Jangan Mudik! Begini Tips Lebaran Online Untuk Silaturahmi di 2021

Jangan Mudik! Begini Tips Lebaran Online Untuk Silaturahmi di 2021

10 May 2021 by kreditpintar
tips lebaran online

Sama seperti lebaran di tahun sebelumnya, mudik atau pulang kampung tidak diperkenankan dan bahkan sampai dilarang oleh pemerintah. Bukannya melarang kita untuk silaturahmi dengan keluarga, namun untuk menjaga agar kasus Corona ini tidak lanjut berkepanjangan. Kendati THR sudah langsung cair pun, jika ternyata tindakan ini membahayakan, akan lebih baik apabila tidak dilakukan, demi keselamatan bersama.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya Sobat Pintar harus mempersiapkan diri untuk silaturahmi dengan keluarga secara online. THR Sobat Pintar yang sudah langsung cair itu bisa Sobat Pintar gunakan untuk mengikuti tips lebaran online dengan penuh lho, apa saja tipsnya? Baca artikel selengkapnya berikut ini. 

1. Sholat Eid Boleh, Namun Tetap Berjaga Jarak

Walaupun sebenarnya tips lebaran online yang pertama ini bukanlah benar-benar suatu tips (karena tidak mungkin juga sholat online) Namun tetap, hal yang pertama kali dilakukan saat hari lebaran tiba adalah sholat sunnah eid. 

Tentunya di masa sekarang ini sebenarnya diperbolehkan, tidak ada yang melarang untuk kita beribadah. Bahkan sebenarnya sholat ied ini dapat dilakukan di rumah saja beserta anggota keluarga yang lain atau buat Sobat Pintar yang diperantauan dapat Bersama dengan rekan atau teman yang lain. Namun apabila Sobat Pintar berencana untuk sholat di masjid atau di lapangan, maka protocol Kesehatan tidak boleh kendor ya!

Pastikan Sobat Pintar tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Hal tersebut dapat membuat penyebaran virus menjadi sedikit teratasi. 

2. Siapkan Kuota Internet

Selanjutnya, setelah Sobat Pintar melaksanakan ibadah sunnah sholat Eid tadi. Hal yang biasanya Sobat Pintar lakukan adalah bersilaturahmi dengan keluarga. Masalahnya, kalau ternyata Sobat Pintar adalah seorang perantau, maka Sobat Pintar harus mempersiapkan kuota Internet.

Pastikan Sobat Pintar membeli kuota Internet yang sudah bundle dengan paket agar dapat Sobat Pintar manfaatkan untuk sms, maupun telpon. Jadi apabila ternyata Sobat Pintar akan berkunjung ke keluargamu yang jauh di kampung halaman, yang notabene sinyal Internet nya kurang bagus. Sobat Pintar masih dapat menelpon mereka.

3. Silaturahmi dengan bantuan online shop

Karena Sobat Pintar tidak dapat hadir di kampung halaman pada saat momen spesial seperti Lebaran Idul Fitri ini, setidaknya Sobat Pintar dapat memberikan kehangatan persaudaraan dengan bantuan dari online shop yang sekarang ini sudah bukan hal yang sulit untuk ditemui lagi. 

Melalui online shop tersebut Sobat Pintar dapat membeli seperangkat hampers atau yang dahulu dikenal dengan parcel lalu mengirimkannya kepada keluarga di kampung halaman. 

Ada banyak paket hampers atau parsel yang dapat Sobat Pintar pilih, mulai dari makanan sampai pakaian pun ada. Tentunya semuanya dengan dekorasi yang unik dan kreatif. 

4. Persiapkan gadget orang tua

Apabila orang tua Sobat Pintar memiliki perangkat yang tergolong ketinggalan zaman, maka ada baiknya Sobat Pintar pun mempersiapkan gadget untuk orang tua jauh di kampung halaman. 

Masih dengan bantuan online store ini Sobat Pintar dapat membelikan Orang Tua perangkat baru walaupun Sobat Pintar sedang jauh di perantauan. Selain itu, Sobat Pintar dapat memanfaatkan Kredit Pintar apabila Sobat Pintar kebetulan sedang memiliki dana yang terbatas. Manfaatkan pinjaman dari Kredit Pintar agar tali kasih bersama orang tua senantiasa tersambung saat lebaran.

5. Telefon dahulu, Video call kemudian

Penggunaan Telepon Genggam Picu Kanker Otak - Jurnal123

Tips lebaran online selanjutnya ini adalah sebaiknya sebelum video call, Sobat Pintar bertukar kabar melalui telepon dahulu saja. Besar kemungkinan sebenarnya orang tua dapat memindahkan panggilan telepon menjadi video call, namun setidaknya apabila Sobat Pintar melakukan panggilan telepon dahulu, mereka dapat mendengar suara Sobat Pintar sampai akhirnya melihat wajah Sobat Pintar di layar ponsel mereka.

6. Tetap bersabar

Ada kalanya menyambung tali kasih secara online dapat membuat momen spesial berubah menjadi momen yang mengesalkan. Oleh karena itu kunci nya agar Sobat Pintar tetap sabar. 

Sabar dengan bagaimana nantinya orang tua yang kemungkinan besar tidak dapat menerima telfon maupun video call Sobat Pintar.

Sabar dengan pertanyaan yang nantinya akan muncul dari keluarga di kampung halaman. Bisa tentang pulang kampung, bisa juga tentang jodoh… hehe. 

Kuncinya, ya tetaplah bersabar.

Bagaimana? Itulah tips lebaran online untuk Sobat Pintar yang tidak pulang kampung karena terkena peraturan larangan mudik. Menurut Sobat Pintar, dari tips di atas, manakah yang akan dilakukan sebagai pengganti mudik?

kredit pintar