Harga Proyektor Berdasarkan Jenis dan Spesifikasinya

26 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 25 Jul 2022

Proyektor merupakan perangkat yang dapat membantu menampilkan gambar, video, ataupun visual lainnya dari personal computer atau laptop ke sebuah layar. Proyektor dapat mengintegrasikan cahaya, sistem optik, elektronik dan display untuk ditampilkan. Ini dia Harga Proyektor.

Harga Proyektor Berdasarkan Jenis dan Spesifikasinya

Sumber: Pexels

Sebagaimana kata proyektor yang berarti perangkat ini dapat memproyeksikan suatu visual dari perangkat komputer atau laptop. Proyektor juga memiliki kelebihan berupa bentuknya yang portable dan mudah dibawa ke mana-mana. 

Proyektor kerap digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti presentasi, media informasi, dan media hiburan. Proyektor digunakan untuk menampilkan layar yang yang lebih besar agar dapat dilihat oleh banyak orang. 

Proyektor seringkali ditemukan di ruang kelas sekolah, ruang kelas kuliah, ataupun ruang meeting. Proyektor juga kerap ditemukan di berbagai acara, seperi acara nonton bareng pertandingan olahraga dan acara menonton film.

Baca juga: Nonton Gratis! Begini Cara Mencari Film di Telegram

Proyektor memiliki berbagai jenis dengan karakteristiknya masing-masing untuk digunakan di berbagai kegiatan. Berikut adalah beberapa jenis proyektor beserta harganya.

1. Proyektor DLP

Proyektor Digital Light Processing atau DLP juga biasa dikenal dengan proyektor micromirror device. Proyektor ini menggunakan kaca mikroskopis yang dapat disusun secara matriks dan diletakkan di atas chip dari bahan semikonduktor. 

Proyektor DLP ini juga memiliki kaca di dalam dengan jumlah yang sama dengan resolusi pada visual yang akan diproyeksikan. Terdapat tiga ukuran resolusi yang dapat ditampilkan oleh proyektor ini, yaitu 800 x 600, 1024 x 768, dan 1280 x 720. 

Cahaya yang dihasilkan oleh proyektor jenis ini akan mengenai filter warna yang akan menuju digital micromirror device yang akan diproyeksikan pada layar. Cara kerja dari proyektor DLP tidak hanya menyinari objek, tetapi juga mengolah objek dalam bentuk digital untuk diproyeksikan pada layar.

Berikut adalah contoh produk proyektor jenis DLP beserta harganya.

a. Proyektor Canon LV-X300

Proyektor ini memiliki resolusi 4:3 Pixel dengan resolusi maksimal 1600 x 1200 Pixel. Proyektor ini memiliki kecerahan maksimal 3000 lumen. Proyektor ini berdimensi 282 x 232 x 115 mm. 

Harga proyektor ini berkisar 7 sampai 10 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

b. Infocus Proyektor IN105

Proyektor ini memiliki resolusi maksimal sebesar 1600 x 1200 Pixel dengan kecerahan maksimal 3200 lumen. Proyektor ini memiliki mekanisme fokus secara manual dan memiliki dimensi sebesar 223 x 264 x 94 mm.

Harga dari proyektor ini berkisar antara 3 sampai 5 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

c. BenQ W2000

Proyektor ini memiliki resolusi 1920 x 1080 Pixel dengan kecerahan maksimal 2000ANSI. Proyektor ini berdimensi 380,5 x 121,7 x 277 mm. 

Proyektor ini dibanderol dengan harga kisaran 7 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

2. Proyektor LCD

Proyektor Liquid Crystal Display atau LCD memiliki Overhead Projector atau OHP yang merupakan data yang diproyeksikan adalah tulisan dari kertas bening. Proyektor ini memiliki cara kerja dengan menyinari objek transparan dan diarahkan pada layar oleh lensa pemantul. 

Kelebihan dari proyektor ini adalah dapat memfokuskan hasil proyeksi dengan mudah. Proyektor ini juga memiliki Transmissive Technology dalam aspek pencahayaannya.

Berikut adalah contoh produk proyektor LCD beserta harganya.

a. Cheerlux CL760 320 LCD Proyektor

Harga Proyektor Berdasarkan Jenis dan Spesifikasinya

Sumber: iprice.co.id

Proyektor ini memiliki resolusi 800 x 1280 Pixel dengan kecerahan maksimal 320 lumens. Proyektor ini juga dilengkapi konektivitas USB, VGA, HDMI, Wi-Fi, dan LAN serta memiliki fitur 3D Support dan Full HD.

Harga dari proyektor ini berkisar antara 2-5 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

b. Epson EB-965H

Proyektor ini memiliki resolusi dengan rasio 4:3 Pixel dan memiliki kecerahan maksimal sebesar 3500ANSI. Proyektor ini berdimensi 297 x 87 x 269 mm dan dilengkapi oleh konektivitas yang cukup lengkap.

Proyektor ini dibanderol dengan harga kisaran 10 sampai dengan 11 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

Baca juga: 6 HP yang Bisa Fast Charger, Spesifikasi dan Harganya

c. Epson EB-W31

Proyektor ini memiliki kecerahan maksimal sebesar 3200ANSI dan resolusi dengan rasio 16:10 Pixel. Proyektor ini memiliki fitur Full HD dan berbagai konektivitas seperti HDMI, MHL, USB, VGA, dan LAN.

Harga dari proyektor ini adalah kisaran 3 sampai 4 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

3. Proyektor LCOS

Proyektor Liquid Crystal On Silicon atau LCOS merupakan proyektor yang berteknologi hasil gabungan dari proyektor DLP dan LCD. Hasil proyeksi dari proyektor LCOS memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan LCD dan DLP. Bahkan, resolusi dari proyektor ini dapat mencapai 2048 x 1536 Pixel atau setara QXGA.

Cara kerja dari proyektor ini adalah dengan lapisan kristal cair yang mengarahkan cahaya dengan cara dipantulkan. Kemudian juga terdapat proses blok cahaya. Cara kerja dari proyektor ini merupakan hasil adopsi dari cara kerja proyektor LCD dan DLP.

Berikut adalah beberapa contoh produk proyektor jenis LCOS beserta harga dan spesifikasinya,

a. LG PH150G

Proyektor ini memiliki resolusi sebesar 1920 x 1080 Pixel dengan kecerahan 130 lumens. Proyektor dengan dimensi yang cukup kecil, yaitu 114 x 43 x 114 mm ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur konvektivitas.

Proyektor ini dibanderol dengan harga sekitar 4 sampai dengan 5 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

b. Magnasonic LED Pocekt Pico 

Proyektor ini memiliki kecerahan sebesar 25 lumen dengan resolusi maksimal 1920 x 1080 Pixel. Proyektor yang dirilis pada tahun 2013 ini memiliki dimensi sebesar 62 x 115 x 20 mm dan hanya berbobot sebesar 272 gram.

Harga dari proyektor ini adalah berkisar antara 2-3 juta rupiah. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

c. Canon XEED WUX6600Z

Harga Proyektor Berdasarkan Jenis dan Spesifikasinya

Proyektor ini memiliki kecerahan sebesar 6600 lumens (model laser) dan memiliki resolusi sebesar 1920 x 1200 Pixel. Proyektor ini merupakan salah satu yang terbesar dengan dimensi 480 x 196 x 545 mm dan memiliki bobot sekitar 17 Kilogram. 

Harga untuk proyektor ini adalah sekitar 165 juta rupiah atau sekitar 11 dollar Amerika Serikat. Harga dapat berbeda tergantung tempat dan waktu penjualan.

Baca juga: Jenis-jenis Kartu ATM BCA, Cara Membuat dan Limit Transaksi

4. Proyektor Digital

Cara kerja dari proyektor ini adalah dengan mengubah data atau visual dari perangkat untuk langsung ditampilkan pada layar melalui lensa. Proyektor ini memiliki teknologi dari proyektor LCD, teknologi dari DLP, dan intensitas dari CRT. 

5. Proyektor CRT

Proyektor Catoda Ray Tube atau CRT merupakan proyektor jenis lama yang memiliki teknis kerja dengan tiga CRT dan lensa pembesar untuk memproyeksikan visual. Teknologi lama yang digunakan ini membuatnya kalah saing dengan berbagai jenis proyektor lain yang mudah digunakan serta memiliki kualitas yang lebih baik.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download