Kenali 4 Alasan Merintis Bisnis Jasa Digital Agency

29 Jul 2021 by Laruan

Dari banyak usaha, layanan digital agency sangatlah populer dirintis. Memang, jenis usaha ini sangatlah berguna dan aksesibel bagi pengusaha. Di masa ini, banyak dari kita yang ingin memulai usaha tersendiri. Entah karena ingin mencari uang tambahan atau menjalankan mimpi. Lantas, apa yang dimaksud dengan jasa digital agency ? Yuk, simak dengan saksama! 

Alasan Merintis Bisnis Jasa Digital Agency
.

Mengapa Digital Agency Jadi Salah Satu Industri Bisnis Yang Menjanjikan?

Digital agency atau digital marketing agency adalah sebuah agensi yang bergerak di bidang penyebaran informasi dan penjualan produk secara daring. Seperti yang mungkin Sobat Pintar ketahui, sekarang ini agensi digital adalah bidang jasa yang lumayan populer untuk dirintis ataupun digunakan oleh orang lain. Ini dikarenakan beberapa alasan sebagai berikut.

1.Usaha yang tergolong mudah dirintis

Eits, bukan berarti ini bisnis yang dianggap sepele. Untuk memulai bisnis ini, diperlukan tim dengan skill yang khusus dan mumpuni dalam bidang marketing, media, desain, dan banyak lagi. Walaupun begitu, bisa saja Sobat Pintar dengan skill di bidang desain memulai usaha dengan dua teman Sobat Pintar yang lain dengan skill di bidang fotografi dan social media. Bisa dibilang, usaha ini mudah dimulai selama memiliki keahlian yang sesuai. 

2. Usaha membantu usaha lain 

Karena layanan ini bergerak di pemasaran produk dan menyebarkan info tertentu dan bisa membantu perkembangan perusahaan lain. Digital agency berkecimpung di banyak perusahaan dan sering menjadi konsultan bagi pengusaha skala kecil maupun korporasi multinasional. Mereka juga memegang peranan penting, yaitu menyiapkan usaha skala apapun dalam menghadapi era digital. 

3. Memiliki skala yang fleksibel

Tergantung dari target konsumen, sebuah agensi digital bisa dimulai dengan skala usaha yang kecil maupun besar. Sobat Pintar mampu membuat agensi digital dengan target konsumen berupa usaha-usaha kecil atau menengah.

4. Menambah ‘nilai digital’ pada suatu perusahaan

Digital agency jelas bisa menambah nilai digital pada sebuah perusahaan sebesar atau sekecil apapun. Apa itu nilai digital? Nilai digital adalah faktor-faktor yang menambah kemampuan sebuah perusahaan bersaing dengan menawarkan produk dan brand Sobat Pintar secara daring. Penting bagi perusahaan untuk bisa menjual produk dan brand mereka melewati internet dan media digital lainnya. Ini dikarenakan media digital dapat membuat pemasaran Sobat Pintar menjadi lebih efektif dan mengerucut. 

Setelah kita berkenalan dengan agensi digital, mari kita lihat keuntungannya.

Menambah ‘nilai digital’ pada suatu perusahaan

Jasa Yang Ditawarkan

Seperti yang Sobat Pintar ketahui, agensi digital membantu pemasaran produk usaha ataupun penyebaran informasi. Bagaimana mereka melakukannya? Walaupun servis satu agensi ke agensi lain berbeda, berikut inilah yang umumnya ditawarkan oleh sebuah agensi digital. 

1.Konsultasi strategi pemasaran digital

Sobat Pintar sebagai pengusaha bisa menggunakan keahlian para digital marketers di dalam agensi tersebut untuk membuat sebuah strategi pemasaran digital. Para konsultan pun akan membuat sebuah strategi sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan. Dalam membuat sebuah strategi pemasaran digital, ada banyak perantara yang bisa digunakan. Misal saja Search Engine Optimization atau SEO. para digital marketers menggunakan SEO untuk menaikkan eksistensi perusahaan Sobat Pintar di internet melalui hal-hal seperti penulisan konten, desain web, aktivitas sosial media, dan banyak hal lainnya. 

2. Servis pekerjaan desain dan grafis

Selain membuat strategi, Sebuah agensi digital juga bisa memperindah dan menaikkan kualitas jejak digital perusahaan Sobat Pintar. Ini bisa dimulai dari mendesain situs web menjadi lebih baik dan fungsional hingga pengecekan aktivitas konsumen dan pengunjung situs.

Walaupun sebenarnya desain web bisa saja dipelajari sendiri, menguasai bermacam-macam bahasa kode memerlukan waktu dan usaha yang cukup lama. Selain itu, ada banyak orang lain yang memiliki kemampuan desain dan IT yang lebih mencukupi. 

3. Servis penulisan dan pemasaran konten 

Penulisan konten dan pemasaran konten atau content writing dan content marketing adalah layanan yang umumnya ditawarkan oleh sebuah agensi digital. Selain untuk meningkatkan nilai digital sebuah situs, pekerjaan juga dilakukan untuk saluran-saluran seperti sosial media, e-mail, online shop, dan bahkan iklan digital. Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika menulis konten, seperti kata kunci, panjang ideal sebuah artikel atau tulisan, dan bahkan pilihan kata yang bisa dipakai untuk slogan. 

4. Optimasi saluran digital kepada konsumen 

Jelas ini adalah fungsi yang paling penting. Agensi digital bisa membuat Sobat Pintar lebih dekat dan mengerti siapa sebenarnya konsumen Sobat Pintar. Lewat post sosial media yang menarik, situs yang nyaman digunakan dan indah, ataupun lewat hal-hal lain seperti push notification pada hp. Digital agency juga sering melakukan yang namanya market research yaitu mempelajari dan mengambil kesimpulan dari konsumen.

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Bagaimana Cara Merintis Agensi Digital?

Tertarik ingin memulai bisnis pemasaran digital? Inilah beberapa tipsnya.

1.Mulai dari diri sendiri

Jika Sobat Pintar tertarik ingin memulai karir di bidang pemasaran digital, tempat eksperimen yang Sobat Pintar bisa gunakan ialah jejak digital Sobat Pintar sendiri. Ada banyak aspek digital marketing yang bisa dipelajari sendiri, seperti fotografi dan sosial media. Sobat Pintar bisa saja mengambil kursus online mengenal aspek-aspek penting digital marketing, seperti desain web, SEO, dan banyak lainnya. 

2. Manfaatkan jejaring rekan 

Seperti yang sudah Sobat Pintar ketahui, agensi digital memerlukan banyak orang dengan keahlian dibidang desain grafis, programming, strategi pemasaran, dan banyak lainnya. Sobat Pintar bisa saja merintis sebuah usaha layanan agensi digital dengan teman-teman sebagai passion project berskala kecil. 

2. Manfaatkan jejaring rekan

3. Simpan modal yang cukup 

Berteman atau sendiri, veteran atau kertas putih, uang modal merupakan satu hal yang pasti diperlukan ketika memulai usaha. Walaupun dengan kemudahan adanya jaringan teman dengan keahlian yang mumpuni, masih diperlukan modal untuk hal-hal seperti alat-alat, kursus jika membutuhkan, bahkan mungkin space untuk agensi digital. 

Tenang, dengan Kredit Pintar Sobat Pintar bisa memulai layanan pemasaran digital sendiri, membeli alat-alat atau hal lain yang diperlukan, dan bahkan menggunakan layanan agensi digital yang dapat meningkatkan nilai digital usaha Sobat Pintar. Apapun itu, Kredit Pintar bisa memberikan dorongan kecil namun berarti bagi usaha-usaha Sobat Pintar. 

Layanan agensi digital jelas menjadi salah satu usaha penting yang ditekuni banyak orang saat ini. Sobat Pintar bisa saja merintis sendiri usaha ini dengan jaringan dan tentunya modal yang cukup. Sebagai seorang pengusaha pintar, Sobat Pintar sepatutnya menguatkan jejak digital Sobat Pintar agar tidak ketinggalan zaman. Sebagai seorang yang ingin merintis sebuah agensi digital, ingat selalu bahwa jika ada kemauan pasti ada jalan!

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload