Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Patreon

01 Jul 2021 by Laruan
Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Patreon

“Apa itu Patreon?” mungkin itu adalah pertanyaan yang muncul pertama kali saat melihat kata ini. Karena jujur saja, platform ini masih cukup asing di kalangan masyarakat Indonesia. Sebenarnya bagaimana sih cara kerja Patreon? Kita coba bahas sedikit secara umum dulu yuk, biar lebih mudah dimengerti keseluruhannya.

Platform modern ini mengambil konsep klasik sponsor. Secara historis, seniman seperti pelukis, musisi, dan penulis terkadang mengandalkan sponsor donor kaya untuk membiayai pekerjaan mereka. Patreon mengambil konsep inti itu dan memungkinkan audiens untuk membiayai seniman dan kreator yang mereka sukai dengan tarif bulanan yang terjangkau. 

Apa itu Patreon?

Patreon adalah platform crowdfunding yang memungkinkan penggemar (atau pelanggan) membayar dan mendukung artis untuk pekerjaan mereka. Untuk produser video, komik web, musik, podcast, dan banyak lagi. Patreon memungkinkan penggemar untuk berkontribusi pada platform artis favorit mereka. Banyak dari kreator ini adalah influencer, fotografer di Instagram, komedian di Youtube, dan artis. Menggunakan Patreon, kreator ini membuat fasilitas dan tingkatan untuk pelanggan, menawarkan konten eksklusif dan akses ke pekerjaan mereka dengan imbalan dukungan finansial.

Cara Kerja

Patreon membantu kreator mengelola proyek mereka melalui situs web. Alat desain halaman sederhana memungkinkan kreator menambahkan karya seni dan teks ke halaman yang terlihat di publik untuk menarik pelanggan. Kreator kemudian dapat merancang beberapa tingkat keanggotaan dan menentukan apa hadiah premium yang akan diberikan.

Bagian tertentu dari situs web Patreon hanya terlihat oleh kreator, untuk membantu mengelola layanan di belakang layar. Di bagian “Pelanggan” di bilah navigasi, ada alat pelacak dan pengingat untuk memberikan hadiah untuk setiap tingkat keanggotaan. Ini juga dilengkapi alat obrolan dan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kreator dapat menyiapkan survei bagi pelanggan untuk mengakses kepuasan dan melacak pendapatan mereka ke proyek.

Mekanisme Patreon

Platform ini memungkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan dari pendukung yang setia. Tetapi bagaimana mekanismenya bagi penggunanya? Menggunakan Patreon sederhana saja. Kreator menyiapkan halaman untuk pembayaran berlangganan dari pelanggan dengan menawarkan fasilitas atau insentif tertentu, dan donatur dapat menjanjikan sejumlah uang tertentu berdasarkan tingkatan dan fasilitas tersebut. 

Kreator juga dapat memilih untuk menyiapkan halaman mereka untuk pembayaran per proyek, bukan pembayaran bulanan. Biasanya digunakan oleh kreator yang hanya membuat 4 karya per bulan, opsi ini memungkinkan kreator untuk dibayar setiap kali mereka membuat konten, menghilangkan tekanan yang muncul dengan jadwal bulanan. Namun, rata-rata, donor membayar sekitar $12 per bulan.  Situs ini memungkinkan kreator untuk menyiapkan konten berbayar khusus pelanggan saja (yang hanya terlihat oleh pelanggan dan menagih mereka untuk melihat konten). 

Minat untuk Bergabung dengan Patreon

Patreon sangat penting bagi banyak kreator karena memungkinkan mereka untuk terlibat secara langsung dan pribadi dengan penggemar. Dengan bantuan sponsor, para kreator dapat mendukung diri mereka sendiri dan pekerjaan mereka. Platform ini adalah bukti bahwa hubungan antara kreator dan penggemar terus berkembang. Platform ini telah melihat pertumbuhan yang luar biasa dan sekarang menjadi rumah bagi lebih dari 1 juta donor aktif bulanan dan 50.000 kreator. 

Setelah mengetahui apa itu Patreon dan cara kerja yang mudah, apa Sobat Pintar tertarik untuk menjadi sponsor? Mungkin saja Sobat Pintar berpikir untuk mendukung youtuber dan penulis online favorit Sobat Pintar dengan Patreon. Tapi sayangnya Sobat Pintar tidak punya uang yang cukup. Tenang saja, kan ada aplikasi pinjaman instan dari Kredit Pintar! Dengan Kredit Pintar, Sobat Pintar dapat menerima pinjaman instan dengan tingkat bunga bersaing. Selamat mencoba!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Jul 2021
mobile-closeKredit PintarDownload