Ketahui Cara Menghindari Inflasi Gaya Hidup yang Efektif

08 Jul 2021 by Laruan

Inflasi gaya hidup dapat diartikan sebagai peningkatan pengeluaran pada saat pendapatan bertambah. Penghasilan yang bertambah besar diiringi dengan pengeluaran yang semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan sulitnya menabung untuk hari tua atau menghambat tercapainya cita-cita finansial di masa depan. Untuk itu dibutuhkan cara agar kesejahteraan Sobat Pintar semakin meningkat.

Dengan menyadari pentingnya mengatur keuangan pribadi, Sobat Pintar sudah mempunyai modal untuk menghindari inflasi gaya hidup. Selanjutnya tinggal mengaplikasikan cara menghindari inflasi gaya hidup yang didasarkan pada pengambilan keputusan yang tepat. Lebih lengkapnya, silahkan simak cara menghindari inflasi gaya hidup di bawah ini:

Cara Menghindari Inflasi Gaya Hidup

  1. Perhatikan manfaat dari pengeluaran Sobat Pintar

Sangat mudah untuk tergoda mengeluarkan uang lebih saat kita memiliki tambahan penghasilan. Ambil contoh, pilihan tempat makan dari warteg ke gerai cepat saji atau membeli gawai baru walaupun gawai lama masih bisa dipakai. Mungkin hal tersebut masih terbilang sederhana dan wajar, namun jika tidak hati-hati seiring berjalannya waktu gaya hidup akan semakin mahal.

Saat Sobat Pintar memikirkan untuk membeli sesuatu, pikirkan manfaat jangka panjangnya untuk Sobat Pintar. Apakah hal tersebut penting atau hanya akan menjadi sesuatu yang menyenangkan sesaat saja?

Para ahli keuangan menyarankan untuk menimbang selama 2 hari sebelum membeli sesuatu. Alasannya, 2 hari dirasa cukup untuk memikirkan apakah pembelian tersebut penting untuk dilakukan atau tidak. Metode ini cukup ampuh untuk menghindari sikap boros dan belanja secara impulsif.

Cara Menghindari Inflasi Gaya Hidup
  1. Memanjakan diri boleh, tapi …

Jangan berlebihan dalam memanjakan diri. Setiap orang berhak merasakan hasil dari kerja kerasnya, tapi jangan berlebihan!

Silahkan untuk bersenang-senang dengan hasil kerja keras Sobat Pintar, namun jangan sampai hal tersebut membuat impian finansial Sobat Pintar terkubur. Sebagai contoh, sesekali memanjakan diri dengan spa itu menyenangkan dan tidak masalah. Tapi, pergi ke tempat spa secara rutin dapat menambah pengeluaran Sobat Pintar secara signifikan.

  1. Hitung tambahan pemasukan

Ketika seseorang dapat kenaikan gaji, insting yang dirasakan pertama kali adalah menggunakan uang tersebut untuk merayakannya. Toh, itu adalah hasil kerja kerasnya selama ini, bukan?

Namun sebelum Sobat Pintar memutuskan untuk meng-upgrade gaya hidup Sobat Pintar, perhitungkan baik-baik kenaikan gaji Sobat Pintar. Terkadang kenaikan gaji memberikan dampak yang tidak terlalu besar terhadap jumlah uang yang dapat Sobat Pintar pakai untuk bersenang-senang.

Hitung baik-baik tambahan pemasukan Sobat Pintar. Pastikan berapa banyak tambahan penghasilan yang Sobat Pintar dapatkan. Lalu, bijaklah dalam menggunakannya agar impian finansial Sobat Pintar bisa tercapai.

  1. Jangan serta merta mengubah gaya hidup

Sobat Pintar sudah menunggu kenaikan gaji cukup lama ketika akhirnya gaji Sobat Pintar dinaikkan oleh perusahaan. Jangan lalu Sobat Pintar mengubah gaya hidup secara drastis dengan beberapa perubahan. Cukup lakukan satu demi satu sambil melihat apakah gaya hidup tersebut meningkatkan kebahagiaan dan kualitas hidup Sobat Pintar atau tidak. 

Jika perubahan tersebut Sobat Pintar rasa baik, silahkan untuk dipertahankan. Jika perubahan tersebut tidak membuat Sobat Pintar bahagia, buang saja.

  1. Tentukan pengeluaran per bulan

Menentukan pengeluaran setiap bulan dapat menghindarkan Sobat Pintar dari pengeluaran berlebih. Buat catatan apa saja yang Sobat Pintar butuhkan dalam satu bulan. Ini adalah cara menghindari inflasi gaya hidup yang efektif. Sobat Pintar dapat memonitor pengeluaran agar uang tidak terbuang ke hal yang tidak penting.
Itulah beberapa cara menghindari inflasi gaya hidup. Mudah sekali untuk tergoda dalam inflasi gaya hidup, semoga dengan artikel ini Sobat Pintar dapat mengatur finansial dengan baik dan mencapai cita-cita finansial Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload