Tips Memilih Jasa Fotografer Terbaik

24 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 25 Oct 2022

Dalam momen pernikahan ada banyak hal yang penting untuk dipenuhi para mempelai agar acara tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tanpa terdapat kendala berarti. Salah satunya adalah memilih jasa fotografer pernikahan yang sangat tepat. Saat ini sudah ada banyak jasa di bidang fotografi pernikahan dengan penawaran kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Akan tetapi tidak semua jasa tersebut benar-benar memberikan pelayanan unggulan.

Oleh karena itulah jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa seorang fotografer dalam momen pernikahan jangan sampai memilihnya secara sembarangan. Sebab ada banyak tips memilih jasa fotografi pernikahan agar bisa menjadi acuan. Memang fotografer sendiri mempunyai fungsi strategis apalagi untuk membuat kenangan dalam pernikahan yang mana diharapkan terjadi satu kali selama seumur hidup.

Baca juga : Tips Foto Aesthetic Hanya Dengan HP

Tips Memilih Jasa Fotografer yang Terpercaya

Saat mencari sebuah jasa fotografer untuk mengabadikan momen pernikahan sebaiknya tidak Anda lakukan dengan asal-asalan. Ada beberapa tips yang dapat menjadi acuan dan jangan diabaikan begitu saja. Dengan mengikuti tips dalam memilih jasa seorang fotografer di bawah ini, Anda bisa saja terhindar dari kerugian jika menggunakan jasa di bidang fotografer abal-abal dan berujung tidak memuaskan.

Lantas apa saja tips memilih layanan fotografer tersebut? Simak Informasinya di bawah ini. 

  1. Mencari Referensi dan Rekomendasi di Sosial Media

Tips agar bisa menemukan fotografer pernikahan terbaik yang pertama adalah dengan cara mencari referensi tentang fotografer wedding unggulan. Adapun referensi tersebut bisa Anda dapatkan di internet ataupun mencarinya di sosial media. Selain itu Anda juga bisa saja meminta rekomendasi dari pihak keluarga ataupun teman-teman yang sudah pernah menikah. Ini akan sangat membantu untuk meminimalisir kerugian yang akan timbul.

Setelah itu kumpulkan hasil referensi serta rekomendasi dari teman di dalam sebuah daftar. Kemudian Anda bisa mempelajari masing-masing jasa fotografer yang ada di daftar tersebut sebelum menentukan pilihannya. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat memilih. Pasalnya seorang fotografer akan berperan begitu penting terutama dalam menghasilkan kenangan paling indah saat hari pernikahan tiba.

Anda bisa saja mencari jasa tersebut di sosial media Instagram. Selain itu bisa juga mencarinya lewat Google. Biasanya ketika mengetikkan kata kunci fotografer maka Google menampilkan studio-studio foto yang terdekat dengan daerah tempat tinggal Anda. Hasil pencarian tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan layanan fotografer mereka.

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Sering Digunakan

  1. Mempelajari Hasil Foto

Sesudah Anda mendapat sejumlah rekomendasi layanan fotografer pernikahan, maka selanjutnya perlu untuk mempelajari hasil jepretannya. Apabila fotografer tersebut mempunyai halaman website meskipun masih pemula sekalipun silahkan pelajari foto yang ada di dalam situsnya. Namun kalau portofolionya ada di sosial media, maka Anda juga harus mempelajari seperti apa foto yang sudah dihasilkannya.

Dalam jasa fotografer umumnya selera seorang fotografer berbeda dengan selera para kliennya. Sebab ada sejumlah fotografer yang kerap mengambil foto dengan latar cahaya terang. Namun ada juga fotografer yang senang dengan gaya gelap dan berkabut. Anda hanya perlu melihat hasil karyanya lalu menyesuaikan berdasarkan selera. Ada banyak jasa tersebut sehingga jangan khawatir tidak akan menerima fotografer yang diinginkan.

  1. Temukan Perasaan Cocok Berdasarkan Hasil Fotonya

Ketika melihat portofolio yang disediakan, Anda harus menemukan perasaan cocok terhadap setiap hasil foto di sana. Pasalnya yang tahu seperti apa kenangan dan harus ada di sebuah pesta pernikahan adalah Anda sendiri. Dengan demikian Anda harus menemukan kecocokan dalam sebuah hasil fotografer pilihan yang dipilih. Tips menemukan jasa fotografer ini efektif agar tidak ada kekecewaan nantinya.

  1. Mempertimbangkan Filosofi dan Esensi Foto

Fotografi adalah bagian dari seni, oleh sebab itu Anda harus mempertimbangkan esensi serta filosofi dari contoh foto karya fotografer yang hendak dipilih. Hal tersebut adalah sebuah hal yang penting karena hubungan antara sepasang calon pengantin dan fotografer harus terjalin dengan erat supaya hasil fotonya bisa memuaskan. 

Oleh sebab itu Anda bisa membaca profil jasa fotografer yang dipilih dengan saksama. Apabila sudah menentukan fotografer, kemudian jangan lupa untuk mengajak mengobrol serta mencari tahu seperti apa filosofinya dengan mendalam. Hal tersebut penting untuk memastikan apakah filosofi fotografer tersebut sesuai berdasarkan konsep pernikahan impian Anda atau justru sebaliknya alias tidak.

  1. Memilih Fotografer Sesuai Konsep Pernikahan Anda

Tentunya Anda mempunyai konsep pada momen pernikahan yang akan dijalani, bukan? Oleh sebab itu penting untuk menemukan layanan fotografer pernikahan berkualitas dan cocok bagi setiap konsep yang ada. Contohnya saja Anda ingin mengadakan sebuah pesta pernikahan dengan konsep berupa pesta kebun. Pastinya calon pengantin memerlukan fotografer yang biasa mengolah foto dengan latar belakang alam bebas.

Hal ini juga berlaku saat calon pengantin ingin mengadakan sebuah pesta di dalam gedung. Pastinya Anda memerlukan jasa fotografer yang pintar untuk melakukan pencahayaan di ruangan tertutup. Tak hanya kemampuan fotografer tersebut, konsep juga akan berpengaruh terhadap hasil foto. Adapun konsep yang Anda susun harus sesuai berdasarkan kemampuan fotografer itu sendiri.

  1. Membaca Lebih Detail Paket yang Ditawarkan

Anda harus menjadi calon pengantin yang cerdas di mana lebih teliti terhadap paket penawaran fotografer tersebut. Biasanya paket fotografer tersedia dalam brosur ataupun keterangan online. Perhatikanlah setiap detail yang ada dari layanan fotografer itu. Biasanya dalam halaman web atau sosial media, para fotografer akan mencantumkan harga sekaligus layanan yang diberikan nanti saat pengerjaan berlangsung.

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih jasa fotografer adalah waktu kerja fotografer tersebut apakah mulai dari pre wedding atau sekedar di saat pesta pernikahan saja. Selain itu pastikan juga berapa jumlah album foto yang diterima nantinya, berapa banyak pemakaian studio dan masih berbagai macam lagi. Hal seperti ini penting untuk dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman setelah penandatanganan kontrak.

Baca juga : Jadi Fotografi Profesional? 10 Teknik Fotografi Dasar

  1. Mengenal Alat Fotografi yang Fotografer Pakai

Untuk tips satu ini pada dasarnya tidak wajib namun sebaiknya Anda bisa melakukannya. Kalau ingin memahami tentang fotografi tak ada salahnya bertanya langsung tentang alat yang dipakai. Sebab jenis kamera yang berbeda nantinya menghasilkan foto dengan tingkat ketajaman berbeda. Ini berlaku pada peralatan lighting dan teknik yang digunakan. Karena berpengaruh besar terhadap hasil foto tak ada salahnya berdiskusi dengan jasa fotografer terbaik.

  1. Mempertimbangkan Harganya

Hal penting yang pastinya tak boleh luput dari perhatian Anda adalah harga. Sebagai pengguna jasa, maka harus mempertimbangkan harganya sesuai budget serta layanan yang akan didapat. Adapun apakah harganya akan sesuai dengan keindahan atau tergolong kemahalan.

Itulah beberapa tips memilih jasa fotografer yang bisa Anda terapkan jika ingin menggunakan layanan tersebut saat momen pernikahan nanti. Seleksi dengan ketat penyedia jasanya demi mendapat layanan terbaik yang ada.

Artikel ini adalah hasil kreasi dari Kredit Pintar, perusahaan fintech resmi yang berada di bawah pengawasan OJK, siap memudahkan masyarakat Indonesia melalui penyaluran pinjaman dana secara daring. Pantau selalu blog Kredit Pintar agar memperoleh berbagai informasi dan tips yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download