Memilih Koper Terbaik: Fitur dan Harga Koper

27 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 27 Jul 2022

Koper adalah barang yang penting untuk dibawa ketika melakukan perjalanan ke luar kota atau keluar negeri. Koper adalah alat yang mampu membawa barang-barang pribadi yang kita butuhkan. Terlebih, fitur roda di koper semakin memudahkan penggunanya untuk membawa berbagai barang bawaannya tanpa merepotkan mereka. Ini dia lengkapnya tentang harga koper.

Baca Juga: Murah, Ini Spesifikasi Oppo A5S dan Harganya

Selain dapat memenuhi semua barang bawaan, koper juga haruslah terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga dapat menjaga barang-barang berharga yang dibawa ketika melakukan perjalanan. Ada dua jenis koper yang biasanya beredar di pasaran, yaitu koper hardcase dan koper softcase

Koper hardcase biasanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Koper jenis ini adalah koper dengan kondisi keamanan yang paling baik. Koper hardcase juga tidak mudah rusak akibat benda tajam, sehingga dapat mencegah terjadinya pencurian barang. Selain itu, koper hardcase juga dapat melindungi barang-barang di dalam koper secara maksimal karena kondisinya yang tahan terhadap benturan.

Jenis koper hardcase biasanya dilengkapi dengan kunci TSA (Transportation Security Administration) yang berguna untuk meningkatkan keamanan koper ini. Bahan polycarbonate adalah bahan yang baik bagi jenis koper hardcase karena memiliki daya tahan tinggi, namun memiliki bobot yang cenderung berat. Sementara, bahan polypropylene menawarkan hal yang lebih baik, yaitu bahan yang tergolong kuat namun tidak terlalu berat ketika dibawa bepergian.

Sementara, koper soft case dapat dikatakan lebih ringan dan udah dibawa ketika jarak perjalanan tergolong dekat. Koper hardcase biasanya memiliki banyak kantong, baik di luar maupun di dalam koper itu sendiri. Hal tersebut nantinya akan pula membantu pembawa koper karena barang akan lebih mudah dikelompokkan.

Baca Juga: Daftar Harga Airpods, Manakah yang Paling Menarik?

Tentunya, daya tahan koper soft case dapat dikatakan lebih rendah jika dibandingkan dengan koper hard case. Akan tetapi, ada beberapa bahan koper soft case yang dapat dipertimbangkan jika ingin memilih bahan koper yang bagus dan tahan lama. Produk koper soft case dengan bahan nilon biasanya menawarkan produk yang lebih awet, tidak mudah robek, bahkan tahan air. Produk ini biasanya lebih baik ketimbang produk koper soft case dari polyester.

Selain jenis-jenis koper (hardcase dan softcase), Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal jika ingin membeli sebuah koper.

Gambar 2. Foto koper. Sumber: Pexels.com 

  1. Ukuran Koper dan Lama Perjalanan

Ukuran koper sangat penting untuk dipertimbangkan karena hal tersebut akan memudahkan anda ketika melakukan perjalanan. Wajar saja, lama waktu perjalanan akan berpengaruh secara langsung kepada jumlah barang bawaan yang harus dimasukkan ke dalam koper.

Koper berukuran kecil biasanya cukup untuk dibawa bepergian dengan durasi di bawah tiga hari. Dengan ukuran yang kecil, akan pula memudahkan Anda untuk membawa koper tersebut dan koper dengan ukuran kecil tentunya sudah cukup untuk mengakomodasi seluruh barang bawaan Anda.

Akan tetapi, jika ingin bepergian dengan waktu yang lama, koper dengan ukuran yang lebih besar dapat menjadi pilihan. Terlebih, barang-barang bawaan seperti cenderamata yang dibeli ketika melakukan perjalanan dapat dimasukkan ke dalam koper tersebut.

Baca Juga: Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

  1. Warna Koper

Dalam memilih koper, warna koper juga tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan. Koper dengan warna yang gelap, lebih kerap digunakan oleh banyak orang, sehingga akan menyulitkan ketika harus mengambil koper dari bagasi.

Maka dari itu, koper dengan warna-warna yang cerah sangat disarankan untuk digunakan. Selain agar tidak tertukar dengan koper milik orang lain, koper dengan warna cerah juga akan memudahkan penggunanya untuk mengenali koper tersebut dengan cepat.

Gambar 3. Sumber: Pexels.com 

  1. Fitur Koper

Tips terakhir dalam memilih koper adalah perhatikan fitur yang ditawarkan. Biasanya, fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap produsen koper berbeda-beda, mulai dari handgrip hingga sistem penguncian yang aman.

Sebagai contoh, koper dengan resleting yang berukuran besar lebih disarankan untuk digunakan ketimbang koper dengan resleting kecil karena koper dengan resleting besar memiliki daya tahan yang lebih kuat. Selain itu, perhatikan pula lubang gembok pada resleting untuk mengunci koper menggunakan gembok.

Beberapa negara di Amerika dan Eropa kini telah menerapkan aturan yang mengharuskan para pelaku perjalanan untuk menggunakan kunci standar Travel Sentry Approved (TSA). Hal tersebut terjadi karena akan memudahkan petugas bandara dalam melakukan pemeriksaan tanpa harus merusak koper secara paksa.

Selain itu, jumlah roda dalam koper juga menjadi penting. Koper dengan jumlah roda dua biasanya lebih sulit untuk dibawa karena harus ditarik. Biasanya, koper-koper jenis ini diterapkan pada koper yang berukuran kecil.

Sementara, koper dengan roda empat biasanya akan memudahkan penggunanya karena koper akan lebih mudah ditarik dan didorong. Hal tersebut akan memudahkan penggunanya karena akan lebih praktis ketika membawa koper tersebut.

Guna mendapatkan hasil yang terbaik untuk menemani mobilitas kalian, berikut beberapa merk koper terbaik di Indonesia:

Harga Koper Terbaik

  1. Koper Polo

Merk Polo sudah terkenal di kancah pariwisata dunia. Merk ini bergerak di bidang fashion dan menjual berbagai macam produk dari koper hingga pakaian. Polo juga menyediakan koper dengan berbagai tipe, seperti tipe hardcase koper Polo memiliki varisi ukuran, seperti 16, 20, 22, 24, hingga 32 inch. Ada juga beberapa tipe koper Polo dengan dua roda maupun empat roda dan dilengkapi dengan teknologi 360 derajat.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan dan desain yang khas dari koper Polo, harga koper yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan sepadan, yaitu dari rentang harga Rp. 150.000 hingga Rp. 3.829.000

  1. Koper Samsonite

Samsonite adalah suatu merk tas yang pula menjual berbagai jenis koper dengan kualitas terbaik. Koper yang ditawarkan juga beragam, seperti koper hardcase dan softcase, dengan pula berbagai variasi ukuran dan tipe. Segala jenis tipe koper Samsonite juga telah dilengkapi dengan teknologi roda 360 derajat sehingga memudahkan pembawanya untuk membawa koper ini. 

Ukuran yang tersedia untuk koper Samsonite berkisar pada angka 20, 25, hingga 30 inch. Tidak hanya itu, Samsonite juga menyediakan koper khusus anak-anak yang dapat digunakan untuk membawa barang-barang anak di kabin pesawat. Harga yang ditawarkan untuk jenis koper ini berkisar pada angka Rp. 1.200.000-Rp. 12.000.000.

  1. Koper President

Merk koper President adalah salah satu merk dari Indonesia yang telah diekspor ke berbagai negara. Merk koper ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 18 inch hingga 32 inch. Hal ini akan memudahkan penggunanya untuk menyesuaikan kebutuhan mereka.

Selain hal tersebut, tipe koper President juga sudah dilengkapi dengan kunci TSA dan memiliki fitur roda yang dapat diputar 360 derajat sehingga mobilitas menjadi lebih mudah. Harga yang ditawarkan untuk koper ini berkisar pada angka Rp. 485.000 hingga Rp. 3.498.000

  1. Koper Xiaomi

Selain bergerak di bidang teknologi, Xiaomi juga merambah ke bidang fashion dan travel. Ukuran koper yang ditawarkan oleh Xiaomi juga berbagai macam, mulai dari ukuran 18 inch, 20 inch, hingga 24 inch. Selain unggul di bidang kualitas, produk koper Xiaomi juga sangat stylish dan dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk membawa banyak barang tanpa merasa begitu berat.

Harga yang ditawarkan oleh koper Xiaomi cukup terjangkau, harga-harga tersebut berkisar pada angka Rp. 898.000 hingga Rp. 9.004.400

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download