Harbolnas, Harinya Diskon Besar-Besaran

08 Mar 2021 by David David
hari belanja online nasional

Sudah tidak asing rasanya mendengar kata-kata harbolnas. Bagaimana tidak, ajang yang hampir setiap tahun diadakan ini, menjadi ajang yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pemburu diskon. Pada ajang kali ini, hampir semua e-commerce Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dll, memberikan diskon dengan jumlah yang cukup fantastis. 

Harbolnas itu sendiri merupakan singkatan kata dari Hari Belanja Nasional. Hari Belanja Nasional tersebut dapat menjadi media promosi terbaik bagi seluruh e-commerce di Indonesia. Selain itu, harbolnas juga dapat meningkatkan transaksi digital dan merangsang masyarakat untuk berbelanja secara online. 

Sejarah Singkat Harbolnas

Harbolnas atau Hari Belanja Nasional selalu diadakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Desember. Pada momen ini, hampir semua e-commerce akan berlomba-lomba memberikan promo besar-besaran, baik berupa potongan harga hingga gratis ongkos kirim. 

Sejarah dimulainya Harbolnas diprakarsai oleh beberapa e-commerce terbesar di Indonesia pada tahun 2012. Adapun platform e-commerce yang pertama kali mengadakan Harbolnas tersebut adalah Lazada, Blanja, Zalora, Bukalapak, PinkEmma dan Berrybenka. Diadakannya Harbolnas dalam hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa berbelanja online bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Penyelenggaraan Harbolnas di Indonesia, terinspirasi dari praktik yang sama di beberapa negara besar. Salah satunya yang menjadi inspirasi adalah Cyber Monday, yang diadakan setelah perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat.  

Pada saat Cyber Monday ini, berbagai e-commerce di Amerika akan memberikan promo dan diskon yang cukup besar dan gila-gilaan. Hal tersebut dilakukan agar e-commerce dapat  menarik konsumen sebanyak-banyaknya.  

Sejak pertama kali dilaksanakan, Harbolnas mendapatkan respons positif yang ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat yang berpartisipasi dalam perayaannya. Pada akhirnya, Harbolnas menjadi sebuah event yang terus diadakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Desember.

Tips Sukses Berburu Promo Saat Harbolnas

Ketika Harbolnas, akan ada banyak tawaran diskon menggiurkan, yang sanggup membuat kalap mata. Jika tanpa perhitungan dan pertimbangan yang tepat, kantong kamu akan terkuras habis. Oleh karena itu, diperlukan beberapa strategi jitu dalam mendapatkan barang yang sesuai, tanpa membuat kantong jebol. Berikut adalah tips sukses berburu saat Harbolnas yang bisa kamu terapkan.

1.    Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum berburu promo Harbolnas, hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah, menentukan barang apa yang diinginkan. Pastikan barang tersebut benar-benar merupakan kebutuhan yang menjadi prioritas utama. Setelah itu, mulailah melakukan riset seputar review dan penilaian barang.

Apabila review dan penilaian barang yang kamu inginkan sudah bagus, selanjutnya kamu perlu melakukan riset toko. Dalam hal ini, kamu perlu memperhatikan kredibilitas toko, dengan cara memastikan bahwa toko yang dipilih benar-benar terpercaya. 

2.    Menentukan Budget Yang Akan Dikeluarkan

Ketika berbelanja, tak jarang uang yang dikeluarkan ternyata melebihi budget yang tersedia. Hal ini terjadi karena, timbulnya sifat konsumtif yang terdorong akibat tawaran diskon yang besar. Untuk dapat menghindari hal tersebut, perlu dilakukan penentuan budget terlebih dahulu.

Penentuan budget dilakukan di awal, sebelum melakukan pemilihan barang. Perlu diperhatikan bahwa, budget disini harus disesuaikan dengan kemampuan. Setelah itu, pastikan barang yang dipilih dapat memberikan manfaat sesuai dengan harga yang ditawarkan.

3.    Buatlah Wishlist

Wishlist merupakan daftar dari beberapa barang yang diinginkan. Wishlist ini sangat penting, agar pembelian barang dapat lebih terkontrol. Hal ini akan sangat membantu dalam mengurangi pengeluaran yang berlebih.

Tanpa wishlist, kemungkinan akan terjadi pembelian barang secara berlebihan, dalam jumlah yang besar, dan di luar budget yang tersedia. Selain itu, karena adanya iming-iming diskon, kita justru membeli barang yang tidak diperlukan, dan pada akhirnya melupakan barang yang benar-benar diperlukan.

4.    Pastikan Sumber Uang

Setiap proses transaksi berbelanja, baik itu dengan harga normal maupun dengan harga diskon, keduanya pasti membutuhkan uang. Oleh karena itu, meskipun dalam konteks Harbolnas yang notabenenya banyak memberikan potongan harga yang besar, kamu tetap harus memperhatikan budget dan sumber uang yang akan digunakan untuk berburu diskon Harbolnas. Apakah dari uang tabungan, ataupun melalui kredit. 

Apabila kamu memutuskan untuk menjadikan pendanaan kredit sebagai sumber keuangan, pastikan kamu memilih pinjaman online terbaik. Hal ini penting, mengingat banyak pinjaman online yang membuat nasabahnya kesusahan dengan bunga yang besar dan perjanjian yang tidak jelas.

5.    Pastikan Koneksi Internet Stabil

Harbolnas diadakan oleh para penjual online dan platform e-commerce di seluruh Indonesia. Karena keduanya merupakan platform belanja digital yang hanya dapat diakses secara online, maka koneksi internet menjadi hal yang paling penting dari kesuksesan perburuan diskon.

Tanpa koneksi internet, tentu saja kamu tidak dapat mengakses toko online ataupun platforma e-commerce tadi, untuk merayakan Hari Belanja Online Nasional ini. Oleh karena itu, pastikan kamu mempunyai koneksi internet terlebih dahulu.

Nah itulah dia tips-tips sukses dalam melakukan perburuan promo Harbolnas. Promo yang diadakan ketika Harbolnas dapat membawa kesenangan dan kepuasan  karena konsumen mendapatkan keuntungan. Kemudian timbul pertanyaan, jika para penjual menawarkan diskon besar-besaran seperti itu, lalu dari mana mereka akan mendapatkan keuntungan? 

Keuntungan Harbolnas Bagi Penjual

  1. Penjualan. Pada saat Harbolnas, penjual akan tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan, karena dalam hal ini mereka tidak akan menawarkan barang dengan harga yang lebih rendah dari harga produksi. Kalaupun harus menawarkan harga di bawah harga produksi, penjual pasti telah memiliki strategi tertentu yang akan mendatangkan keuntungan.
  2. Meningkatkan trafik toko. Pada saat Harbolnas, banyaknya aktivitas online yang dilakukan oleh pembeli, dalam hal ini akan meningkatkan trafik toko. Meningkatnya trafik toko ini kemudian akan dapat meningkatkan penjualan toko tersebut.
  3. Momen untuk mempelajari kompetitor. Harbolnas menjadi momen yang tepat bagi penjual untuk mempelajari kompetitornya. Dengan meningkatnya trafik toko-toko pada saat Harbolnas, para penjual akan saling mempelajari strategi satu sama lain, sehingga akan ditemukan sebuah formulasi strategi yang unggul.
  4. Database. Dalam setiap transaksi yang terjadi pada saat Harbolnas, setiap data konsumen yang melakukan pembelian akan tersimpan di database. Hal ini dapat menjadi keuntungan bagi penjual, karena ia kemudian telah mendapatkan database konsumen, yang penting sebagai bahan pertimbangan ketika melakukan promosi. Dengan database konsumen, penjual akan dapat lebih mudah dalam memetakan target promosi ini.

Demikianlah penjelasan mengenai seluk-beluk Harbolnas yang rutin dirayakan dengan diskon dan promo yang meriah. Karena hanya dirayakan sekali dalam setahun, perayaan yang satu ini akan sangat disayangkan jika sampai terlewat, terutama jika penghambat utamanya adalah uang.

Saat ini, sudah banyak platform yang menyediakan pinjaman online terbaik. Salah satunya yang dapat menjadi alternatif dalam hal ini adalah Kredit Pintar. Platform yang menawarkan pinjaman ini dapat mewujudkan keinginanmu untuk merayakan Harbolnas dengan berburu diskon dan promo menarik. Kredibilitas pinjaman online terbaik yang satu ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak pertama kali beroperasi sejak tahun 2017, Kredit Pintar telah melayani jutaan peminjam dengan total pinjaman sebanyak Rp 12 Triliun. Untuk itu, tunggu apa lagi? Segera ajukan aplikasimu di pinjaman online terbaik yang satu ini.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload