepeda listrik, maka kamu dapat mengayuh sepeda tersebut seperti sepeda biasa. Akan ada beberapa pilihan opsi gigi 3 hingga gigi 8, namun hal ini tergantung dari tipe dan harga sepeda listrik yang kamu miliki.

Mode Electric Assist Pada Sepeda Listrik Murah

Mode electric assist ini digunakan jika kamu ingin merasakan gabungan dari pedal sepeda biasa dengan tenaga listrik. Biasanya kamu hanya perlu menghidupkan ON pada bagian stang sepeda listriknya. Ketika sedang dikayuh, sepeda listrik secara otomatis akan memberikan tenaga listriknya perlahan.

Saat menemukan medan jalan yang berubah-ubah, kamu juga bisa menggunakan persneling sepeda listrik agar dapat berjalan dengan baik, khususnya di medan jalan menanjak.

Mode Operasi Electric Only

Mode ini hanya mengaktifkan tenaga listrik pada e- bike kamu. Jadi kamu tidak perlu cape-cape mengayuh sepeda. Cukup putar bagian throttle pada bagian kiri setangnya, dan sepeda listrik akan melaksanakan fungsinya secara otomatis.

Jangan Lupa Charging Sepeda Listrik 

Seperti hal nya menggunakan smartphone, menggunakan power bike atau e-bike ini juga tidak terlepas dari charger. Sepeda listrik harus di charge agar daya baterainya terisi penuh kembali. Meskipun jarang digunakan, sepeda listrik murah harus tetap di charge secara berkala ya. 

Kira-kira sepeda listrik murah jenis apa ya yang bagus dan hemat di kantong? Berikut ini rekomendasi sepeda listrik murah terbaik:

Selis Sepeda Dignity Type Sky Ranger Warna Putih

Sepeda listrik murah dari Dignity ini merupakan jenis sepeda gunung yang terbuat dari material alloy yang cukup ringan dan desain modern yang trendi. Mengayuh sepeda listrik ini semakin mantap dengan pedal Wellgo M21 dan dibekali suspensi terbaik dari Shimano BR- M375A Mechanical Disc Brake yang sangat gaya.

Kamu bisa melihat spesifikasinya secara lengkap melalui e-commerce Bukalapak dan Blibli. Sepeda listrik Dignity Type Skyranger ini dibanderol dengan harga Rp. 1.6 Jutaan hingga Rp. 3 jutaan.

Selis Dignity Type Blitz Sepeda MTB Warna Gold

Masih dari MTB listrik, dengan type Blitz dan warna emas yang elegan. Desainnya begitu modern dan cantik, dengan frame sepeda listrik yang ringan tapi tetap berkualitas. Sepeda listrik murah ini memiliki tenaga motor hingga 350W dengan garansi 1 tahun. Dilengkapi juga dengan baterai 48/12 Ah bergaransi. Sepeda ini dibanderol dengan harga Rp. 2.2 Jutaan.

Sepeda Listrik Murah Selis Go Green 48

Kamu sedang mencari sepeda listrik murah hanya 1 juta? Selis Go Green 48 ini bisa kamu pilih. Desainya hijau, ramah lingkungan, dan manis. Dilengkapi dengan motor 500W dan baterai 48V/12Ah.

Ada pilihan warna cantik lainnya seperti biru dan orange. Sepeda listrik murah ini dibanderol seharga Rp. 1 jutaan. Demikian pembahasan mengenai sepeda listrik murah, sepeda listrik murah hanya 1 juta, dan rekomendasi sepeda listrik dewasa yang bisa kamu pilih.

Baca juga : Daftar Harga Sepeda Listrik Terbaik di Bawah 2 Juta

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

21 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download