Harga Kitchen Set Berdasarkan Desain dan Bahannya

26 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 25 Jul 2022

Kitchen set merupakan istilah modern yang digunakan untuk menyebutkan bagian dapur pada rumah. Kitchen set biasanya memiliki beberapa furnitur dengan fungsinya masing-masing untuk membuat penggunaan dapur menjadi lebih efektif.

Harga Kitchen Set Berdasarkan Desain dan Bahannya

 Kehadiran kitchen set juga membuat dapur tidak hanya menjadi tempat untuk memasak, tetapi juga dapat menjadi tempat penyimpanan peralatan masak, makan, dan lainnya. Berbagai kabinet yang terdapat pada kitchen set juga dapat mengusung konsep multifungsi, yang mana dapat membuat satu furnitur memiliki berbagai fugnsi, sehingga ruang dapur menjadi lebih efektif. 

Selain sebagai fungsional, kitchen set juga dapat memiliki fungsi estetika atau artistik dalam memperindah ruang dapur. Hal tersebut akan membuat dapur terasa lebih nyaman ketika digunakan. 

Baca juga: Rekomendasi dan Harga Rak Piring Murah Terbaik

Berbagai kelebihan kitchen set tersebut membuatnya menjadi salah satu yang penting untuk dimiliki oleh keluarga di dalam rumah. Untuk memiliki kitchen set yang fungsional dan estetik, masyarakat harus merogoh kocek dengan harga yang beragam. Berikut adalah beberapa rekomendasi produk beserta harga kitchen set dikutip dari Ruparupa.com:

1. Pablo Kitchen Set 2 Unit

Kitchen set ini memiliki cukup banyak kabinet yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan. Kitchen set ini didominasi oleh warna cokelat yang dapat menciptakan kesan elegan. 

Kitchen set sederhana ini dibanderol dengan harga 2,5 juta sampai dengan 3,5 juta rupiah. 

2. Paige Kabinet Dapur

Kitchen set ini memiliki 13 rak dan 3 laci yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan dan peralatan masak dan makan. Kitchen set ini memiliki warna putih yang dominan dengan paduan warna cokelat pada alas.

Harga kitchen set ini berkisar antara 2,8 juta sampai dengan 4,5 juta rupiah.

3. Ivy Kabinet Dapur

Kitchen set ini memiliki perpaduan warna putih dan abu-abu yang menciptakan kesan elegan. Kitchen set ini juga dilengkapi dengan laci dan lemari untuk menyimpan berbagai peralatan masak dan makan.

Harga Kitchen Set Berdasarkan Desain dan Bahannya

Harga kitchen set ini dibanderol 3,8 juta hingga 7,6 juta rupiah.

4. Scott Kitchen Set Metal

Kitchen set ini memiliki kabinet yang lebih lengkap, yaitu terdapat wastafel. Kitchen set ini terbuat dari bahan metal yang kuat dan anti kokoh. Kitchen set ini didominasi oleh warna putih dan cokelat untuk memberikan kesan elegan.

Harga kitchen set ini adalah sekitar 5,5 juta sampai 8 juta rupiah. 

Baca juga: Cek Harga Koleksi Tas Mahal Artis Indonesia

5. Dakota 2 Kitchen Set 1,8 Meter

Kitchen set ini memiliki desain yang berkesan mewah dan elegan. Kitchen set ini didominasi dengan warna putih dan hitam serta dilengkapi oleh berbagai kabinet untuk menyimpan peralatan masak dan makan.

Harga dari kitchen set ini adalah sekitar 6,9 juta hingga 10 juta rupiah.

Selain kitchen set di atas, terdapat juga rekomendasi kitchen set lain dengan harga yang beragam pula. Dikutip dari rumah123.com, berikut adalah rekomendasi beserta harga kitchen set.

1. ARSA Furniture Customizable Kitchen Set

Kitchen set ini terbuat dari material kayu yang dilapisi cat khusus serta desain yang dapat disesuaikan dengan keadaan dapur. Kitchen set ini memiliki rak penyimpanan peralatan, area khusus lemari pendingin, sampai dengan countertop granit. Kitchen set ini mengusung konsep multifungsi sehingga tidak perlu membeli kabinet atau furnitur lain. 

Harga kitchen set dari ARSA Furniture ini adalah 1,8 juta rupiah. Namun harga tersebut dapat berubah tergantung dengan tempat dan waktu penjualan.

2. David Signature Black Modern Kitchen Set

Kitchen set ini memiliki model minimalis dengan warna hitam matte dominan yang membuat desain interior rumah menjadi lebih elegan dan mewah. Kitchen set ini juga memiliki rel laci soft closed dan engsel pintu yang mampu mengurangi suara bising ketika buka tutup kabinet. 

Kabinet dari kitchen set ini berbahan multiplek yang dilapisi HPL Taco. Kitchen set ini dibanderol dengan harga 3 juta rupiah, namun harga dapat berubah tergantung tempat dan waktu penjualan.

3. Sriwijaya Furniture Kitchen Set Minimalis

Kitchen set ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1 meter, tinggi 80 cm, dan lebar 40 cm atau 60 cm. Kabinet dari kitchen set ini terbuat dari material blokteak omega 18 mm. Kitchen set ini juga dilapisi supercon anti rayap.

Harga dari kitchen set ini adalah kisaran 1,9 juta sampai dengan 2 juta. Pembeli juga dapat memperoleh bonus berupa rak piring, rak sendok, ataupun lampu topi apabila terdapat harga promosi.

4. Chavihome White Minimalist Prodesign

Kitchen set ini memiliki warna putih kecokelatan dan terdapat beberapa kabinet untuk menyimpan peralatan masak dan makan. Kitchen set ini berdesain minimalis ini dapat dibeli secara terpisah ataupun dalam kesatuan. 

Harga kabinet terpisah kitchen set tersebut berkisar antara 750 ribu sampai dengan 5 juta rupiah. Pembeli juga dapat memilih berbagai variasi untuk kabinet yang dijual secara terpisah.

5. HPL Custom Set Lemari Dapur

HPL merupakan high pressure laminate yang mana digunakan dalam tahap finishing untuk membuat permukaan kitchen set menjadi lebih halus ketika disentuh. Kabinet dari kitchen set ini juga ditutupi oleh melaminto yang terbuat dari bahan melamin dan polyester.

Harga Kitchen Set Berdasarkan Desain dan Bahannya

Kitchen set yang memiliki warna hitam dominan ini dibanderol dengan harga 1,6 juta rupiah. Harga tersebut dapat berubah sesuai dengan tempat dan waktu penjualan.

Selain membeli paket kitchen set dari toko furnitur, masyarakat juga dapat membuat kitchen set sendiri dengan menyesuaikan harga dan kebutuhan. Pembuatan kitchen set sendiri dapat membuat kitchen set menjadi lebih variatif dengan warna yang disukai dan yang paling penting sesuai dengan dana yang dimiliki.

Langkah yang harus dilakukan untuk membuat kitchen set sendiri adalah menentukan desain, bahan material dasar, jenis finishing, serta luas kitchen set yang akan dibuat. 

Desain kitchen set yang dibuat dapat disesuaikan dengan fungsi yang dibutuhkan serta gaya yang disukai, seperti minimalis, elegan, ataupun disesuaikan dengan inferior rumah. Kemudian dari pemilihan material dan jenis finishing dapat mempengaruhi harga pembuatan kitchen set. Luasnya kitchen set yang akan dibangun juga menentukan seberapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan. 

Baca juga: Tips Memilih Stroller Bayi dan Rekomendasi Produknya!

Berikut adalah contoh perhitungan harga pembuatan kitchen set sendiri:

Komponen Kitchen SetBiaya
Kabinet atas (40x40x30 cm dan 40x40x100 cm)
MDF (medium density fibreboard) 1.500.000
Finishing dengan HPL (1×2 meter)72.500 
Aksesoris20.000
Kabinet bawah (120x50x80 cm)
MDF (medium density fibreboard)1.500.000
Finishing dengan HPL (1×2 meter)72.500
Aksesoris40.000
Table Top (120x60x3 cm)
Granit (Silver)950.000
TOTAL4.155.000

Berdasarkan contoh tersebut pembuatan kitchen set dengan kabinet atas dan kabinet bawah yang berbahan MDF serta finishing HPL menghabiskan biaya sekitar 4 juta rupiah. Biaya yang dikeluarkan tersebut belum termasuk ke dalam jasa pembuatan kitchen set dan perabotan lain. Biaya tersebut juga dapat berbeda karena harga material dan bahan lain yang cenderung berubah-ubah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download