Inilah Beberapa Cara Menghemat Air dengan Bijak

07 Sep 2021 by Laruan

Untuk bertahan hidup, makhluk hidup sangat membutuhkan udara dan air sebagai sumber kehidupan yang sudah disediakan alam. Betapa pentingnya peran air bagi kehidupan, membuat kita berpikir bagaimana cara menghemat air, sehingga persediaan air akan tetap terjaga.

Inilah Beberapa Cara Menghemat Air dengan Bijak

Seperti yang kita tahu bahwa persediaan air bersih di dunia kian berkurang dikarenakan berbagai alasan. Tentunya hal tersebut menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kita sebagai makhluk hidup yang memang memerlukan air untuk bertahan hidup. Karena, air merupakan satu kebutuhan yang tidak lepas dari aktivitas kita sehari-hari seperti minum, memasak, mencuci, kebersihan, perawatan, keperluan perdagangan, hingga pertanian dan peternakan.

Sudah banyak komunitas kemanusiaan yang mengkampanyekan gerakan penghematan air. Namun, gerakan penghematan air itu lebih baik dimulai dari diri sendiri sebagai bentuk kepedulian terhadap stok air yang semakin berkurang. Kita tidak bisa tinggal diam dan membiarkan jika stok air bersih makin berkurang. Untuk itu, diperlukan upaya penghematan air dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Perhatikan Penggunaan Air

Cara menghemat air yang pertama adalah dengan memperhatikan penggunaan air di rumah kamu. Jangan lupa untuk mematikan keran air saat tidak digunakan, dan perhatikan juga ketika kamu saat mengisi air di bak mandi. Jangan sampai kelupaan dan menyebabkan air meluber dan terbuang begitu saja.

Memperhatikan penggunaan air ini wajib kamu lakukan setiap hari. Keuntungannya, selain untuk menghemat air, kamu juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk air bersih. Jika hal ini kamu rutin lakukan, maka dari itu kamu sudah melakukan sedikit upaya penghematan air di rumah.

Jangan lupa juga untuk mengingatkan setiap anggota keluargamu untuk melakukan hal yang sama. Bekerja sama dalam upaya penghematan air di rumah dengan anggota keluarga dirasa lebih memudahkan. Karena, kita bisa saling mengingatkan jika ada salah satunya yang memang lalai atau lupa mematikan air ketika tidak digunakan.

  1. Mengurangi Aktivitas Siram

Selanjutnya, cara menghemat air yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan mengurangi aktivitas siram. Bukan hanya tentang menyiram tanaman, aktivitas siram yang kamu lakukan setiap hari juga beragam misalnya menyiram kloset, menyiram pekarangan yang gersang, menyiram kendaraan yang kotor, dan lain sebagainya.

Mulai saat ini, kurangi aktivitas siram yang memerlukan banyak air. Jika aktivitas membersihkan kendaraan, kamu bisa melakukannya setiap beberapa hari sekali jika memang itu diperlukan. Jika kotoran pada kendaraanmu masih sebatas wajar, kamu cukup membersihkannya dengan lap atau kanebo. Hal tersebut dianggap menjadi salah satu cara menghemat air yang bisa kamu lakukan.

  1. Menggunakan Selang saat Membersihkan Kendaraan
Inilah Beberapa Cara Menghemat Air dengan Bijak

Melanjutkan poin sebelumnya, jika kamu memang perlu membersihkan atau mencuci kendaraan kamu karena sudah terlalu kotor, cobalah untuk menggunakan selang yang bertekanan tinggi. Tanpa disadari, hal tersebut memang menjadi salah satu cara menghemat air yang sudah dilakukan sejak dulu.

Tekanan pada selang membuat air menyemprot keras dan cepat sehingga dapat membersihkan permukaan kendaraan dengan efektif tanpa memerlukan air terlalu banyak. Lebih efektif dibandingkan dengan selang biasa yang cenderung mengeluarkan air lebih banyak. Dengan begitu, pemborosan pada air dapat dicegah. 

  1. Segera Perbaiki Kebocoran

Salah satu penyebab pemborosan air adalah adanya kebocoran pada pipa saluran air. Keluarnya air dari saluran di tempat yang tidak tepat membuat air terbuang begitu saja. Sebisa mungkin, segera perbaiki pipa saluran air jika terjadi kebocoran. Mengingat biarpun sedikit-sedikit air yang terbuang, namun jika dibiarkan terlalu lama akan disayangkan juga.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, sebaiknya rutin mengecek saluran air. Dan selalu pastikan air yang mengalir masih dengan kecepatan yang sama. Jika air dirasa lambat keluar atau dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya, bisa diprediksi bahwa ada yang bermasalah dengan pipa saluran air di rumahmu.

  1. Reuse Water

Menggunakan air yang sudah terpakai juga bisa menjadi salah satu cara menghemat air yang bisa kamu lakukan di rumah. Contoh sederhananya adalah kamu bisa menggunakan kembali air bekas mencuci sayur dan buah untuk disiramkan ke tanaman kamu.

Atau bisa juga dengan menampung air bekas mencuci sayur dan buah ke sebuah wadah untuk mencuci perabot rumah atau menyiram tanaman di sore hari. Namun tetap ingat, jangan biarkan air yang kamu tampung dalam wadah dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menghindari berkembangnya jentik nyamuk yang berbahaya.

  1. Perhatikan Waktu Mandi dan Menggosok Gigi

Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang memang memerlukan air yang banyak. Di samping itu, durasi kamu berada di kamar mandi juga mempengaruhi penggunaan air juga, lho. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan dan gunakan waktu untuk mandi seperlunya.

Tips lainnya adalah menggunakan shower ketika ingin membilas badan saja. Selain itu, matikan shower agar air tidak terbuang sia-sia. Begitu juga ketika kamu sikat gigi. Masih ada sebagian orang yang lupa mematikan kran wastafel selama menyikat gigi. Hal tersebut dapat menyebabkan pemborosan air.

Baiknya, mematikan keran air selama menyikat gigi berlangsung. Nyalakan kembali jika kamu sudah selesai dan ingin berkumur-kumur untuk membersihkan sisa-sisa pasta gigi yang masih menempel di mulut dan gigi.

  1. Gunakan Sedikit Deterjen saat Mencuci Pakaian

Menggunakan deterjen terlalu banyak membutuhkan air yang banyak untuk membilasnya. Batasi dengan bijak penggunaan sabun dan deterjen untuk mencuci baju. Misalnya menggunakan deterjen yang sedikit, atau diprioritaskan untuk pakaian yang sangat kotor sehingga perlu sabun atau deterjen yang lebih banyak.

Trik selanjutnya adalah dengan menggunakan produk pewangi sekali bilas yang sudah banyak beredar di pasaran. Dengan begitu, kamu tidak perlu membilas pakaianmu berulang-ulang, serta upaya penghematan air akan tetap berjalan.

Memang terlihat sederhana, namun menghemat air sejak dini adalah salah satu upaya untuk menjaga stok dan kualitas air di masa depan. Kesadaran untuk menghemat air memang harus muncul dari diri sendiri sebelum kita mengajak orang lain. Karena, dengan kita sadar dan melakukannya lebih dulu, orang lain akan percaya dan tertarik dengan apa yang kita ajak atas dasar pengalaman yang sudah kita alami.

Semuanya butuh proses, tidak ada yang instan dan langsung terlaksana semuanya, termasuk cara menghemat air. Jika dilakukan rutin setiap hari, kita akan terbiasa melakukannya sehingga akan terasa mudah jika dilakukan dalam waktu yang panjang. Kita akan menganggap bahwa menghemat air merupakan kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah ternyata, selain air yang bisa kamu hemat, kamu juga bisa menghemat pengeluaran, lho. Tabunganmu dari hasil berhemat bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah bisnis impian!

Tapi, bisnis kan butuh modal yang besar?

Kamu tidak perlu khawatir karena sekarang hadir Kredit Pintar yang bisa membantu kamu dalam meminjamkan pinjaman online. Kredit Pintar adalah sebuah perusahaan pinjaman online terpercaya sekaligus sudah diawasi oleh OJK.

Persyaratan pengajuan pinjaman online di Kredit Pintar sangat mudah dan cepat. Tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman online dan wujudkan bisnis impianmu!

Jika bisa menghemat, kenapa harus boros?

Itulah artikel mengenai cara menghemat air yang efektif dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload