Ketahui 5 Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit, Apa Saja?

Ketahui 5 Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit, Apa Saja?

08 Jun 2021 by kreditpintar
Ketahui 5 Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit, Apa Saja?

Kartu debit dan kartu kredit merupakan dua kartu yang dapat digunakan untuk metode pembayaran non tunai. Sobat Pintar pasti sudah tidak asing dengan dua jenis kartu ini. Biasanya, setiap bank mengeluarkan dua jenis kartu ini karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sudahkah Sobat Pintar mengetahui apa saja perbedaan kartu debit dan kartu kredit?

Bagi Sobat Pintar yang ingin mengetahui perbedaan kartu debit dan kartu kredit, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini. Karena di sini akan dijelaskan secara lengkap apa saja  yang menjadikan kartu debit dan kredit berbeda, jadi pastikan membacanya hingga selesai, ya!

Pengertian Kartu Debit dan Kartu Kredit  

Sebelum membahas lebih lanjut tentang  yang menjadikan kartu debit dan kredit berbeda, berikut pengertian keduanya yang wajib Sobat Pintar ketahui:

Pengertian Kartu Debit  

Kartu debit merupakan kartu pembayaran non-tunai yang diterbitkan oleh suatu bank dan mengacu pada saldo yang ada di rekening bank tersebut. Dengan kartu debit ini, Sobat Pintar dapat melakukan pembayaran non-tunai sesuai jumlah saldo yang ada di rekening bank Sobat Pintar. Kartu debit biasanya juga berfungsi sebagai kartu ATM, dimana Sobat Pintar dapat tarik tunai dan cek saldo di mesin ATM.

Pengertian Kartu Kredit  

Kartu kredit merupakan kartu pembayaran non-tunai yang diterbitkan oleh bank dimana pemegang kartu kredit dapat menggunakannya terlebih dahulu. Kartu kredit ini memiliki sistem pembayaran di akhir bulan atau waktu yang telah disepakati. Pemegang kartu kredit juga dapat memilih jenis pembayaran sekaligus ataupun angsuran. Karena menggunakan sistem pembayaran kredit, biasanya pihak bank akan membebankan biaya tambahan kepada pemegang kartu kredit saat pembayaran tagihan.

Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit  

Setelah mengetahui pengertiannya, manakah yang akan Sobat Pintar pilih? Agar memantapkan keputusan Sobat Pintar dalam memilih, berikut beberapa perbedaan kartu debit dan kartu kredit yang wajib Sobat Pintar ketahui:

Perbedaan Mekanisme  

Perbedaan pertama adalah dari mekanisme yang digunakan, apa saja?

Kartu Debit:  

  1. Kartu debit diterbitkan oleh bank yang diperuntukan bagi nasabah yang memiliki rekening di bank tersebut. Biasanya ada logo bank ataupun jaringan yang bekerja sama dengan pihak bank seperti Visa ataupun Link.
  2. Nasabah wajib memiliki saldo di dalam rekening dan batas transaksi akan disesuaikan dengan jumlah saldo yang ada di rekening tersebut.
  3. Nasabah tidak dibebani iuran tahunan dan biaya transaksi akan langsung dipotong dari jumlah saldo yang ada di rekening.
  4. Tidak ada biaya untuk penarikan di ATM bank penerbit.
  5. Terbatas untuk digunakan pada transaksi online.

Kartu Kredit:  

  1. Nasabah tidak diwajibkan memiliki tabungan di bank yang menerbitkan kartu kredit.
  2. Nasabah tidak perlu memiliki saldo di rekening bank yang penerbitkan kartu kredit. Hal ini dikarenakan kartu kredit akan memberikan pinjaman dengan jumlah tertentu kepada pemegang kartu kredit.
  3. Tagihan atas kartu kredit akan dikirimkan setiap bulan dan dapat dibayarkan secara lunas ataupun kredit. Pemegang kartu kredit akan dikenakan bunga sesuai kebijakan bank penerbit kartu kredit.
  4. Untuk tarik tunai, kartu kredit dibebankan biaya yang cukup besar.
  5. Pemegang kartu kredit dibebankan biaya iuran tahunan, bea materai, dan bea pembayaran.
  6. Dibutuhkan tanda tangan untuk transaksi dengan kartu kredit, sedangkan PIN hanya digunakan untuk tarik tunai di ATM.
  7. Dibutuhkan 3 (tiga) angka terakhir yang ada di kartu untuk transaksi secara online.
kartu bank

Perbedaan Manfaat  

Baik kartu debit maupun kartu kredit memiliki manfaat yang berbeda-beda, apa saja? Berikut penjelasannya:

Kartu Debit:  

  1. Sobat Pintar dapat dengan mudah melakukan tarik tunai dan transfer ke rekening lain dengan kartu debit ini.
  2. Lebih praktis karena dapat tarik tunai di ATM yang ada di mana-mana.
  3. Kartu debit dapat digunakan untuk belanja di berbagai tempat mulai dari minimarket hingga restoran.
  4. Pemegang kartu debit tidak dibebankan biaya bunga ataupun denda.
  5. Tidak ada cicilan bulanan pada kartu debit.
  6. Sobat Pintar dapat menggunakan kartu debit untuk transaksi dalam jumlah besar.
  7. Tidak perlu berhutang untuk menggunakannya dan dapat dengan mudah untuk mendapatkan uang tunai.

Kartu Kredit:  

  1. Ada banyak promo yang ditawarkan bagi pemegang kartu kredit, mulai dari diskon, cashback, hingga hadiah.
  2. Memudahkan untuk transaksi luar negeri.
  3. Belanja lebih mudah karena pembayaran dapat dilakukan belakangan.
  4. Kartu kredit memudahkan pembayaran untuk kebutuhan yang mendadak.
  5. Dapat digunakan untuk membayar semua tagihan.
  6. Aman dari berbagai bentuk penyalahgunaan.
  7. Dengan kartu kredit Sobat Pintar akan lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran.

Perbedaan dari Segi Kekurangan  

Setelah mengetahui manfaat yang dimiliki oleh kartu debit dan kartu kredit, kartu debit dan kartu kredit juga memiliki kekurangan yang berbeda. Apa saja kekurangan tersebut? Berikut penjelasannya:

Kartu Debit:  

  1. Kartu debit yang Sobat Pintar miliki tidak memungkinkan bagi Sobat Pintar untuk berbelanja ataupun melakukan transaksi melebihi jumlah saldo yang Sobat Pintar miliki. Jika Sobat Pintar membutuhkan dana yang cukup besar seperti untuk tagihan rumah sakit ataupun biaya pendidikan, kartu debit jelas tidak dapat digunakan jika jumlah yang ada di rekening bank tidak sebesar yang dibutuhkan.
  2. Tidak banyak promo yang ditawarkan bagi pemilik kartu debit.
  3. Rentan terjadi penyalahgunaan, seperti kehilangan uang ketika kartu debit hilang atau dicuri.

Kartu Kredit:  

  1. Ada bunga yang dibebankan untuk setiap transaksi dengan kartu kredit. Semakin besar transaksi, semakin besar pula bunga yang dibebankan kepada pemegang kartu kredit.
  2. Ada batas waktu atau waktu jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit. Bunga akan semakin bertambah jika Sobat Pintar telah melakukan pembayaran.
  3. Saat Sobat Pintar membutuhkan uang tunai, tarik tunai menggunakan kartu kredit akan dikenakan biaya yang sangat tinggi pada bunga yang dibebankan saat pembayaran tagihan.
  4. Rentan terhadap tindak kejahatan perbankan.

Butuh Dana Darurat? Kredit Pintar Aja!  

Baik kartu debit maupun kartu kredit memiliki kekurangan masing-masing, salah satunya adalah tidak dapat digunakan ketika membutuhkan dana secara mendadak. Namun jangan khawatir, karena Kredit Pintar akan membantu Sobat Pintar yang membutuhkan dana di saat-saat mendadak. Kredit Pintar merupakan pinjaman online bunga rendah yang akan membantu kebutuhan finansial Sobat Pintar. Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, jadi terjamin aman.

Kesimpulan  

Itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan kartu debit dan kartu debit yang wajib Sobat Pintar ketahui. Baik kartu debit maupun kartu kredit, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung bagaimana Sobat Pintar akan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan Sobat Pintar. Pastikan Sobat Pintar menggunakan kartu debit atau kartu kredit yang Sobat Pintar miliki dengan baik dan benar agar dapat merasakan semua manfaat yang dimiliki oleh kedua kartu tersebut.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk