Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung A31

29 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 03 Jul 2023

Samsung A31 pertama kali diluncurkan di Indonesia di tahun 2020 sebagai smartphone kelas menengah yang punya banyak keunggulan. Salah satunya ada pada fitur kamera yang dan kapasitas baterainya. Dengan keunggulannya tersebut, harga Samsung A31 di awal peluncurannya mencapai pada kisaran 4 jutaan. Namun, setelah 3 tahun dirilis di Indonesia, apakah harga Samsung A31 masih dalam kisaran yang sama? Untuk tahu jawabannya, Anda bisa menyimak update harga terbarunya sekaligus spesifikasi penting seperti desain, layar, memori, dan lainnya berikut ini. 

harga Samsung A31

Baca juga: Fitur, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy A12

Spesifikasi Samsung A31

Suatu smartphone yang unggul bisa dinilai lewat spesifikasi bawaan yang dimiliki. Spesifikasi tersebut juga bisa digunakan untuk menilai apakah harga yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Begitu juga saat menilai kualitas dari Samsung A31, Anda juga harus melihat apakah spesifikasi dan harga Samsung A31 benar-benar sepadan. Jadi, yuk cari tahu seperti apa spesifikasi Samsung A31 di bawah ini.

1. Prosesor dan Memori

Samsung A31 dibekali dengan prosesor CPU Octa-core (2×2.0 GHz & 6×1.7 GHz) dan GPU. Seri ini juga didukung oleh OS Android 10, One UI 2.0 yang mampu membuat performa ponsel lebih cepat dan efisien. Selain itu, prosesor ini juga membuat operasional ponsel mulai dari pergerakan layar dan transisi antar menu juga berjalan dengan mulus. Memori penyimpanan yang luas dengan RAM 4/6GB dan penyimpanan internal 64GB/128GB membuat Anda tidak perlu menambah kartu microSD lagi. Namun, untuk seri ini, Samsung juga masih memberikan slot kartu memori eksternal. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu takut menyimpan banyak file dengan jumlah kapasitas penyimpanan tersebut. 

2. Desain

Samsung A31 memiliki desain Infinity-U yang nampak minimalis. Bentuk ponsel tergolong ramping dengan dimensi 159.3 x 73.1 x 8.6 mm (6.27 x 2.88 x 0.34 in) dan berat 185 g (6.53 oz). Finishing yang berkilau membuatnya nampak lebih elegan. Tersedia 3 pilihan warna berkelas yang bisa Anda pilih yaitu Prism Crush Putih, Prism Crush Hitam, dan Prism Crush Biru. Pada bagian belakang, desain terbagi menjadi 2 pola dengan bagian atas yang polos dan bagian bawah mempunyai tekstur garis-garis vertikal. Kamera belakang ditempatkan di bagian kiri atas, tidak lupa ada fitur lainnya seperti port USB, grill speaker, mic, SIM tray, dan tombol volume.

harga Samsung A31

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A32 dan Harga Terbaru 2022

3. Resolusi Layar

Bicara resolusi layar, Samsung A31 akan memberikan pengalaman visual yang lega. Bagaimana tidak, tersedia dukungan layar ukuran 6.4 inch, 98.9 cm2 dengan resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio. Tak lupa, layar dibekali dengan tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Perpaduan ini akan memberikan rasa nyaman dan pengalaman terbaik untuk streaming film maupun bermain game

4. Kamera

Fitur Multi Quad Kamera menjadi fitur andalan Samsung A31 yang sayang jika Anda lewatkan. Ada 4 macam kamera yang disediakan di bagian belakang yang terbagi menjadi main camera 48MP (F2.0), depth camera 5MP (F2.4), ultra wide camera 8MP (F2.2), dan macro camera 5MP (F2.4). Main camera akan membantu Anda menghasilkan foto resolusi tinggi dan jernih. Ultra wide camera akan membantu menangkap gambar dengan ruang pandang lebih luas. Jika ingin menghasilkan foto dari jarak dekat, macro camera akan bekerja menghasilkan foto yang halus. Caranya, buramkan latar dengan natural atau bokeh, lalu objek foto Anda akan terlihat menonjol.

Ditambah lagi dengan efek Live Focus di depth camera, Anda bisa menyesuaikan ruang tajam gambar. Begitu juga dengan noise atau bintik yang tidak diinginkan pada latar akan berkurang. Hasil foto Anda pastinya akan lebih profesional lagi. Beralih ke bagian kamera depannya, Samsung A31 dipersenjatai dengan kamera 20MP. Resolusi ini akan membantu Anda menghasilkan foto yang jernih dan Live Focus nantinya akan membantu memburamkan latar dengan lembut. 

harga Samsung A31

Fitur AI Beautification juga tidak ketinggalan dihadirkan oleh Samsung A31. Fitur ini cocok untuk Anda yang ingin hasil swafoto lebih mulus dan jelas. Namun, supaya fitur ini tidak terlalu berlebihan diaplikasikan dalam foto Anda, Anda bisa gunakan cukup sampai di level 5 saja. Tanpa fitur AI Beautification pun, hasil swafoto akan tetap apik dan wajah juga terlihat cerah. 

Dengan berbagai fitur tersebut, tidak mengherankan jika fitur kamera menjadi keunggulan utama dari Samsung A31. Hanya saja, dalam kamera Samsung A31 tidak disediakan fitur Night Mode yang sebenarnya cukup krusial untuk memotret di malam hari atau di ruangan yang minim cahaya. Disamping itu, fitur Super Steady juga tidak disediakan yang mana fitur itu bisa membantu hasil rekaman lebih stabil dan tidak goyang. 

Baca juga: Waspada Penipuan! Ini Cara Cek Samsung Asli

5. Kapasitas Baterai

Menjalani aktivitas yang super sibuk, pastinya membuat Anda harus memiliki ponsel yang tahan lama. Namun, dengan Samsung A31, nampaknya hal tersebut tidak perlu Anda risaukan. Hal ini karena Samsung A31 memiliki kapasitas baterai 5000mAh yang tahan berjam-jam.

Anda bisa dengan puas bermain game, streaming film, dan aktivitas lainnya dengan santai. Jika baterai habis, Samsung A31 mendukung fast charging 15W yang akan melakukan pengisian 0% hingga penuh hanya dalam waktu 90 menit saja. 

6. Fitur Keamanan

Untuk fitur keamanannya, Samsung A31 dibekali dengan in-display fingerprint scanner. Fitur tersebut tersedia secara langsung di dalam layar, bukan di bagian belakang atau samping ponsel. Fitur keamanan ini akan sangat membantu supaya tidak sembarang orang dapat mengakses ponsel Anda. Data-data dalam ponsel pastinya akan jauh lebih aman lagi. 

Harga Samsung A31 di Tahun 2023

Seperti yang sempat disebutkan di awal, harga Samsung A31 pada saat awal perilisannya di tahun 2020 ada dalam kisaran 4 juta. Lalu, bagaimana dengan harganya di tahun 2023 ini? Dari beberapa penelusuran di marketplace, harga Samsung A31 terbaru di tahun 2023 berada dalam kisaran Rp2.995.000 untuk RAM 6 dan memori internal 128GB. Sementara itu, untuk harga Samsung A31 RAM 8/128GB berada dalam kisaran Rp3.199.000. 

harga Samsung A31

Harga yang disebutkan tadi berlaku untuk ponsel dengan keadaan baru. Untuk ponsel Samsung A31 dengan kondisi bekas, harganya tentu bervariasi sesuai dengan kondisi pemakaian dari ponsel. Namun, secara umum, harganya berada dalam kisaran Rp1.680.000–Rp2.499.000. Turunnya harga Samsung A31 tersebut dari harga semula tentunya dipengaruhi oleh banyaknya ponsel keluaran terbaru dari merek Samsung di tiap tahun. Terlepas dari menurunnya harga tersebut, hal itu tidak memengaruhi kualitas dari ponsel ini. Banyak fitur yang masih up to date dan sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. 

Baca juga: Spesifikasi Samsung A20s dan Harga Terbaru 2022

Demikianlah ulasan singkat mengenai spesifikasi Samsung A31 beserta harga Samsung A31 yang terbaru di tahun 2023. Samsung A31 dinilai sebagai ponsel yang unggul di fitur kamera dan baterainya. Inilah yang membuat ponsel ini tetap jadi incaran meski sudah lewat 3 tahun sejak perilisan pertamanya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download