Waspada Penipuan! Ini Cara Cek Samsung Asli

04 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 22 Feb 2022

Dengan semakin larisnya smartphone Samsung di pasaran, kemunculan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan ini pun semakin sulit dihindari. Jika kamu tertarik membeli salah satunya, kamu harus tahu bagaimana cara cek samsung asli agar tidak menjadi korban oknum-oknum tersebut. 

Waspada Penipuan! Ini Cara Cek Samsung Asli

Baca juga: Nomor 5 Worth It! Inilah HP 2 Jutaan Terbaik 2022!

Para oknum nakal ini mencoba mendapatkan untung yang besar dengan menjual smartphone Samsung palsu atau KW. Meskipun terlihat sangat mirip dengan produk yang asli namuna harga jualnya sangat jauh lebih murah. 

Bagi orang awam tawaran ini tentu sangat menggiurkan sehingga rela mengeluarkan sejumlah uang demi mendapatkan smartphone Samsung KW. Karena itu, jika kamu belum tahu apa perbedaan antara produk asli dan KW, yuk cek dulu bagaimana cara cek samsung asli di artikel ini. 

Cara cek samsung asli dengan mudah

Setidaknya ada beberapa cara cek samsung asli saat akan membeli salah satu produknya. Ini harus kamu ketahui dengan baik, sehingga bisa terhindar dari penipuan dan membeli smartphone Samsung yang palsu. 

1. Kualitas fisik

Pertama-tama kamu bisa mengecek kualitas atau kondisi fisik dari smartphone yang akan kamu beli. Cara ini lebih mudah dilakukan karena ciri-ciri Samsung asli dan palsu bisa dilihat dengan mata kepala langsung. Berikut ini perbedaan-perbedaannya: 

  • Tampilan layar pada Samsung yang asli akan terlihat cerah sementara yang palsu layarnya lebih kusam
  • Gap yang ada di tepi layar dengan body smartphone Samsung palsu terlihat lumayan lebar
  • Logo Samsung palsu terasa kasar saat dipegang dan lebih mudah dihapus
  • Letak tombol home dan volume di Samsung palsu terlihat tidak seimbang atau proporsional
  • Samsung palsu juga tidak memiliki sensor yang lengkap
  • Spesifikasi baterai Samsung palsu sangat berbeda sekali dengan yang asli
  • Jika kamu membuka baterai Samsung palsu, ada beberapa komponen yang tidak pas dengan casing orinya. 
  • Smartphone samsung asli mempunyai body yang kuat dan tebal sedangkan yang palsu biasanya terbuat dari bahan semi plastik yang terasa lebih ringan.
  • Material yang digunakan dalam Samsung asli biasanya terasa lebih kasar saat disentuh dan ketika diketuk suara yang keluar terasa lebih dalam. 

2. Cek Nomor IMEI

Nomor IMEI adalah identitas ponsel yang terdiri dari 14 sampai 16 nomor. Saat kamu akan membeli smartphone Samsung, mengecek nomor IMEI harus banget kamu lakukan karena setiap smartphone punya nomor IMEI nya masing-masing. 

Kode unik ini sangat bermanfaat untuk mengetahui keaslian dari smartphone yang akan kamu beli. Caranya bisa dengan melihat box pembelian, stiker di casing belakang, nota pembelian, atau dengan mengakses kode *#06# di menu panggilan telepon (dial). 

Setelah kamu mengetahui nomor IMEI nya, kunjungi situs imei.info dan https://imei.kemenperin.go.id/ melalui browser smartphone milikmu atau orang lain. Dua situs tersebut akan menampilkan informasi mengenai smartphone Samsung yang bisa kamu cek. 

Sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin, sejak tanggal 20 April 2020 smartphone dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di Kemenperin tidak akan bisa digunakan untuk berkomunikasi. 

Dengan kata lain, smartphone tersebut hanya bisa digunakan untuk berfoto atau mendengarkan lagu saja. Oleh sebab itu, kamu harus cek apakah nomor IMEI smartphone incaranmu sudah terdaftar atau belum. 

3. Kode khusus Samsung

Cara yang ketiga bisa memanfaatkan kode-kode khusus pada smartphone Samsung. Kode ini adalah kombinasi dari angka dan juga simbol yang punya fungsi berbeda-beda. Kamu tinggal ketikan kode-kode berikut ini di menu panggilan (dial). 

Beberapa kode khusus Samsung yang sering dipakai: 

  • #12580*369#: untuk memunculkan informasi software dan hardware di dalam smartphone
  • *#1234# atau *#9999#: untuk mencari tahu versi software, Modem, PDA, dan CSC
  • *#0228#: untuk masuk ke dalam Samsung ADC Reading
  • *#197328640#: untuk masuk ke dalam Samsung Service Mode
  • *#0*#: untuk mengakses test mode
  • *#9998*246#: untuk menampilkan informasi tentang baterai dan juga memori
  • *#32489#: untuk memunculkan informasi ciphering Samsung
  • *#232331# atau #7828#: untuk masuk ke mode test bluetooth
  • *#232337#: untuk mencari tahu alamat bluetooth dari smartphone Samsung

Kamu bisa mengecek beberapa atau semua kode tersebut sekaligus, jika ada yang tidak berfungsi kemungkinan smartphone-nya palsu. Kamu harus melakukan pengecekan nomor IMEI lewat CS Samsung resmi untuk memastikannya. 

4. Kualitas kamera

Tidak bisa dipungkiri, kualitas kamera smartphone Samsung adalah salah satu yang terbaik diantara pesaing-pesaingnya. Bahkan dalam kondisi yang tidak terlalu banyak cahaya, kamera Samsung asli masih bisa mendapatkan gambar dengan detail yang jelas. 

Pada produk yang palsu atau KW, hasil kamera dalam kondisi minim cahaya akan dipenuhi oleh noise dan gambarnya lebih gelap. 

5. Tipe dan spesifikasi

Kamu juga bisa melihat keaslian smartphone Samsung dengan melihat tipe serta spesifikasinya. Caranya dengan mengakses bagian Pengaturan atau Setting lalu pilih menu Tentang Ponsel atau About Device. 

Setelah muncul tipe dan spesifikasinya, kamu tinggal mencocokannya dengan spesifikasi resmi yang ada di situs Samsung atau GSM Arena. 

Baca juga: Spesifikasi Samsung A52s 5G dan Harga Terkini 2022

6. Samsung Kies

Sama seperti Iphone maupun Xiaomi, Samsung pun mempunyai tools yang bisa digunakan untuk mendeteksi perangkatnya di komputer atau laptop. Jika cara-cara sebelumnya berhasil atau mengindikasikan bahwa produk incaranmu asli, Samsung Kies bisa membuatmu lebih yakin lagi.

Caranya dengan menginstall Samsung Kies di komputer atau laptop yang kamu miliki lalu hubungkan smartphone menggunakan kabel USB. Jika langsung terdeteksi maka bisa dipastikan produk tersebut asli. Sebaliknya, jika tidak terdeteksi maka produk tersebut palsu. 

7. Samsung Member

Setiap smartphone Samsung yang asli pasti sudah terdaftar dengan Samsung Member. Kamu bisa mengetahui keasliannya dengan memanfaatkan fitur ini. Caranya adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Samsung Member lalu pilih bagian “Get Help” yang ada di sebelah bawah
  • Setelah itu pilih ikon HP. Di sini akan tampil informasi nomor model, serial number, dan Nomor IMEI

8. Cek spesifikasi di aplikasi AIDA 64 atau CPU-Z

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengecek ulang spesifikasi smartphone menggunakan aplikasi AIDA 64 atau CPU-Z. Dua aplikasi ini bisa kamu install secara gratis melalui Google Play Store. 

AIDA 64 dan CPU-Z sendiri dapat menampilkan spesifikasi smartphone secara lengkap seperti seri, model, dan pengaturan-pengaturan lainnya. Bagusnya lagi, informasi yang ada di dalamya tidak bisa diedit oleh siapapun. Jadi bisa dipastikan terpercaya.

Baca juga: Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A51, A50, dan J2

Smartphone Samsung memang terkenal dengan harganya yang mahal namun ini masih wajar karena sesuai dengan kualitas yang diberikan. Oleh sebab itu, jangan mudah tergiur oleh harga yang murah. Lebih baik berhati-hati daripada menyesal kemudian. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download