Inilah Tips Desain Logo yang Menarik dan Berkesan!

01 Sep 2021 by Laruan

Logo mempunyai fungsi layaknya tanda pengenal yang unik dan identik atas suatu merek atau brand. Merk yang dibuat tanpa logo tentu saja akan lebih sulit dalam memasarkan dan mengenalkan kepada masyarakat. Dalam melakukan desain logo, perlu beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar logo tersebut bisa berkesan dan mudah dikenal masyarakat.

Inilah Tips Desain Logo yang Menarik dan Berkesan!

Inilah Tips Desain Logo yang Menarik

Logo harus bisa mempresentasikan sejumlah nilai yang menggambarkan ciri khas dan konsep perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa tips desain logo yang paling berkesan:

Teknik Desain Dengan Visual Double Entendre

Desain logo dengan teknik Visual Double Entendre merupakan salah satu tips desain logo yang bisa dilakukan ketika seorang desainer grafis akan membuat logo. Teknik ini akan menghasilkan 2 makna dalam satu gambar logo. Misalnya adalah sebuah logo yang menyerupai bentuk wajah singa dan bentuk burung padahal hanya terdiri dari satu gambar saja.

Teknik Visual Double Entendre ini akan memberikan kesan cerdas dan mudah diingat oleh masyarakat. Tak hanya itu, logo yang didesain dengan teknik ini lebih mudah dalam menarik perhatian orang. Desain artistik ini juga sangat cocok apabila dipadupadankan dengan teks yang terletak di sisi atas ataupun bawah logo. 

Pilih Warna yang Sesuai

Tips yang selanjutnya adalah dengan memilih warna yang sesuai dengan konsep brand perusahaan. Setiap logo harus memerhatikan unsur-unsur yang dimilikinya karena setiap unsur pada logo harus dapat merepresentasikan konsep yang sesuai dengan brand perusahaan. Salah satu unsur logo yang tidak kalah penting adalah warna logo.

Pemilihan warna harus disesuaikan dengan konsep perusahaan, apakah brand yang diusung merupakan produk yang berkonsep maskulin, elegan, dan berkelas, maka pemilihan warna yang tepat adalah warna monokrom. Contoh lainnya, apabila produk yang diluncurkan adalah untuk perempuan remaja maka warna-warna pastel akan lebih cocok.

Logo dengan warna yang sesuai akan lebih mudah dalam perannya sebagai ciri khas suatu brand. Logo tersebut dapat menyampaikan konsep, makna, nilai, bahkan ide dari brand perusahaan terkait. Warna yang sesuai juga akan memberikan kesan hidup dan menarik perhatian para customer.

Inilah Tips Desain Logo yang Menarik dan Berkesan!

Logo Tulisan? Pilih Font Hasil Custom

Logo tidak melulu berupa gambar ataupun simbol tertentu saja, tetapi juga dapat berupa tulisan yang mengeja nama brand terkait. Logo yang didesain dalam wujud tulisan pada umumnya terinspirasi dari desain Logo yang didesain dalam wujud tulisan pada umumnya terinspirasi dari desain typography yang telah banyak berkembang dan menjadi tren di dunia desain grafis.

Ada banyak font atau huruf yang tersedia dan dapat dibeli untuk keperluan desain. Namun agar hasil desain logo dapat lebih unik, segar, dan mempunyai ciri khas, maka desainer harus bisa melakukan custom pada font. Custom pada huruf dapat memberikan kesan personal dan tentu saja akan kecil kemungkinannya logo tersebut dapat dikembari oleh brand lain.

Dengan huruf yang didesain secara custom, logo yang dibentuk dari tulisan tetap akan memberikan kesan otentik dan ciri khas yang unik. Para pelanggan juga dapat mengingat logo tersebut karena berupa tulisan dari brand itu sendiri.

Desain Logo yang Sederhana

Keunggulan desain sederhana atau simple ternyata mulai banyak dilirik oleh para desainer grafis. Dibandingkan dengan desain dengan bentuk rumit dan sulit dipahami, ternyata logo yang simple lebih mudah melekat di ingatan para pelanggan. 

Tak hanya itu saja, logo dengan desain sederhana justru dapat memberikan kesan yang lebih elegan, berkelas, dan mempunyai makna yang lebih dalam. Ada banyak desain logo dengan model minimalis yang sekarang mulai bermunculan di dunia desain grafis. Hal tersebut membuktikan bahwa desain simple ternyata menjadi favorit dan banyak diminati perusahaan.

Hati-Hati Dalam Memilih Pendekatan

Ketika mendirikan suatu perusahaan atau meluncurkan sebuah brand dagang, tentu saja Anda berharap brand perusahaan tersebut dapat berusia panjang dan terus sukses di pasaran. Tak hanya dalam jangka 1 atau 2 tahun saja, tetapi hingga puluhan tahun. Oleh karena itu, perlu sekali membuat logo yang akan selalu terlihat trendi bahkan hingga 50 tahun kemudian.

Untuk bisa menghasilkan logo yang tak lekang oleh waktu dan tetap terlihat relevan dengan dunia yang semakin maju, diperlukan pemilihan pendekatan desain yang hati-hati. Misalnya adalah dengan memperkirakan pemilihan warna yang tidak terlalu mencolok, bentuk yang tidak terlalu rumit, dan lain sebagainya. 

Apabila suatu logo terasa tidak lagi relevan dan tidak sesuai dengan tren, maka perusahaan harus melakukan pembuatan ulang logo tersebut. Ketika suatu perusahaan mengganti logo yang telah digunakan bertahun-tahun lamanya, maka tentu perlu waktu dan usaha lebih dalam mengenalkan kembali desain logo yang baru diubah sebagai identitas baru brand tersebut.

Desain Logo yang Relevan Dengan Produk dan Nama Brand

Tips desain logo yang selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan relevansi antara bentuk logo dengan produk yang diluncurkan dan nama brand yang diperkenalkan. Misalnya suatu perusahaan meluncurkan brand dengan nama Lion Clothing, maka Anda bisa menambahkan unsur Lion atau Singa ke dalam logo yang didesain. Jangan justru menaruh unsur hewan lain seperti burung hantu ke dalam logo dengan brand Lion Clothing tersebut.

Contoh berikutnya, suatu produk yang diluncurkan adalah produk clothing atau pakaian yang bidang bisnisnya berada di bawah lingkup konveksi. Maka konsep logo yang didesain jangan sampai berisi benda lain dengan fungsi berseberangan dari konveksi. Misalnya dengan membuat desain berbentuk monitor laptop untuk brand yang menghasilkan produk pakaian.

Ciptakan Desain yang Multifungsi

Hal penting selanjutnya yang jarang disadari ketika mendesain logo sebuah brand adalah apakah logo tersebut dapat digunakan di berbagai media? Ada bentuk logo yang terlalu banyak komponen atau terlalu panjang sehingga terlihat kecil ketika digunakan sebagai foto profil media sosial. Hal tersebut tentu akan merepotkan karena harus membuat logo turunan yang berbeda.

Ada pula jenis logo yang ketika dicetak menjadi merchandise perusahaan ternyata tidak terlihat modis atau bahkan menjadi tidak jelas bentuknya. Oleh karena itu, pertimbangkan rancangan logo yang digunakan tersebut apakah bisa diterapkan di berbagai media baik elektronik maupun cetak. Jangan sampai Anda harus kerepotan membuat logo turunan dan membuat brand Anda kehilangan ciri khas.

Membuat sebuah logo dari merek perusahaan tentu bukan hal yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Ada berbagai opsi logo yang harus dipilih dan dipertimbangkan sebelum akhirnya Anda memutuskan sebuah logo yang dapat merepresentasikan nilai maupun ide perusahaan Anda dengan baik. Berhati-hati pula terhadap plagiarisme, jangan sampai desain logo tersebut mirip atau menyerupai logo dari brand lain yang telah ada terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa tips desain logo yang bisa dijadikan referensi dalam pembuatan rancangan logo yang berkesan. Pastikan logo tersebut dapat memberi kesan yang baik dan segar sehingga bisa menarik perhatian dan minat pelanggan untuk mengenal lebih jauh bahkan membeli produk yang perusahaan Anda pasarkan.Jika Anda membutuhkan pinjaman dana online yang terdaftar di OJK, gunakan produk pinjaman tunai dari Kredit Pintar dengan syarat dan proses pendaftaran yang mudah dan aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload