Ketahui 4 Dampak dan Resiko Akibat Makan Sehari Sekali

16 Jun 2021 by kreditpintar
Ketahui 4 Dampak dan Resiko Akibat Makan Sehari Sekali

Apakah kamu sedang melakukan diet? Atau kamu ingin menurunkan berat badan? Berbagai cara kamu coba untuk menurunkan berat badan termasuk dengan mengurangi waktu makanmu. Dengan hanya makan sekali sehari apakah ampuh untuk menurunkan berat badan?

Cara yang satu ini memang sudah sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Banyak orang beranggapan dengan makan satu kali setiap hari sangat ampuh dalam menurunkan berat badannya. Namun beberapa orang justru membantah hal tersebut karena bisa berdampak pada kesehatan.

Beberapa pakar kesehatan masih terus melakukan perdebatan mengenai hal ini. Karena sampai saat ini masih banyak orang-orang yang tidak berhasil dalam menjalankannya. Justru timbul masalah kesehatan baru dalam menjalankan pola makan satu kali setiap hari ini.

Inilah resiko/dampak yang terjadi jika kamu menerapkan pola makan sehari sekali.

1. Tekanan Darah dan Gula Darah Meningkat

Penelitian kesehatan menyebutkan bahwa ketika perut kosong dan secara tiba-tiba diisi dengan asupan makanan secara berlebihan. Maka akan membuat tekanan darah dan gula darah meningkat.

Sedangkan tubuh manusia harusnya menerima asupan makanan dengan cara bertahap dalam sehari. Tidak bisa langsung sekaligus dalam jumlah yang banyak.

2. Gangguan Pencernaan

Pola makan satu kali setiap hari juga akan menyebabkan gangguan pencernaan.

Jika kita makan secara bertahap 3 kali sehari maka itu akan memudahkan tubuh dalam mencerna makanan. Tetapi, jika kita makan satu kali setiap hari dengan jumlah yang berlebihan. Maka itu akan membuat kerja organ pencernaan terganggu karena dipaksa bekerja lebih keras. 

Jika anda penderita sakit maag atau asam lambung ini sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Pola makan seperti ini akan mengakibatkan anda merasa mual, lemas pusing dan nyeri dibagian dada.

3. Kekurangan Nutrisi

Ketika anda makan satu kali setiap hari anda akan lebih cenderung memilih makanan yang berkalori tinggi sebagai pengganjal lapar selama beraktivitas. Hal ini akan membuat anda melewatkan pentingnya mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin, protein, mineral dan serat.

Pentingnya anda mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Karena sayur dan buah kaya akan nutrisi penting bagi tubuh kita. Jika anda melakukan diet, lakukanlah dengan mengatur asupan makanan untuk tubuh kamu. Bukan hanya mengatur jumlah makanan yang masuk. Tetapi juga mengatur asupan nutrisi yang baik dan penting bagi tubuh kamu. Sehingga kamu tidak kekurangan nutrisi dan gizi seimbang.

4. Kondisi Tubuh Mudah Lelah

Ketika tubuh hanya menerima sedikit asupan makanan maka hal itu akan mempengaruhi kondisi tubuh dalam beraktivitas selama seharian. Dalam beraktivitas sehari-hari tubuh memerlukan asupan nutrisi dan makanan yang cukup. Tetapi, bagaimana jika asupan nutrisi dan makanan untuk tubuh tidak terpenuhi?

Makan satu kali setiap hari dapat membuat tubuhmu menjadi mudah lelah dan cepat capek. Pola makan sehari sekali ini tidak bisa menjamin tubuhmu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Apalagi jika kamu melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga. Maka kamu memerlukan asupan makanan yang cukup untuk tubuhmu. 

Inilah resiko/dampak yang terjadi apabila menerapkan pola makan sehari sekali. Sebenarnya cara ini juga telah dianjurkan beberapa ahli kesehatan dengan aturan yang tepat. Menjalankan cara ini haruslah dengan konsultasi ahli kesehatan. Agar penerapannya tepat dan asupan makanan yang diberikan untuk tubuh sesuai dengan kebutuhannya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk