Investasi Real Estate Yang Paling Menguntungkan

13 Sep 2021 by Laruan

Real estate adalah istilah hukum bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Lahan yasan. Dikutip dari Wikipedia Indonesia real estate adalah sebuah istilah hukum yang mencakup tanah bersama dengan apa pun yang tinggal tetap di atas tanah tersebut, seperti bangunan atau proyek. Masyarakat umum mengenal investasi real estate adalah bisnis properti gedung, perumahan atau bangunan lain.

Lahan yasan pada dasarnya mengandung pengertian lahan tanah dan beserta objek benda seperti bangunan atau lainnya yang berdiri permanen di atas lahan tersebut. Tidak hanya itu real estate juga mencakup luasnya bidang tanah yang masih dalam proses pembangunan perumahan, sekolah, gedung atau bangunan lainnya.

Investasi Real Estate Yang Paling Menguntungkan

Pemerintah mulai mengatur real estate sebagai suatu industri pada tahun 1974. Industri real estate mencakup seluruh proses penyediaan, pengadaan, pengelolaan dan pembangunan gedung di atas lahan. Perkembangan pembangunan negara yang cepat juga tidak lepas dari pengaruh pergerakan industri real estate.

Real estate tergolong jenis kegiatan usaha yang sangat potensial untuk jangka panjang. Lahan-lahan yang belum dimanfaatkan secara optimal dari berbagai daerah dan kota di Indonesia sedang diupayakan untuk dikelola menjadi bidang usaha real estate, properti dan kebutuhan lainya.

Menurut prediksi para pakar ekonomi bahwa real estate akan menjadi penyokong utama ekonomi di masa depan. Karena permintaan masyarakat global dan kemajuan zaman yang semakin meningkat.

Kategori Real Estate

Sudah dijelaskan di atas bahwa real estate dapat disimpulkan mencakup properti, bangunan, tanah, hak udara di atas tanah dan hak apa yang di bawah tangan. Istilah real estate juga mencakup jual beli serta produksi properti.

Real estate ada beberapa jenis yang mempunyai kegunaan dan fungsi yang masing-masing. Berikut ini kategori utama dari real estate:

Residensial Real Estate

Residensial real estate adalah tipe properti untuk perumahan atau tempat tinggal. Contoh: perumahan, rumah susun, kondominium, townhouse. Biasanya di sekitar area residensial disediakan tempat untuk bisnis-bisnis kecil, seperti industri rumahan dan minimarket.

Commercial Real Estate

Lahan atau bangunan yang digunakan untuk keperluan komersial dan juga mendapat keuntungan. Contoh yang masuk pada kategori ini seperti, Gedung perkantoran, hotel, pesat perbelanjaan, gudan dan lain sebagainya.

Industrial

Seperti namanya real estate ini adalah properti untuk kepentingan industri, produksi, pengembangan, manufaktur dan penelitian. Contohnya seperti pabrik, logistik, perkebunan dan lain sebagainya.

Perbedaan real Estate dengan Real Real Property

Ada banyak bersamaan antara real estate dengan real property tapi walaupun begitu keduanya tetap berbeda. Untuk bisa membedakan keduanya kita harus tahu dulu definisi 2 istilah investasi ini.

Definisi sederhana real estate adalah sebagai tanah dengan segala perkembangan dan perbaikannya. Maksud perkembangan dan perbaikan adalah semua yang dibuat oleh manusia yang berada di atas tanah tersebut. Maka bisa diartikan bahwa real estate adalah sebidang tanah beserta apa saja yang berada di atasnya (bangunan, pagar, jalan, tiang, saluran air dan lain-lain)

Real estate mempunyai 3 jenis properti, residensial, komersial dan industrial. Semua jenis ini memiliki fungsi tersendiri sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas.

Sedangkan definisi real property adalah hak-hak dan kepentingan yang menyangkut kepemilikan tanah dan bangunan serta perbaikan yang menyatu padanya. Real property dan real estate sama-sama mengacu pada tanah dan apapun penambahan dan perbaikan yang ada di atas tanah tersebut.

Jadi real estate lebih kepada sifat fisik tanah atau properti dan real property lebih kepada hak kepemilikan tanah untuk menikmati dan menggunakan properti tersebut. Jadi ketika kita membicarakan real estate maka fokusnya kepada tanah atau properti dan bila ketika membicarakan real property maka fokusnya kepada kepemilikan atau hak atas tanah dan properti

Investasi Di Bidang Real Estate Yang Paling Menguntungkan

Masuk ke dunia investasi real estate tak semudah membalikkan tangan. Harus belajar dan meneliti seluk beluk real estate lebih dalam serta kesabaran dan komitmen yang kuat untuk mulai terjun ke bidang investasi ini. Ketika berinvestasi di bidang real estate dilakukan dengan benar maka akan menjadi keuntungan yang besar dalam jangka panjang.

Selain memberi keuntungan jangka panjang kamu juga dapat penghasilan tetap. Jika kamu benar-benar ingin mulai berinvestasi di bidang real estate, pastikan sudah mempunyai ilmu keragamannya yang ada di lapangan. Untuk menghindari kerugian-kerugian yang tidak diinginkan.

Memang sulit untuk menentukan investasi mana yang paling tinggi keuntungannya. Sebagai seorang investor keuntungan sudah pasti menjadi suatu pertimbangan. Kamu harus bisa menganalisa properti mana yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar dengan harga sewa yang rendah. Sehingga dengan modal investasi kecil tapi keuntungan yang didapat besar.

Kamu harus bisa menganalisa berapa hasil keuntungan setelah dikurangi biaya investasi yang dikeluarkan, untuk menentukan properti mana yang paling tepat. Kamu juga harus tahu mana yang lebih untung antara menyewakan atau menjual properti. Barulah kamu bisa membuat keputusan terbaik ketika berinvestasi real estate.

Kamu harus bersabar dan menunggu, karena beberapa bulan di awal memang belum terlihat keuntungan investasinya. Tapi untuk jangka panjang sudah pasti berinvestasi dalam dunia real estate adalah keputusan yang tepat.

Berikut ini 3 cara berinvestasi real estate yang paling menguntungkan:

Fixer Upper

Fixer Upper termasuk dari investasi real estate yang menguntungkan. Cara fixer upper adalah membeli properti yang rusak dengan harga yang murah kemudian diperbaiki tujuannya untuk dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Jenis investasi seperti ini banyak sekali dipakai oleh mereka yang ingin mendapat keuntungan yang cepat. 

Ada 3 langkah yang bisa dilakukan ketika menjalankan investasi tipe ini. Yang pertama mencari properti yang hampir rusak tapi berpotensi untung yang besar. Mencari tenaga tukang dan biaya perbaikan yang relatif murah tapi dengan hasil yang bagus. Yang terakhir pemasaran, kamu harus memasarkan properti yang sudah kamu perbaiki untuk pendapat pembeli,

Tipe investasi seperti ini butuh pengetahuan, kreativitas dan usaha yang tekun. Jika dilakukan dengan benar jaminan untung yang besar dan singkat akan kamu dapatkan.

Sewa Hunian

Cara investasi real estate yang paling menguntungkan berikutnya ialah menyewakan rumah hunian yang dimiliki, seperti perumahan, apartemen dan jenis real estate lainnya. Dengan begitu kamu akan mendapat uang sewa dari penyewa tiap bulan atau tahun tergantung kontrak sewa yang sudah disepakati.

Tapi perlu kamu ketahui bahwa properti yang disewakan butuh perawatan rutin untuk menjaga nilainya agar tidak turun. Selain itu kendala lain yang biasa dirasakan adalah penyewa telat membayar biaya sewa ketika sudah jatuh tempo. 

Mungkin juga kamu tidak bisa menyewakan properti dalam jangka waktu yang panjang, karena ada hambatan yang mempengaruhi laba dari investasi ini. Dan kamu terpaksa menjualnya untuk menghindari kerugian yang besar.

Real Estate Komersial

Jenis real estate yang ini adalah salah satu cara investasi yang paling menguntungkan. Kamu membeli properti yang memang benar-benar siap untuk dikomersilkan. Real estate komersial lebih kepada persewaan properti untuk urusan bisnis bukan perorangan. Sehingga penyewa akan lebih peduli tempat yang mereka sewa untuk menjaga citra mereka.  Ada banyak properti yang bisa menghasilkan keuntungan seperti ruang industri, perkantoran, ritel hingga lahan parkir.

Selain itu pembayaran sewa lebih tepat waktu dibanding dengan penyewa perorangan. Selain menjaga citra mereka tidak ingin kehilangan tempat apalagi jika tempat yang mereka sewa sangat strategis. Jika kamu menemukan peluang berinvestasi pada real estate jenis ini segera ambil sebelum terlambat.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload