Gejala, Penyebab, dan 6 Cara Mengatasi Penyakit Maag

05 Jul 2021 by Laruan

Tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit maag merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan umum kita temui di masyarakat. Penyakit yang satu ini menjadi lumayan populer dalam 2 dekade terakhir karena perubahan gaya hidup di masyarakat yang cukup signifikan. Hal ini bukanlah suatu hal yang positif, apalagi mengingat bahayanya penyakit ini yang bisa mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan tepat dan segera. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyimak ulasan kami tentang tanda,pemicu, dan tips mencegah penyakit maaf, apalagi jika Sobat Pintar adalah salah satu penderita penyakit ini.

Gejala, Penyebab, dan 6 Cara Mengatasi Penyakit Maag

Gejala

Bagi mereka yang sudah memiliki penyakit maag atau pernah mengalaminya, maka kemungkinan besar mereka sudah cukup tidak asing dengan beberapa tanda dari penyakit ini. Beberapa tanda penyakit asam lambung tinggi diantaranya adalah rasa nyeri dan seperti terbakar di ulu hati dan lambung, rasa mual dan ingin muntah, susah makan, rasa pusing di kepala hingga ke bagian tengkuk, seringnya bersendawa dan buang gas, rasa sakit di bagian punggung, serta perut kembung. Jika tanda-tanda tersebut sudah mulai terasa, maka ada baiknya Anda segera mengkonsumsi obat maag yang banyak beredar di pasaran, baik itu yang berbentuk cair maupun berbentuk tablet. Jika tanda-tanda tersebut masih saja muncul setelah seharian Anda mengkonsumsi obat asam lambung tinggi, maka segera periksakan ke dokter, khususnya dokter spesialis penyakit dalam.

Penyebab

Pada dasarnya, penyakit maag muncul karena produksi asam lambung berlebih dan karena penyakit asam lambung tinggi ini sangat berhubungan erat dengan sistem pencernaan, khususnya lambung, maka tidak mengherankan jika penyakit ini memiliki banyak pemicu. Penyebab penyakit asam lambung tinggi diantaranya adalah pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol, berkafein, dan bersoda, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, berlemak, berminyak, bersantan, dan beragi, kebiasaan makan yang terlalu cepat dan kurang mengunyah sehingga kerja lambung lebih berat dalam mencerna makanan yang masih utuh, stres yang berlebihan, serta sering begadang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyakit maag menjadi lebih sering bermunculan dalam 2 dekade terakhir ini dikarenakan oleh perubahan gaya hidup di masyarakat yang signifikan. Tentunya, hal tersebut sangat berkaitan dengan berbagai pemicu penyakit asam lambung tinggi yang sudah disebutkan barusan, karena pemicunya semakin sering dilakukan di masyarakat kita dalam 2 dekade terakhir ini, seperti contohnya adalah kebiasaan begadang dan tingkat stres di masyarakat yang meningkat.

Cara Mengatasi Maag

Setelah mengetahui berbagai tanda dan pemicu penyakit maag, maka hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah tips mencegah penyakit ini. Walaupun terdapat cukup banyak produk obat asam lambung tinggi yang beredar di pasaran, namun tetap saja penderita penyakit ini begitu banyak. Sebab, penyakit maag merupakan merupakan kategori penyakit OCD (Obsessive Compulsive Disorder) atau penyakit berulang-ulang yang akan terus menerus terjadi atau kambuh jika penderitanya tidak berusaha untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit ini kambuh. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit ini.

1. Mengkonsumsi obat maag saat muncul tanda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi maag adalah dengan cara mengkonsumsi obat asam lambung tinggi saat tanda-tandanya seperti yang sudah disebutkan di atas muncul. Karena pada dasarnya penyakit maag adalah akibat dari produksi asam lambung yang berlebih, maka obat-obat yang bisa dikonsumsi adalah obat-obat yang mengandung Aluminium Hydroxide dan Magnesium Hydroxide untuk mengobati lambung serta obat-obatan yang masuk ke dalam kategori Ranitidine yang berfungsi untuk mengurangi produksi asam lambung. Untungnya, merk dan jenis obat-obatan tersebut banyak dijual bebas di pasaran dan mudah untuk didapatkan walaupun ada beberapa yang memiliki harga yang relatif mahal.

2. Membiasakan diri untuk memiliki pola makan yang teratur

Salah satu pemicu utama dari penyakit maag adalah kebiasaan makan yang tidak teratur. Oleh karena itu, salah satu tips mencegah penyakit ini adalah dengan membiasakan diri untuk memiliki pola makan yang teratur. Bagi penderita asam lambung tinggi, makan secara sering hingga 5-6 kali dalam sehari dengan porsi yang tidak terlalu banyak di waktu yang sama setiap harinya jauh lebih baik daripada makan 3 kali sehari dengan porsi yang banyak. Bahkan, bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung tinggi akut atau kronis, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ringan setiap 1 jam sekali untuk menghindari kambuhnya penyakit ini.

3. Mengkonsumsi lebih banyak minuman teh hangat secara rutin

Cara mengatasi penyakit asam lambung tinggi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak minuman teh hangat secara rutin. Dalam hal ini, air hangat itu sendiri dapat menghangatkan lambung sehingga dapat mencegah asam lambung tinggi dan teh yang baik bagi kesehatan juga dapat meredakan stres yang bisa menjadi pemicu dari penyakit asam lambung tinggi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi teh hangat, baik itu teh manis maupun teh tawar, jika penyakit maag sedang kambuh.

4. Mengkonsumsi kunyit secara rutin

Karena populernya penyakit maag di masyarakat saat ini, maka beredarlah isu di masyarakat bahwa kunyit memiliki khasiat untuk mengobati penyakit asam lambung tinggi. Isu tersebut benar adanya karena kunyit mengandung senyawa antioksidan dan anti peradangan yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk penyakit ini. Percaya atau tidak percaya, tidak ada salahnya bagi para penderita penyakit asam lambung tinggi untuk mencoba mengkonsumsi kunyit secara rutin, apalagi mengingat bahwa kunyit sudah digunakan sebagai obat tradisional dari zaman dahulu sehingga manfaatnya bagi tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

5. Membiasakan pola hidup sehat

Berdasarkan penjabaran berbagai pemicu penyakit asam lambung tinggi di atas. Dapat disimpulkan bahwa kebanyakan penyebabnya adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, tentunya salah satu tips mencegah penyakit asam lambung tinggi adalah dengan membiasakan pola hidup sehat, seperti membiasakan diri untuk mengunyah makanan berkali-kali sebelum ditelan, menghindari begadang, menghindari stres berlebih, mendapatkan istirahat yang cukup, berhenti merokok dan menghindari minuman-minuman yang mengandung alkohol, kafein, dan soda, mengurangi konsumsi makanan yang pedas dan berlemak, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah bisa menjalani itu semua secara rutin dan teratur, maka niscaya penyakit asam lambung tinggi Anda akan jauh lebih jarang kambuh.

6. Berobat ke dokter

Cara mengatasi asam lambung tinggi yang terakhir adalah berobat ke dokter, khususnya jika penyakit maag Anda sudah kambuh dan kronis dengan gejala seperti muntah berkali-kali, sangat sulit untuk mencerna makanan, dan rasa pusing di kepala seperti berputar-putar yang membuat Anda bahkan sulit untuk berdiri. Namun, jika Anda memiliki masalah keuangan untuk berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda hanya perlu mengajukan pinjaman uang ke beberapa perusahaan kredit online seperti Kredit Pintar agar Anda memiliki uang yang cukup untuk pengobatan penyakit asam lambung tinggi Anda.

Itulah sekilas tentang gejala, penyebab, dan 6 tips mencegah penyakit maag. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit yang cukup berbahaya ini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload