Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

08 Jun 2021 by kreditpintar
Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Di tengah perkembangan teknologi digital, ada banyak hal yang semakin dipermudah, termasuk dalam hal berbisnis. Saat ini banyak orang yang awalnya bekerja sebagai karyawan beralih menjadi pengusaha atau pebisnis. Nah, ketika membahas bisnis dan pebisnis, ada dua hal yang nggak bisa dilepaskan yaitu wirausaha dan wiraswasta. Apa sih perbedaan wirausaha dan wiraswasta ini?

Banyak orang yang menganggap dua hal ini adalah sama, padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Buat Sobat Pintar yang ingin mengetahui apa yang menjadikan wiraswasta dan wirausaha berbeda, yuk baca penjelasannya yang ada di bawah ini:

Pengertian Wirausaha

Wirausaha merupakan sebutan yang diberikan kepada seseorang yang memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri. Memulai bisnis ini dimulai dari mencari keuntungan, menjalankan minat, atau keduanya. Wirausaha ini memiliki ciri-ciri jeli atau pintar dalam melihat peluang bisnis dan kreatif. Biasanya, wirausaha juga berani mengambil resiko dan bisa menciptakan peluang yang baru muncul.

Pengertian Wiraswasta

Berbeda dengan wirausaha, wiraswasta merupakan seseorang yang melakukan pekerjaan tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga bekerja untuk perusahaan. Bisa dibilang, usaha yang dijalankan oleh wiraswasta merupakan usaha sampingan. Hal ini dikarenakan wiraswasta tidak dapat melepaskan pekerjaan tetapnya. Seorang wiraswasta bekerja untuk dirinya sendiri dan juga melayani berbagai pekerjaan lainnya, makanya tidak heran jika seorang wiraswasta ahli dalam membangun relasi dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Setelah mengetahui pengertiannya, ini saatnya Sobat Pintar mengetahui perbedaan-perbedaan antara wirausaha dan wiraswasta. Apa saja perbedaan-perbedaan tersebut?

1. Perbedaan Lingkup Bisnis

Dari lingkup bisnis yang digeluti atau dijalani wirausaha dan wiraswasta memiliki perbedaan. Wirausaha memiliki lingkup bisnis yang lebih luas. Hal ini dikarenakan biasanya seorang wirausaha menggeluti di banyak bidang usaha, mulai dari pemilik restoran, bisnis fashion, hingga usaha-usaha lainnya. 

Ini tentunya berbeda dengan wiraswasta yang hanya menggeluti usaha hanya di satu bidang. Biasanya seorang wiraswasta memiliki fokus khusus, misalnya di bidang fashion maka dia hanya memiliki usaha di bidang fashion tersebut.

2. Perbedaan Fokus Bisnis

Seorang wirausaha memiliki fokus di bidang bisnis, bahkan hingga menghabiskan waktu untuk mengurus bisnis yang dimilikinya agar semakin berkembang. Hal ini berbeda dengan wiraswasta yang menjadikan bisnis sebagai pekerjaan sampingan, sehingga fokus dari wiraswasta tidak hanya pada bisnis tersebut.

3. Perbedaan Karakteristik dan Mindset Saat Berbisnis

Selain perbedaan fokus bisnis, antara wirausaha dan wiraswasta juga memiliki perbedaan karakteristik dan mindset saat mereka melakukan bisnis. Seorang wirausaha biasanya memiliki sifat mandiri, sedangkan seorang wiraswasta memiliki sifat ulet dan pekerja keras.

Seorang wirausaha juga memiliki mindset untuk selalu menciptakan ide gagasan yang unik agar bisnis yang dijalankannya mendapatkan keuntungan. Hal ini berbeda dengan wiraswasta dimana mereka selalu mengikuti alur yang ada selagi bisa memberikan keuntungan yang besar.

4. Perbedaan Visi

Terakhir, perbedaan wirausaha dan wiraswasta selanjutnya adalah terkait perbedaan visi untuk masa depan. Perbedaan visi ini mengacu kepada bagaimana wirausaha dan wiraswasta merencanakan bisnis yang dimilikinya hingga di masa depan. Biasanya, seorang wirausaha selalu upgrade isu-isu yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankannya. Termasuk perkembangan teknologi yang dapat diterapkan ke dalam bisnisnya.

Hal ini berbeda dengan wiraswasta dimana wiraswasta biasanya tidak memiliki visi dan cenderung pragmatis. Wiraswasta memiliki tolak ukur selagi usaha yang dijalankannya bisa memberikan keuntungan, maka wiraswasta akan puas dengan hasil yang didapatkannya.

wirausaha

Ciri-Ciri Wirausaha dan Wiraswasta

Agar Sobat Pintar dapat dengan mudah membedakan wirausaha dengan wiraswasta, berikut ciri-ciri wirausaha dan wiraswasta yang wajib Sobat Pintar ketahui:

Ciri-Ciri Wirausaha

1. Berani Mengambil Risiko

Ciri-ciri pertama yang dimiliki oleh seorang wirausaha adalah keberanian dalam mengambil risiko. Karena keberanian yang dimilikinya ini, seorang wirausaha mampu menerjang semua hal demi membuat bisnis yang dijalankannya berkembang.

2. Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Seorang wirausaha juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Wirausaha memiliki keyakinan yang besar bahwa bisnis yang dijalankannya akan meraih kesuksesan. Sobat Pintar dapat melihat rasa percaya diri yang tinggi ini saat wirausaha berbicara terkait bisnis yang dijalankannya kepada orang lain.

3. Memiliki Kemampuan di Bidang Manajemen

Seorang wirausaha juga memiliki kemampuan di bidang manajemen. Hal ini dikarenakan pada awalnya seorang wirausaha merintis bisnis seorang diri. Dengan kemampuan manajemen ini wirausaha dapat mengatur banyak tugas tanpa merasa kewalahan.

Ciri-Ciri Wiraswasta

1. Paham Passion yang Dimilikinya

Ciri-ciri wiraswasta yang pertama adalah seorang wiraswasta paham akan passion yang dimilikinya. Hal ini berhubungan dengan bidang bisnis yang dijalankan oleh wiraswasta yang memang berhubungan dengan bidang yang disukainya. Seorang wiraswasta tahu apa passion yang dimilikinya dan selalu berusaha meningkatkan kemampuan di bidang tersebut.

2. Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Sama seperti wirausaha, wiraswasta juga memiliki rasa percaya yang tinggi. Wiraswasta pantang menyerah dalam menghadapi tantangan yang ada di depannya dan tidak peduli terhadap omongan orang lain karena apa yang dilakukannya saat ini adalah apa yang dia sukai.

3. Disiplin dan Punya Dedikasi yang Tinggi

Seorang wiraswasta juga memiliki ciri-ciri disiplin dan dedikasi yang tinggi. Disiplin ini sangat dibutuhkan oleh seorang wiraswasta karena wiraswasta mengerjakan dua hal berbeda sekaligus, yaitu pekerjaan dan bisnis.

4. Berani Mengambil Risiko

Ciri-ciri selanjutnya yang dimiliki seorang wiraswasta adalah keberanian wirausaha dalam mengambil risiko. Seorang wiraswasta berani mengambil keputusan atas sesuatu yang memiliki risiko di dalamnya. Wirausaha juga sangat tangguh dalam menghadapi segala resiko dari pilihannya tersebut.

5. Memiliki Rencana untuk Masa Depan

Ketika memutuskan sesuatu, seorang wiraswasta akan membuat rencana yang mata di masa depan. Wiraswasta baru mengeksekusinya setelah rencana tersebut matang. Makanya tidak heran jika hasil pekerjaan wiraswasta selalu berjalan lancar karena adanya perencanaan yang matang.

Ingin Memulai Wirausaha atau Wiraswasta? Yuk Mulai dengan Kredit Pintar

Setelah membaca penjelasan yang ada di atas, di antara wirausaha dan wiraswasta mana yang merupakan bagian diri Sobat Pintar? Atau Sobat Pintar baru ingin memulai menjadi wirausaha atau wiraswasta ini? Buat Sobat Pintar yang ingin memulai menjadi wirausaha atau wiraswasta ini, ada beberapa hal yang harus Sobat Pintar persiapkan, salah satunya adalah modal. Kredit Pintar dapat menjadi pilihan bagi Sobat Pintar yang membutuhkan pinjaman modal.

Kredit Pintar merupakan pinjaman online yang akan membantu Sobat Pintar menyelesaikan permasalahan finansial Sobat Pintar. Mengajukan pinjaman di Kredit Pintar sangat mudah dan tanpa jaminan. Selain itu Kredit Pintar juga telah terjamin keamanannya karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan wirausaha dan wiraswasta yang wajib Sobat Pintar ketahui. Setelah mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut, Sobat Pintar ingin menjadi wirausaha atau wiraswasta?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk