8 Tips Beli Smartphone Terpercaya di Hartono Elektronik

23 Sep 2021 by Laruan

Sekarang sudah makin banyak sekali marketplace yang muncul dengan promo yang menggiurkan. Tapi Sobat Pintar tahu tidak, bahwa Hartono Elektronik merupakan marketplace pertama yang menawarkan barang elektronik terlengkap?

8 Tips Beli Smartphone Terpercaya di Hartono Elektronik

Meskipun termasuk marketplace baru dan masih belum banyak orang mengenal Hartono Elektronik. Tapi penawaran dan promosi yang diberikan oleh marketplace ini tidak kalah menariknya dengan marketplace terkenal lainnya.

Namun, jika Sobat Pintar masih ragu belanja smartphone secara online di marketplace manapun, yuk simak dulu tips berikut ini.

Hati-hati membagikan selfie KTP! Simak alur penipuan dengan modus selfie KTP di sini

Tips Belanja Smartphone Secara Online

1. Melakukan Riset Spek Smartphone

Sebelum belanja smartphone secara online, ada baiknya Sobat Pintar melakukan riset terlebih dahulu spesifikasi smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. Setelah menemukan tipe-tipe smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan dana Sobat Pintar, saatnya Sobat Pintar mulai membandingkan harga dari satu marketplace ke marketplace lainnya.

Sobat Pintar pasti tidak mau dong membeli smartphone dengan harga yang relatif tinggi? Maka dari itu, membandingkan harga juga penting dilakukan supaya Sobat Pintar bisa mendapatkan harga yang relatif murah.

2. Pastikan Kredibilitas Marketplace Terjamin

Pada saat memilih marketplace untuk membeli smartphone secara online, Sobat Pintar harus perhatikan terlebih dahulu kredibilitas jasa marketplace tersebut.

Apakah mereka memiliki sistem keamanan data yang baik? Bagaimana sistem pembayarannya? Apakah ada garansi mengembalikan barang? Bagaimana jika barang yang diterima rusak atau salah?

Semua hal pertanyaan tersebut harus Sobat Pintar pastikan dengan marketplace yang dituju. Sobat Pintar bisa menggunakan fitur chat atau mengirim email kepada customer service, atau membaca Faq and Frequently Ask yang ada pada laman marketplace.

Setelah Sobat Pintar yakin dengan marketplace tersebut, Sobat Pintar sudah boleh mencari-cari toko dengan harga yang murah dan terpercaya. Hal ini dilakukan supaya Sobat Pintar bisa berbelanja online secara aman tanpa khawatir menjadi korban penipuan dari marketplace atau penjual yang ada disana.

3. Menentukan Toko / Seller Terpercaya

Toko atau seller yang berada di marketplace tersebut harus memiliki badge atau kredibilitas resmi dari marketplace tersebut. Jika penjual atau toko tersebut tidak memiliki kredibilitas atau rating, ada kemungkinan mereka adalah penjual baru.

Sebenarnya tidak masalah jika Sobat Pintar membeli smartphone di toko tersebut. Namun, jika Sobat Pintar perlu hati-hati saat melakukan transaksi kepada mereka. Bisa jadi barang yang mereka jual sudah terjual secara offline atau sudah tidak tersedia lagi.

Gunakan fitur chat untuk bertanya-tanya kepada penjual. Cara ini sangat efektif untuk menganalisa kredibilitas penjual itu sendiri. Jika Sobat Pintar merasa takut, Sobat Pintar bisa mencari toko official atau penjual dengan kredibilitas resmi dari marketplace tersebut.

Jangan lupa juga untuk membaca ulasan dari pembeli yang sudah membeli disana. Dari sana, Sobat Pintar bisa melihat profesionalitas dan tanggung jawab penjual atas barang yang mereka jual kepada pembeli.

4. Baca Deskripsi Barang Secara Lengkap

Biasakan untuk membaca deskripsi barang yang ada pada halaman produk yang Sobat Pintar tuju. Dari sana, Sobat Pintar akan mengetahui spesifikasi smartphone secara lengkap, metode pembayaran, pengiriman, dan kelengkapan lainnya yang akan diterima oleh calon pembeli.

Sering banyak kasus barang yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli. Namun, hal tersebut biasa sering terjadi karena pembeli tidak membaca deskripsi produk secara lengkap dan detail.

5. Pastikan Barang Yang Dibeli Memiliki Garansi

Hal ini sering banget dilupakan oleh para pembeli ketika berbelanja online. Padahal, memastikan garansi dari smartphone yang akan kita beli adalah hal paling utama yang harus dipertanyakan. Jika suatu saat smartphone tersebut mengalami kendala, tanpa adanya garansi dari toko atau merek tersebut, Sobat Pintar tidak dapat melakukan klaim garansi.

Pastikan untuk menanyakan lebih detail mengenai hal ini. Cari tahu bagaimana cara mengecek keaslian barang dan cara mengetahui validitas garansi tersebut. Jika penjual dapat menjawab pertanyaan ini, maka bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut asli dan memiliki garansi resmi.

6. Gunakan Internet Pribadi Saat Melakukan Transaksi Pembayaran

Banyak dari Sobat Pintar yang belum mengetahui hal ini. Melakukan transaksi secara online dengan menggunakan internet publik sangat rawan untuk di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Apalagi jika Sobat Pintar menggunakan internet publik di Mall, Cafe, dan lobby Hotel. Bisa jadi para hacker tersebut mengincar pelanggan yang lalai disana dan melakukan pencurian data pribadi kamu.

7. Tentukan Metode Pembayaran Yang Aman

Setelah memastikan keenam poin diatas, kini saatnya untuk menentukan metode pembayaran supaya smartphone tersebut bisa langsung dikirim.

Melakukan transfer dengan menggunakan virtual account merupakan pembayaran yang paling aman. Karena, Sobat Pintar sebagai pembeli akan memberikan uang tersebut kepada marketplace terlebih dahulu. Jika suatu saat barang yang diterima rusak, Sobat Pintar bisa melakukan pembatalan dengan cepat dan mendapatkan uang ganti secara langsung.

Memilih pembayaran dengan kartu kredit sebenarnya bisa, namun lebih riskan karena data-data tersebut bisa dicuri sewaktu-waktu. Opsi lain jika Sobat Pintar tidak memiliki rekening adalah melakukan pembayaran melalui minimarket yang ada di sekitar Sobat Pintar. Marketplace besar sudah memberikan fasilitas ini untuk memudahkan pembeli yang tidak memiliki rekening. 

Perhatikan juga, apakah toko tersebut menyediakan voucher atau gift card. Kedua hal ini memberikan banyak keuntungan untuk Sobat Pintar jika Sobat Pintar membeli barang di toko yang sama di kemudian hari.

8. Pilih Kurir Terpercaya Dengan Asuransi

Smartphone termasuk barang yang berharga dan harga yang ditawarkan pun tidak sedikit. Karena itu, untuk menjamin barang yang Sobat Pintar beli bisa diterima dengan aman dan selamat, pilihlah kurir yang memiliki reputasi terbaik. Jangan lupa juga untuk menambahkan asuransi pada metode pengiriman tersebut.

Menambahkan asuransi pada pengiriman memang menambah biaya tambahan. Namun, biaya tersebut setimpal dengan manfaat yang Sobat Pintar dapatkan ketika smartphone rusak, hilang, dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Lalu, Apakah Saya Bisa Belanja Smartphone Dengan Metode Cicilan?

Tentu saja bisa. Sobat Pintar bisa membeli smartphone impian Sobat Pintar dengan harga murah dan terjamin keasliannya di Hartono Elektronik. Marketplace barang elektronik tersebut merupakan toko alat elektronik yang memiliki toko offline di Pondok Indah, Jakarta. Jadi sudah pasti barang yang Sobat Pintar terima asli.

Saat ini, marketplace barang elektronik tersebut sedang mengadakan cicilan 0% untuk pembeli yang melakukan transaksi di myhartono.com. Tidak hanya promo cicilan saja, marketplace barang elektronik tersebut juga sering mengadakan diskon mingguan dengan barang elektronik yang berkualitas.

Kurang nyaman mengajukan cicilan?

Sekarang, ada Kredit Pintar yang siap sedia menjadi solusi atas segala kebutuhan finansialmu.

Hanya dengan KTP, Sobat Pintar bisa ajukan pinjaman tunai cepat cair dengan proses yang aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

8 Tips Beli Smartphone Terpercaya di Hartono Elektronik

Cara Belanja di Hartono Elektronik

Siapapun bisa belanja di marketplace barang elektronik tersebut. Cara pemesanannya pun terbilang sangat mudah untuk semua kalangan.

  1. Lakukan pendaftaran
  2. Masukan email dan password
  3. Lengkapi Data Diri
  4. Pilih barang yang diinginkan
  5. Ketuk “Tambahkan ke Keranjang” atau “Beli Sekarang”
  6. Pilih Pengiriman (Pastikan alamat yang dimasukan sudah benar)
  7. Tentukan Metode Pembayaran
  8. Simpan nomor Virtual Account
  9. Lakukan Pembayaran

Setelah melakukan 9 tahap tersebut, marketplace barang elektronik tersebut akan mengirimkan barang maksimal 1-2 hari dari tanggal transaksi barang. Sobat Pintar akan mendapatkan notifikasi pengiriman barang melalui email atau profil Sobat Pintar di marketplace barang elektronik tersebut.

Dari sana, Sobat Pintar akan mendapatkan banyak informasi mulai dari detail produk yang dibeli, nama toko, nomor resi pengiriman dan masih banyak lainnya.

Penutup

Melihat dari promo yang ada, sangat menggiurkan bukan? Mau belanja smartphone secara online dengan kualitas bagus? Hartono Elektronik jawabannya!

Hati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Kredit Pintar. Baca selengkapnya di sini!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload