Ini 8 Cara Memutihkan Kulit Tangan Secara Alami

16 Aug 2021 by Laruan

Memiliki kulit yang cerah dan sehat merupakan dambaan bagi semua orang, tidak terkecuali wanita dan pria. Namun, karena intensitas kegiatan di luar ruangan yang cukup tinggi, membuat warna kulit tangan kita menjadi lebih gelap dibandingkan bagian tubuh lainnya. Kali ini, kita akan memberikan tips ampuh cara memutihkan kulit tangan secara alami.

Kondisi kulit yang belang atau tidak sewarna membuat kita tampil tidak percaya diri. Bahkan, karena kondisi tersebut membuat beberapa orang yang mengalaminya menutupi bagian kulit mereka yang belang dengan pakaian yang panjang supaya tidak diketahui oleh orang-orang.

Ini 8 Cara Memutihkan Kulit Tangan Secara Alami

Sayangnya, dengan menggunakan pakaian yang panjang bukanlah solusi yang baik untuk kulit yang belang. Yang ada, ketika kita berada di luar ruangan, kita akan merasakan panas yang berlebih karenanya.

Karena itulah, kita akan membagikan beberapa cara memutihkan kulit tangan secara alami yang bisa kalian coba. Ingin tahu caranya? Yuk, simak artikel berikut ini.

8 Cara Memutihkan Kulit Tangan Secara Alami dan Efektif

Warna kulit yang ada pada tubuh kita dipengaruhi oleh melanin, melanin adalah sel yang diproduksi oleh sel lapisan kulit. Tubuh kita dapat memproduksi melanin yang banyak, apalagi jika kita sering terpapar sinar matahari saat berada di luar ruangan. Dampaknya, kulit tubuh kita akan menjadi lebih gelap atau menjadi belang.

Buat Sobat Pintar yang memiliki masalah belang pada tangannya, kali ini kita akan memberikan cara memutihkan kulit tangan yang bisa kalian terapkan saat berada di rumah:

1. Gunakan Jus Lemon Mengandung Vitamin C Yang Baik Untuk Kulit

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dapat melindungi sel kulit kita dari efek buruk paparan sinar ultraviolet matahari.

Sobat Pintar dapat membuat resep dengan menggunakan jus lemon ini dengan cara mengambil satu mangkuk air perasan lemon hangat, kemudian oleskan pada bagian kulit yang menghitam atau belang. Tunggu selama beberapa menit hingga air perasan tersebut meresap ke kulit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

Setelah melakukan cara ini, Sobat Pintar jangan lupa untuk menggunakan body lotion yang dapat melembabkan kulit kita.

2. Gunakan Susu Untuk Mencerahkan Kulit

Sobat Pintar pasti sering mendengar guyonan “mandi susu” atau “berendam air susu” bukan? Nyatanya, metode perawatan tubuh ini sudah sering dilakukan sejak berabad-abad yang lalu, loh.

Susu memiliki kandungan enzim yang banyak sehingga bisa mencerahkan kulit tubuh kita. Namun, menerapkan cara ini membutuhkan usaha dan niat yang sangat besar. Sobat Pintar bisa menyiapkan air hangat dan susu, lalu Sobat Pintar sudah bisa mulai deh berendam air susu dan menikmati efek dari susu tersebut.

3. Gunakan Lidah Buaya Agar Kulit Senantiasa Cerah dan Menawan

Cara memutihkan tangan secara alami yang bisa Sobat Pintar lakukan adalah dengan menggunakan lidah buaya.

Lidah buaya memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, salah satunya adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat menangkal dampak buruk akibat radikal bebas yang menyebabkan kulit kita menghitam.

Cara menggunakan lidah buaya ini cukup mudah, Sobat Pintar bisa mengambil daging lidah buaya, oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata ke area kulit tangan yang menghitam, tunggu beberapa saat hingga lidah buaya tersebut meresap ke kulit, setelah itu bilas dengan air sejuk yang bersih. Keringkan, lalu oleskan body lotion atau pelembab untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Gunakan Yoghurt Untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Cara memutihkan tangan secara alami selanjutnya adalah menggunakan yoghurt. Yoghurt merupakan produk fermentasi susu yang memiliki kandungan asam latic yang dapat mencerahkan kulit.

Sobat Pintar dapat dengan mudah membeli produk Yoghurt ini di minimarket terdekat di lokasi Sobat Pintar. Cara penggunaannya sangat mudah, Sobat Pintar dapat menggunakan yoghurt sebagai masker atau dioleskan ke bagian kulit yang belang atau menghitam. Setelah yoghurt meresap ke dalam kulit, bilas dengan air mengalir yang bersih. Mudah, bukan?

Update artikel terkini: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

5. Bengkoang Bermanfaat Mencerahkan Kulit Tangan

Bengkoang juga terkenal dengan keefektifannya dalam mencerahkan kulit tubuh karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Senyawa yang dimiliki bengkoang tersebut dapat menangkal efek buruk akibat radikal bebas, jadi bisa mencegah kulit yang menghitam dan kulit yang mengkerut.

Seperti cara-cara sebelumnya, Sobat Pintar bisa menggunakan bengkoang sebagai masker dengan memarutnya hingga halus, setelah itu letakkan masker tersebut di bagian kulit yang sudah menghitam, gosok perlahan, dan tunggu hingga masker tersebut meresap sempurna ke dalam kulit. Setelah beberapa menit, bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

6. Gunakan Cuka Sari Apel Sesuai Takaran Agar Kulit Cerah

Bahan yang satu ini mungkin sangat jarang dimiliki dan digunakan, namun karena cuka sari apel in memiliki kandungan yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi, cuka sari apel bisa membantu mencerahkan kulit tangan menjadi lebih cerah dan bercahaya.

Dengan menggunakan bahan ini secara rutin, Sobat Pintar dapat menyeimbangkan kembali tingkat keasaman pH kulit, jadi bagus banget untuk memperkuat pelindung alami kulit dan mencegah infeksi pada kulit.

Cara menggunakannya terbilang mudah, ambil 2 cangkir cuka sari apel lalu tambahkan air ke dalamnya. Oleskan bahan tersebut pada bagian tangan yang menghitam dengan menggunakan kapas. Setelah beberapa menit, bilas dengan air mengalir yang bersih.

7. Manfaatkan Air Tahu atau Air Beras

Cara memutihkan tangan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air beras. Air beras menjadi pilihan yang paling banyak direkomendasikan untuk mencerahkan kulit dan mengurangi bercak hitam pada kulit.

Bahkan, sudah banyak produk komersial seperti toner, sabun, dan krim yang menggunakan bahan dasar air beras. Air beras sangat baik dalam mencerahkan kulit dan dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati pada kulit dan memberikan efek cerah pada kulit kita.

Namun jika Sobat Pintar tidak memiliki air beras, Sobat Pintar juga bisa menggunakan air tahu sebagai alternatif. Caranya sangat mudah, Sobat Pintar ambil sedikit air beras atau air tahu, kemudian oleskan air tersebut pada bagian kulit yang menghitam, setelah mengering, bilas dengan air dingin yang bersih.

8. Kunyit Yang Dihaluskan Bantu Regenerasi Kulit

Kunyit memiliki kandungan antioksidan esensial dan kurkumin yang dapat membantu memperlambat proses produksi melanin, jadi kunyit sangat efektif untuk mencerahkan warna kulit tangan.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menyebutkan manfaat kunyit efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti dermatitis atopik, jerawat, kebotakan, dan masih banyak lainnya.

Sobat Pintar bisa mengambil beberapa sendok kunyit dan tumbuk hingga halus, jangan lupa juga tambahkan susu secukupnya. Setelah adonan jadi, oleskan masker tersebut pada tangan, dan tunggu hingga 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air yang bersih.

Jadi itulah cara memutihkan tangan secara alami yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah kita temukan, Sobat Pintar bisa mengunjungi supermarket terdekat untuk mendapatkan bahannya. Semoga artikel ini bermanfaat, yaa!

Update artikel terkini: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload