Harga Emas Pegadaian Menurun, Ada Apa?

11 Feb 2021 by Andro
harga emas

Harga emas pegadaian dalam beberapa hari terakhir di bulan Februari ini terus mengalami penurunan. Dari cetakan emas UBS satuan dan juga Antam, 3 jenis emas yang dijual di Pegadaian tersebut terus mengalami kemerosotan harga selama 3 hari berturut turut selama awal Februari 2021.

Melansir dari situs resmi milik Pegadaian, harga emas pegadaian untuk UBS ukuran 0.5 gram 24 karat berada di harga Rp494.000, harga tersebut turun sekitar Rp4.000. Sementara itu, untuk ukuran 1 gram berada di harga Rp925. 000, harga tersebut turun Rp64.000 secara harian.

Untuk emas 24 karat Antam dengan ukuran terkecil yaitu 2 gram berada di harga Rp1.879.000, yang mana harga tersebut turun sekitar Rp29.000. Emas batangan UBS dengan ukuran sama berada di harga Rp1.848.000, turun Rp14.000 secara harian.

Untuk emas Antam dengan ukuran 5 gram berada di harga Rp4.619.000 dan harga emas batang 24 karat UBS dengan ukuran sama dipatok Rp4.521.000.

Untuk harga emas Antam cetakan 10 gram sendiri dibandrol di harga Rp9.179.000, sedangkan harga emas UBS 24 karat dibanderol Rp9.014.000.

Emas batangan Antam dengan ukuran 50 gram dijual seharga Rp45.546.000. Sedangkan, emas cetakan UBS dengan ukuran sama dijual seharga Rp44.486.000.

Lebih lanjut untuk harga emas 24 karat Antam dengan ukuran 100 gram dihargai Rp91.009.000 dan emas UBS dibanderol Rp89.737.000. Adapun, untuk ukuran 1.000 gram, Pegadaian hanya menyediakan cetakan UBS yang dibandrol seharga Rp901.485.000.

Mengapa Harga Emas Pegadaian Mengalami Penurunan ?

Emas merupakan salah satu benda yang memiliki nilai ekonomis tinggi paling cocok untuk dijadikan investasi. Tak heran apabila emas sangat diminati oleh banyak orang untuk dijadikan investasi.

Investasi emas sangat cocok untuk kamu yang memiliki tujuan dalam jangka panjang. Emas sangat mudah untuk diinvestasikan, harganya cenderung naik tiap tahunnya, dan mudah untuk mencairkannya. Apabila harga emas mengalami penurunan, nilai dari penurunan tersebut tidak terlalu signifikan.

Untuk saat ini, harga emas di dunia tengah dalam penurunan. Hal ini membuat berbagai tempat jual beli emas mengalami pengaruh yang cukup besar. Salah satunya adalah pegadaian. Harga emas pegadaian dalam 3 hari berturut turut ini mengalami penurunan hingga 1,1%.

Harga emas dunia mengalami penurunan diakibatkan karena terbebani oleh apresiasi dollar AS dan imbal hasil US Treasury yang lebih tinggi. Imbal yang tinggi  membuat beberapa pelarian mengamankan uang dari pasar emas.

Selain itu, faktor lain yang mengakibatkan harga emas dunia turun adalah supply-demand. Dimana saat supply meningkat maka harga yang ditawarkan semakin meningkat juga.

Kapan Kamu Bisa Membeli Emas ?

Sebelum kamu membeli emas, kamu harus memperhatikan waktu – waktu berikut karena waktu tersebut membuat perubahan besar terhadap harga emas. Apa saja itu ?

1.   Ketika Harga Dollar Melemah

Menginvestasikan hartanya dengan menggunakan emas. Kamu bisa membeli emas ketika keadaan dollar sedang  melemah dan rupiah menguat.

Ketika kondisi dollar melemah dan rupiah menguat, biasanya harga emas cenderung cukup murah. Hali ini biasanya dimanfaatkan oleh para investor emas, loh.

2.   Ketersediaan Emas di Dunia

Selain itu juga, kamu bisa membeli ketika ketersediaan stok emas tengah mengalami peningkatan. Apabila stok habis, harga emas didunia pasti akan sangat meningkat. Karena apabila kamu membeli emas ketika mengalami kelangkaan, bukan tidak mungkin bahwa harga emas akan melonjak.

3.   Adanya Isu Geopolitik

Adanya isu geopolitik antara dua negara atau lebih biasanya sangat berpengaruh terhadap pengaruh harga emas. Disini biasanya para investor melakukan pembelian emas secara besar besaran dikarenakan harga emas yang turun.

4.   Monopoli Emas Oleh Bank Sentral Dunia

Monopoli yang dilakukan oleh bank sentral dunia membuat harga emas melonjak naik sangat tajam. Hal itu diakibatkan karena persediaan emas menjadi langka akibat pembelian secara besar besaran oleh bank dunia yang bertujuan untuk mengamankan cadangan emas mereka.

Dimana Tempat Aman Untuk Menginvestasikan Emas ?

Untuk kamu yang sudah memutuskan untuk melakukan investasi emas, kamu tidak selalu harus menginvestasikannya di lembaga keuangan. Kamu bisa mencoba melakukan investasi di tabungan emas pegadaian. Melakukan investasi di tabungan emas pegadaian ini sangatlah mudah, murah, aman, dan tepercaya, loh.

Banyak sekali keuntungan keuntungan yang kamu dapatkan apabila kamu melakukan investasi emas di tabungan emas pegadaian. Apa saja itu ?

  • Program di tabungan emas pegadaian membuat kamu bisa menggadaikan dan menjadikan emas sebagai barang jaminan.
  • Keamanan utuk menginvestasikan emas disini sangat terjamin.
  • Buat kamu yang perlu uang secara tiba tiba, kamu bisa mencairkan dananya secara cepat.
  • Di tabungan emas pegadaian, untuk pembelian mulai dari 0,01 gram dengan harga terjangkau.
  • Untuk melakukan top-up, kamu hanya perlu melakukannya di aplikasi pegadaian digital service.

Banyak sekali bukan keuntungan yang kamu dapatkan ketika melakukan investasi di tabungan emas pegadaian ?

Nah, buat kamu yang ingin melakukan investasi emas di tabungan emas pegadaian namun belum memiliki uang yang cukup untuk membeli emas, jangan khawatir. Kamu bisa, loh, melakukan pinjaman online di kredit pintar.

Aplikasi Peminjaman Online Terpecaya

kredit pintar

Kredit pintar merupakan salah satu aplikasi peminjaman online terpercaya untuk kamu yang memerlukan dana secara cepat. Untuk melakukan pinjaman online di kredit pintar tidaklah sulit seperti pada aplikasi aplikas peminjaman lainnya. Kamu cukup memerlukan KTP dan handphone untuk melakukan pinjaman tanpa syarat rumit.

Banyak sekali keunggulan keunggulan yang kamu dapatkan apabila melakukan pinjaman online di kredit pintar ini, loh.

  • Bunga dan biaya layanan rendah
  • Melakukan pinjaman online di kredit pintar sangatlah cepat dan juga praktis.
  • KTA aman.
  • Pembayaran pinjaman online di kedit pintar ini sangat mudah.
  • Privasi dan keamanan kamu dijamin.
  • Layanan costumer service 24 jam yang akan selalu membantu kamu.

Kamu tidak perlu khawatir ketika melakukan pinjaman online di kredit pintar. Mengapa ? Karena kredit pintar ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK)  yang artinya kredit pintar ini sudah berizin dan pastinya segala kepentingan kamu disini sudah dilindungi serta terjamin.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan investasi emas di tabungan emas pegadaian tetapi belum memiliki uang yang cukup. Kamu bisa melakukan pinjaman online di kredit pintar, loh. Selain karena prosesnya yang mudah, jumlah  pinjaman yang diberikan juga cukup besar, loh, sekitar Rp 20.000.000,-.

Selain itu, kamu harus memperhatikan harga emas pegadaian ketika membeli emas untuk dijadikan investasi. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan keuntungan ketika akan membeli nanti. Usahakan agar menjual emas ketika harga emas sedang naik supaya mendapatkan profit yang besar.