5 Jenis Ayam Aduan Terkuat dan Petarung di Dunia

04 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jul 2022

Ayam aduan merupakan jenis ayam petarung dengan ciri fisik memiliki kekuatan dan daya tahan yang kuat terhadap pukulan. Masyarakat sering memanfaatkan jenis ayam ini untuk kegiatan sabung ayam. Terdapat banyak variasi gen dan macam ayam aduan di dunia ini. Secara fisik, karakteristik mereka terlihat pada badan tegap, paruh panjang, atau taji yang kuat. Ini jenis ayam aduan terkuat.

Cara Merawat Ayam Aduan Supaya Kuat

Banyak hal bisa dilakukan agar seekor ayam aduan bisa menjadi kuat dan tahan banting. Perawatan yang tepat akan membuat ayam aduan menjadi tipe petarung yang ganas. Salah satunya adalah menempatkan ayam aduan pada ukuran kandang yang proporsional.

Tips penempatan kandang yang dapat dicoba adalah dengan mempersiapkan jenis DOC, Box Umbaran, serta kurungan jemur. Ketersediaan cahaya berupa bohlam kuning juga diperlukan untuk memaksimalkan ketercukupan kehangatan bagi anak ayam yang disapih indukannya.

Selanjutnya adalah pemberian asupan pakan dan minuman demi kebutuhan nutrisi tubuh ayam. Ayam aduan sangat membutuhkan cukup protein untuk membentuk struktur tulang dan otot yang kuat. 

Untuk mengoptimalkan pengeluaran dalam pemberian pakan yang bergizi, Sobat Pintar juga dapat mengkombinasikan pakan yang mengandung protein. Campurkan juga bekatul dan tepung jagung.

Untuk membentuk tipe ayam petarung yang mematikan, orang juga perlu memperhatikan waktu menjemur dan memandikan ayam aduan. Oleh karena itu, kedisiplinan dalam merawat ayam dengan cara-cara di atas dapat menentukan seberapa kuat ayam aduan itu akan tumbuh.

Ciri Fisik Jenis Ayam Aduan Terkuat

Ayam aduan yang kuat adalah ayam yang memiliki struktur tulang kaki besar serta berotot. Kualitas kaki seekor ayam akan menentukan seberapa besar kekuatan ayam dalam melakukan serangan. Selain itu, ayam aduan yang berkelas haruslah memiliki otot kuat reflek mumpuni, serta bentuk jari ayam pukul yang keras agar membuat lawan terkapar di tempat.

Satu lagi bagian dari tubuh ayam aduan yang menentukan kemenangan adalah tulang leher ayam. Struktur tulang leher yang panjang dan padat terbukti sangat membantu seekor ayam aduan dalam bertahan dan memenangkan pertandingan. Jenis tulang leher semacam ini biasanya disebut sebagai tulang leher pukul keras.

Baca Juga: Rekomendasi Browser Anti Blokir untuk Smartphone dan PC | Kredit Pintar

Daftar Ras Ayam Aduan Terkuat 

Nama-nama gen ayam seperti ayam Bangkok, ayam Saigon, atau ayam Birma, tentu sudah populer di kalangan masyarakat sabung ayam. Namun jenis ayam aduan manakah yang paling kuat dan memiliki kemampuan bertarung paling berkelas di dunia? Simak jawabannya berikut ini!

1.        Ayam Aduan Saigon (Vietnam)

Daftar jenis ayam aduan terkuat di dunia yang pertama adalah ayam Saigon dari Vietnam. Ayam Saigon memiliki ciri postur tubuh yang tegap dan tipe kulit yang tebal sehingga membuatnya dianggap sebagai raja sabung ayam.

Cara merawat ayam Saigon yang benar adalah dengan memperhatikan asupan pakannya yang bergizi. Sobat Pintar dapat menambahkan ginseng, vitamin B, serta daging pada kombinasi suplemen ayam Saigon untuk membentuk taji yang kuat sehingga tak mudah tertembus oleh serangan lawan.

Kemudian, keistimewaan utama dari ayam Saigon ini terletak pada struktur tulangnya yang kuat dan otot tubuhnya. Perlu Sobat Pintar tahu, ada 3 jenis ras ayam Saigon. Yang pertama adalah ras Saigon Gundul, dinamakan gundul karena kepala hingga lehernya tidak ditumbuhi bulu.

Yang kedua yaitu ras Saigon Bulu Tipis, jenis ras yang memiliki bulu namun tidak lebat. Terakhir adalah ras Saigon Bulu Lebat yang sekujur tubuhnya ditumbuhi bulu lebat.

Ayam Saigon merupakan jenis ayam petarung yang memiliki ketahanan kokoh dalam pukulan. Meski jenis ayam ini memiliki pergerakan yang kurang lincah dalam menyerang, namun ayam Saigon memiliki postur fisik yang cukup kekar.

Itu memungkinkannya untuk menahan serangan lawan dengan kuat. Sehingga tidak salah memasukkannya dalam jajaran jenis ayam aduan terkuat di dunia.

2.       Ayam Aduan Bangkok (Thailand)

Ini merupakan jenis ayam aduan terkuat di dunia bahkan paling populer di Indonesia. Ciri utama dari jenis ayam ini adalah kelincahannya dan instingnya yang kuat untuk memenangkan pertandingan. 

Postur serta tinggi badannya sangat ideal sebagai petarung. Ini menjadikannya sebagai salah satu jenis ayam paling mematikan.

Ayam Bangkok juga memiliki karakteristik khusus yang unik, yaitu leher yang panjang dan cukup jenjang, sisik berwarna kuning, serta memiliki berat tubuh sekitar 3-4 Kg saat menginjak dewasa.

Seperti halnya ayam Saigon, ada banyak varian dalam pembagian jenis ayam Bangkok. Jenis Ayam Bangkok Wiring merupakan yang paling super di antara ayam Bangkok lainnya karena kegagahannya ketika bertarung ditambah warna dan bentuk tubuhnya yang merona. Di negara asalnya, Thailand, konon ayam Bangkok jenis ini lumrah dijadikan sesembahan bagi para raja.

Satu tingkat di bawah Wiring, jenis ayam Bangkok paling kuat adalah Wangkas. Jenis Bangkok ini dipercaya sebagai trah keturunan ayam-ayam juara. Yang paling ganas dari jenis Wangkas inia dalah ayam yang memiliki warna keemasan semacam api menyala-nyala.

Secara keseluruhan, ayam Bangkok ini dinilai lihai dalam menampilkan gaya bertarung yang variatif. Tak heran jika jenis ayam ini begitu digandrungi oleh para pemain sabung di Indonesia bahkan menjadi salah satu jenis ayam aduan terkuat di dunia.

3.       Ayam Aduan Birma (Myanmar)

Jenis ayam aduan terkuat di dunia berikutnya masih datang dari kawasan Asia Tenggara, yaitu Myanmar. Jika orang ingin mencari jenis ayam aduan terkuat sekaligus gesit, maka jawabannya tertuju pada Ayam Birma. Tubuhnya yang mungil membuat masyarakat seringkali menamainya dengan kecil-kecil cabe rawit.

Tak ubahnya dengan jenis ayam aduan lain, ayam Birma juga memiliki varian turunannya sendiri yang tak kalah kuatnya. Yang terkuat saat ini adalah ayam Birma Super, merupakan jenis ayam Birma yang tak terkontaminasi dengan campuran gen lain dalam artian murni. Kelebihan dari Birma jenis ini adalah mental bertarungnya begitu kuat dan bermental baja.

Satu jenis lain yaitu ayam Birma Atret, jenis ayam yang begitu digemari dalam perburuan liar oleh para pemburu ayam. Birma Atret ini, sesuai namanya, memiliki kecepatan dan keakuratan yang luar biasa. Fakta uniknya, ia juga sering mengincar leher lawan yang mana dapat mengganggu keseimbangan lawan.

Bobot tubuh ayam Bhirma dari segala jenis ini mungkin hanya berkisar 2-2,5 Kg saja. Namun jangan salah, dengan keterbatasan itu Ayam Birma bahkan mampu mengalahkan ayam lokal jantan dewasa sekalipun. Ayam Birma juga memiliki bentuk mata yang tajam dan melotot sehingga menjadikannya berani diadu serta nampak garang di mata lawan.

4.       Ayam Aduan Shamo (Jepang)

Jika Sobat Pintas mengenal ras ayam di sekitar Asia Tenggara, maka jenis ayam aduan terkuat di dunia selanjutnya adalah ayam Shamo yang berasal dari Jepang. Jenis ayam ini di Indonesia populer dengan nama ayam Siam. Konon, jenis ayam ini diduga berasal dari Thailand karena kemiripan fisiknya dengan ayam Bangkok.

Ayam Shamo ini tidak seperti ayam pada umumnya, karena postur tubuhnya yang luar biasa hingga mencapai 90 cm. Oleh karena fisiknya yang tidak biasa, maka perlu diperhatikan juga pola pakannya. Bobot ayam Shamo cepat bertambah, jika itu dibiarkan terus-menerus akan mempengaruhi kegaharannya saat bertarung.

Memiliki kemampuan pukul keras yang mumpuni, membuat ayam jenis ini menjadi primadona dalam dunia ayam petarung. Ayam ini nampak seperti raksasa sadis di kalangan ayam petarung, maka tak berlebihan jika memasukkannya ke dalam daftar jenis ayam aduan terkuat di dunia.

5.       Ayam Aduan Brazilian (Brazil)

Jenis ayam aduan terkuat di dunia yang terakhir adalah ayam aduan Brazilian. Di Indonesia, ayam jeniis ini kurang diminati karena dianggap gaya tarungnya begitu lambat, kurang cocok dengan selera orang Indonesia, dan tak memiliki prospek bagus di masa depan.

Baca Juga: Cara Blokir Akun FB Terbaru 2022 | Kredit Pintar

Terdapat cara khusus untuk memberdayakan ayam Brazilian ini, yang perlu diperhatikan adalah melatih stamina dan pergerakannya. Hal ini dapat Sobat Pintar lakukan dengan melatihnya kecepatan dan kekuatan berlarinya.

Menurut banyak penuturan, ayam Brazilian ini merupakan perkawinan antara ayam Shamo dengan ayam lokal Brazil. Keunggulan ayam Brazilian terletak pada postur tubuhnya yang gempal dan tinggi. Mental bertarung dari ayam ini juga tak perlu diragukan lagi, seringkali ayam Brazilian masih bisa melancarkan serangan balik meski dalam keadaan terdesak.

Demikian daftar 5 Jenis Ayam Aduan Terkuat di Dunia, mulai dari ras murni hingga jenis ayam yang dihasilkan dari perkawinan silang. Bahkan dari ayam Brazilian tampak bentuk ras unggul untuk jenis ayam aduan terkuat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download