Ingin Pastikan Keaslian Ponsel Kalian? Ini 2 Cara Cek IMEI Android

31 May 2021 by kreditpintar
Ingin Pastikan Keaslian Ponsel Kalian? Ini 2 Cara Cek IMEI Android

Belakangan ini, kita diramaikan dengan kabar mengenai ponsel ilegal yang mulai masuk ke Indonesia. Ponsel ini biasanya dapat dengan mudah diidentifikasi dengan menggunakan nomor IMEI. Untuk memastikan apakah ponsel kalian memiliki nomor IMEI atau tidak, perlu dilakukan pengecekan. Nah, bagaimana cara cek IMEI Android?

Seperti yang kalian tahu, semua Android memiliki kode IMEI yang unik. Nomor ini penting untuk diketahui, terlebih lagi jika kalian memang membutuhkan untuk berurusan dengan operator maupun produsen ponsel kalian. Sebelum membahas cara mengeceknya, tahukah kalian pengertian dari nomor IMEI ini?

Seputar Nomor IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Dengan kata lain, ini adalah pengenal unik untuk ponsel kalian. Setiap ponsel di luar sana saat ini memiliki satu nomor IMEI, dan setiap ponsel sudah pasti memiliki kode yang unik. Sama seperti kita manusia — tidak ada nomor yang benar-benar sama. Itulah yang membuat IMEI ponsel kalian terasa istimewa.

Biasanya, nomor ini akan terdiri dari digit angka dengan jumlah dari 14 sampai 16, dengan tambahan digit untuk verifikasi di bagian akhir. Nomor IMEI sendiri bertujuan untuk aksi pelacakan dari produsen, yang biasanya bertujuan agar ponsel tidak tertukar pada saat diservis. Manfaat lain adalah ketika ponsel hilang, kalian masih bisa melacaknya menggunakan nomor ini.

Nomor IMEI biasanya disusun menggunakan format seperti ini: 

11-222222-333333-4

  • Bagian pertama dan kedua biasanya digunakan untuk menentukan model dan merk perangkatnya
  • Nomor ketiga khusus untuk jenis handset nya
  • Nomor keempat akan digunakan sebagai kode verifikasi, sebagaimana telah dijelaskan di atas.

Untuk perangkat Android sendiri, sebenarnya ada dua cara mudah untuk mengecek nomor IMEI, yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Berikut adalah cara cek IMEI Android yang bisa kalian coba :

Apa yang harus dilakukan untuk cek IMEI Android?

  1. Menghubungi Nomor *#06#

Cara cek IMEI Android yang pertama adalah dengan menggunakan dialer biasa. Ya, kalian bisa mendapatkan informasi tentang nomor IMEI yang unik hanya dengan menghubungi nomor tertentu di perangkat Android yang kalian miliki.

Buka bagian kontak, masukkan nomor *#06#, dan informasi tentang IMEI perangkat kalian akan segera muncul di layar. Kalian bisa mencatat nya di kertas, atau screen shot.

  1. Mengecek Bagian Settings

Cara cek IMEI Android selanjutnya adalah dengan melihat bagian Pengaturan atau Settings. Nah, biasanya apabila ponsel kalian tidak memungkinkan untuk melakukan panggilan di atas, kalian bisa menggunakan cara ini.

Kalian tinggal masuk ke bagian Settings, dan masuk ke About. Di bagian ini, informasi tentang perangkat kalian akan ditampilkan, baik itu nama perangkat, merk, dan juga nomor IMEI nya. 

Apakah Nomor IMEI Harus Dirahasiakan?

Nomor yang unik ini nomor yang bisa dijadikan solusi jika ada masalah yang tak terduga. Misalnya, kode IMEI yang asli bisa saja dipalsukan, sehingga barang ilegal pun akan terlihat seperti asli pada saat dilakukan pengecekan. Selain itu, ada masalah-masalah yang lainnya, yang bisa saja menimpa kalian.

Jadi, janganlah menyiarkan atau membagikan nomor IMEI perangkat kalian, dengan pengecualian produsen atau vendor tempat kalian membeli perangkat ini.

Namun ada situasi dimana kalian harus membagikan IMEI perangkat kalian, yakni saat kalian akan menjual perangkat yang kalian miliki. Nomor ini akan memberikan rasa lega, karena pembeli bisa mengkonfirmasi perangkat kalian memang bersih dari kegiatan illegal.

Dengan semakin majunya teknologi, perkembangan Android pun juga mengalami peningkatan yang drastis. Performa Android kini bisa disandingkan dengan perangkat iPhone yang memang terkesan gahar dari segi performa. 

Maka dari itu, banyak orang yang ingin mengupgrade ponsel mereka menjadi lebih baik. Apabila dana terbatas, Kredit Pintar bisa dijadikan solusi nyata.

Aplikasi pinjaman online ini memberikan kebebasan pada penggunanya dengan memberikan bunga rendah, serta dana yang bisa cair dalam waktu dekat. Jadi, membeli perangkat Android pun bisa jadi kenyataan. Tunggu apa lagi? Install Kredit Pintar sekarang

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload