Inilah 7 Manfaat Konsumsi Buah Salak

13 Jul 2021 by Laruan

Mencukupi kebutuhan vitamin mineral dan berbagai zat baik untuk tubuh bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi berbagai jenis buah. Selain enak dan manis, buah memang terkenal dengan kandungannya yang kaya manfaat. Termasuk pula manfaat buah salak yang sangat kaya akan zat baik sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Berikut ini manfaat buah salak yang wajib diketahui!

Manfaat Konsumsi Buah Salak

1. Salak Bermanfaat Untuk Kesehatan Pencernaan

Mengalami gangguan pencernaan tentu saja merupakan pengalaman terburuk yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi Sobat Pintar tentu akan merasa tersiksa karena kebutuhan asupan makanan menjadi terganggu sehingga tubuh akan menjadi lemas. Untuk Sobat Pintar yang sering mengalami gangguan kesehatan pada sistem pencernaan, maupun bagi Sobat Pintar yang ingin mencegah risiko gangguan pencernaan, segera konsumsilah buah salak!

Manfaat buah salak dalam memelihara kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh sudah terkenal sejak dahulu kala. Di dalam buah salak, terdapat begitu banyak zat nutrisi baik untuk tubuh seperti betakaroten, saponin, tannin, kalsium, dan juga flavonoid. Tanin merupakan zat aktif yang dapat memerangi diare dan membantu memulihkan tubuh dari serangan diare. Konsumsi daging buah salak beserta kulit arinya juga sangat baik dalam mencegah resiko sembelit.

2. Jaga Kesehatan Mata Dengan Rutin Makan Buah Salak

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, dalam buah salak terkandung nutrisi betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A seperti yang terkandung pada wortel, betakaroten juga berperan aktif dalam membantu mata agar tetap pada fungsi normalnya dan mencegah serta mengurangi gejala rabun jauh. Bagi Sobat Pintar yang bosan mengkonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan mata, maka buah salak dapat menjadi alternatif bagi Sobat Pintar.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Banyak organ penting dalam tubuh yang sangat fatal apabila sampai mengalami kerusakan fungsi. Salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia adalah jantung. Ternyata, salak juga mengandung potassium yang terkenal sangat baik bagi kesehatan kardiovaskular atau jantung. Tak hanya itu, kandungan mineral dan antioksidan tinggi yang terkandung pada setiap butir salak juga dapat membantu peredaran darah dan cairan di dalam tubuh agar tetap normal.

4. Menguatkan Daya Ingat

Bagi Sobat Pintar yang mengeluhkan penurunan daya ingat belakangan ini, mungkin mengkonsumsi salak bisa menjadi jalan alternatif untuk membantu menguatkan daya ingat. Manfaat buah salak yang satu ini ditimbulkan oleh zat pektin dan juga kalium yang sangat tinggi pada setiap butir buah salak. Kandungan pektin maupun kalium sangat baik dalam meningkatkan kemampuan kognitif otak dan juga kemampuan daya ingat otak.

5. Manfaat Buah Salak Direkomendasikan Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah salak mengandung sangat banyak nutrisi, dimulai dari betakaroten, saponin, tannin, kalium, kalsium, flavonoid, potassium, pectin, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan yang kaya untuk nutrisi ini menjadi prioritas utama untuk dipilih sebagai menu harian agar kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya menjadi lebih terjaga. 

6. Melawan Risiko Kerusakan Sel

Dikarenakan kandungan salak yang kaya akan nutrisi, tentu saja tubuh akan dapat lebih mudah dalam melawan risiko kerusakan sel, kerusakan karsinogenik, beserta jaringan yang penting dalam tatanan tubuh. Salak juga dapat mencegah risiko terkena wasir karena banyaknya mineral dan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. 

7. Membantu Diet Sehat

Sobat Pintar juga dapat melakukan diet sehat dengan menambahkan buah salak sebagai salah satu menu harian diet sehat Sobat Pintar. Karena mengandung banyak antioksidan dan juga kadar serat yang tinggi, salak dapat membantu penurunan berat badan secara efektif. Apalagi daging buah salak yang dimakan bersama kulit arinya dapat mengatasi sembelit sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.Demikianlah berbagai manfaat buah salak yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta menjauhkan tubuh dari berbagai risiko penyakit dan gangguan kesehatan yang fatal. Namun meskipun memiliki kandungan yang baik dan kaya akan nutrisi, kapasitas pengkonsumsian buah salak tetap tidak boleh terlalu berlebihan. Seimbangkan pula dengan makanan berprotein tinggi seperti misalnya kacang-kacangan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk