Ini Penyebab Laptop Lemot yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

Ini Penyebab Laptop Lemot yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

24 May 2021 by kreditpintar
penyebab laptop lemot

Laptop menjadi bagian yang tak terpisahkan di era yang serba digital seperti sekarang ini. Ada banyak pekerjaan yang mengandalkan benda satu ini, sehingga jika tiba-tiba laptop lemot banyak hal menjadi tidak produktif. Apakah Sobat Pintar pernah mengalami permasalahan laptop lemot ini? Nah, sebenarnya apa sih penyebab laptop lemot

Buat Sobat Pintar yang ingin mengetahui penyebab laptop lemot, pastikan Sobat Pintar membaca artikel ini hingga selesai, karena di sini akan dijelaskan secara lengkap yang membuat laptop tidak bekerja dengan baik dan cara mencegah laptop yang lemot ini. Yuk langsung aja baca penjelasan yang ada di bawah ini:

Laptop Lemot, Apa Cirinya?  

Laptop lemot pastinya sangat mengganggu aktivitas seseorang, apalagi bagi Sobat Pintar yang mengandalkan laptop untuk pekerjaan Sobat Pintar. Sebenarnya apa sih ciri-ciri dari laptop lemot ini? Salah satu ciri-ciri yang mudah dikenali ketika laptop lemot adalah Sobat Pintar membutuhkan waktu yang lama untuk membuka suatu program. Keadaan ini tentunya sangat mengganggu dan sering bikin emosi.

Jika laptop Sobat Pintar lemot bukan berarti laptop Sobat Pintar mengalami kerusakan. Salah satu yang membuat laptop tidak bekerja dengan baik adalah laptop Sobat Pintar memiliki terlalu banyak program yang membuatnya menjadi lemot. Ini dapat terjadi pada semua jenis Windows, termasuk Windows 10. Selain penyebab di atas, laptop lemot juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Apa saja? Buat Sobat Pintar yang penasaran yuk langsung simak penjelasan setelah ini.

Penyebab Laptop Lemot yang Wajib Diketahui  

Laptop lemot dapat disebabkan oleh beberapa hal, berikut beberapa hal yang menjadi yang membuat laptop tidak bekerja dengan baik:

  1. Laptop Sobat Pintar memiliki terlalu banyak startup programs yaitu program-program yang berjalan di latar belakang laptop Sobat Pintar yang terjadi secara otomatis saat Sobat Pintar membuka laptop. Semakin laptop Sobat Pintar memiliki banyak software, semakin besar pula kemungkinan laptop Sobat Pintar menjadi lemot.
  2. Usia hardisk laptop Sobat Pintar sudah terlalu tua. Semakin tua usia hardisk laptop Sobat Pintar, semakin besar pula harddisk ini menjadi yang membuat laptop tidak bekerja dengan baik.
  3. Harddisk yang ada di laptop Sobat Pintar sudah penuh. Menurut para ahli, jika hardisk sebuah laptop sudah mencapai 95% maka dapat memperlambat kerja laptop hingga 50%
  4. Laptop Sobat Pintar memiliki kapasitas RAM yang terlalu kecil. Semakin kecil RAM sebuah laptop semakin besar pula kemungkinan laptop tersebut akan lemot.
  5. Laptop Sobat Pintar terlalu banyak menjalankan program software. Keadaan ini akan diperparah jika Sobat Pintar menggunakan software yang multitasking seperti Photoshop dan Premiere.
  6. Laptop Sobat Pintar memiliki terlalu banyak Add-ons, seperti Internet Download Manager, AdBlocker, dan lainnya. Tanpa Sobat Pintar sadari Add-ons seperti ini akan membuat laptop Sobat Pintar menjadi lebih lemot.
  7. Sobat Pintar membuka terlalu banyak tab pada browser yang dipakai. Ini akan membuat RAM yang ada di laptop Sobat Pintar menjadi terkuras, terlebih jika situs-situs yang Sobat Pintar buka memiliki fitur auto-refresh.
  8. Laptop Sobat Pintar terserang oleh virus sehingga membuat laptop yang Sobat Pintar miliki menjadi lemot. Jadi, usahakan Sobat Pintar selalu menjaga laptop Sobat Pintar ini dari serangan virus agar tidak menjadi lemot.
  9. Anti virus yang digunakan laptop Sobat Pintar terlalu aktif.
  10. Sobat Pintar jarang melakukan update operasi sistem yang Sobat Pintar gunakan. Ini berlaku bagi Sobat Pintar yang menggunakan program Windows maupun MacOS.

Cara Mengatasi Laptop Lemot  

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang membuat laptop Sobat Pintar menjadi lemot, pastinya Sobat Pintar ingin mengatasi permasalahan tersebut, bukan? Sobat Pintar ingin membuat laptop yang Sobat Pintar miliki memiliki kinerja dan kecepatan seperti semula. Bagaimana cara mencegah laptop yang lemot ini? Berikut beberapa cara yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk mengatasi laptop Sobat Pintar yang lemot:

1. Ganti HDD dengan SSD   

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama dapat Sobat Pintar lakukan dengan mengganti HDD dengan SSD. Ini dapat dilakukan jika yang membuat laptop tidak bekerja dengan baik berasal dari harddisk yang digunakan. Mengganti HDD menjadi SSD (Solid State Drive) akan membuat proses booting menjadi lebih cepat dan juga responsif.

2. Upgrade RAM ke Ukuran Lebih Besar

Cara kedua yang dapat Sobat Pintar pilih untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan melakukan upgrade RAM ke ukuran yang lebih besar. Sesuaikan ukuran RAM laptop Sobat Pintar dengan kebutuhan. Misalnya untuk bisa menjalankan software membutuhkan RAM 8 GB, Sobat Pintar dapat upgrade ke ukuran 8 GB.

3. Lakukan Perawatan Hardware secara Berkala

Melakukan perawatan hardware secara berkala juga dapat mengatasi laptop yang lemot. Sobat Pintar dapat membersihkan hardware ini mulai dari kipas, motherboard, dan mengganti thermal paste yang ada di bagian prosesor laptop.

4. Gunakan Aksesoris yang Mendukung Laptop

Cara keempat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aksesoris yang mendukung laptop. Sebagai contoh, laptop Sobat Pintar terlalu cepat panas, Sobat Pintar dapat menambahkan cooling pad ataupun kipas tambahan. 

5. Melakukan Full Scan dengan Antivirus

Virus yang ada di sebuah laptop yang membuat laptop tersebut bekerja lebih besar dibandingkan biasanya. Untuk mengatasinya, Sobat Pintar dapat melakukan full scan dengan antivirus. Pilihlah antivirus terbaik yang akan mempermudah full scan ini.

6. Uninstal Program yang Tidak Sobat Pintar Gunakan

Terlalu banyak program di dalam laptop juga dapat membuat laptop tersebut menjadi lemot. Jadi, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sobat Pintar dapat uninstall program-program yang tidak digunakan.

7. Gunakan Software Versi Lama

Software versi lama dapat menjadi solusi buat Sobat Pintar yang ingin kinerja laptop lebih cepat. Software baru biasanya memiliki fitur terlalu banyak, jadi dapat membebani laptop Sobat Pintar. Jangan malu menggunakan software lama demi kecepatan kinerja laptop Sobat Pintar.

8. Pakai Software Booster

Sobat Pintar juga dapat mempercepat kinerja laptop dengan cara memakai software booster. Ada banyak jenis software booster yang dapat dipilih, di antaranya CCleaner dan Advance System Care.

9. Selalu Bersihkan Berkas Sampah

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan membersihkan berkas sampah yang ada di laptop Sobat Pintar. Ini dapat dilakukan dengan membersihkan Temporary Files yang tertimbun di dalam laptop Sobat Pintar.

10. Lakukan Install Ulang Windows

Cara terakhir yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan melakukan install ulang Windows yang Sobat Pintar gunakan. Sobat Pintar dapat install ulang Windows di tempat install ataupun secara mandiri.

Solusi Tambahan Biaya Untuk Beli Laptop Baru  

Jika permasalahan laptop Sobat Pintar sudah cukup serius, Sobat Pintar dapat melakukan membeli yang baru. Jika Sobat Pintar tidak ada biaya untuk membeli laptop baru ini, Kredit pintar dapat menjadi solusi sebagai aplikasi pinjam uang yang akan mengatasi berbagai permasalahan keuangan Sobat Pintar. Kredit Pintar adalah aplikasi pinjam uang yang resmi karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kesimpulan  

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab laptop lemot dan cara mencegahnya. Sobat Pintar dapat menggunakan cara-cara di atas untuk mengatasi permasalahan laptop lemot, namun jika permasalahannya terlalu berat, Sobat Pintar dapat menggantinya dengan yang baru.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk