Gaji Jurnalis dan Berbagai Tanggung Jawabnya

13 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Sep 2023

Apapun pekerjaannya, setiap karyawan pasti membutuhkan yang namanya gaji. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat untuk memperoleh gaji atau upah. Salah satunya adalah pekerjaan sebagai jurnalis. Berapakah gaji jurnalis di Indonesia?

Ingin Jadi Jurnalis? Ini Kode Etik Jurnalistik yang Harus Kamu Tahu! -  Tribunnews.com Mobile

Jurnalis sendiri merupakan pekerjaan yang bergengsi dan tidak mudah untuk didapatkan. Untuk bisa menjadi salah seorang jurnalis Indonesia, Anda perlu menempuh pendidikan jurnalis di perguruan tinggi terlebih dahulu. Kalau Anda menyukai tantangan, menjadi jurnalis adalah pilihan yang sangat cocok.

Pekerjaan yang Mempengaruhi Gaji Jurnalis

Sebelum menerima upahnya, jurnalis yang juga disebut sebagai wartawan, harus melakukan berbagai pekerjaan jurnalistik seperti misalnya menulis, melakukan analisis, serta melaporkan peristiwa tertentu kepada publik dengan menggunakan media massa.

Pekerjaan tersebut harus dilakukan secara teratur. Kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh para jurnalis bisa dilaksanakan di berbagai jenis media massa seperti radio, majalah, media online, dan tentunya televisi. Masyarakat menganggap jurnalis sebagai wakil suara rakyat.

Baca juga: Cara Mencicil Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan

Dalam proses produksi pemberitaan, jurnalis tidak bekerja sendirian tapi bekerjasama dengan editor. Editor akan melakukan pemeriksaan terhadap isi dari konten sehingga kualitas laporan yang dirangkum oleh jurnalis bisa tetap terjaga saat diterima oleh masyarakat.

Berbagai Fakta Mengenai Karir Jurnalisme

Sebelum mencari informasi tentang gaji jurnalis lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Di bawah ini adalah beberapa informasi dan fakta yang cukup menarik mengenai karir di bidang jurnalisme. Kalau Anda tertarik dengan bidang pekerjaan ini, cari tahu semua faktanya.

1. Kuliah ilmu komunikasi

Jurnalisme adalah pilihan karir yang sangat cocok bagi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bidang ilmu komunikasi. Semua bekal pengetahuan yang didapatkan selama kuliah, terutama mengenai teknik menulis akan sangat berguna.

Pengetahuan dan kemampuan menulis yang sangat bagus di media massa bisa sangat bermanfaat saat Anda bekerja sebagai seorang reporter maupun seorang redaktur.

2. Wajib suka membaca

Agar bisa memperoleh gaji jurnalis profesional, Anda perlu memiliki kemampuan public speaking yang bagus. Tapi selain itu Anda juga harus suka membaca buku sehingga akan selalu update dengan berbagai berita terbaru. Wawasan Anda pun juga akan menjadi semakin luas.

Siapkan diri untuk selalu mempelajari berbagai hal baru. kembangkan juga rasa percaya diri sehingga Anda bisa tampil di hadapan umum dengan lebih berani dan yakin. Dan karena pekerjaan ini sangat dinamis, seorang jurnalis tidak boleh manja.

3. Tuntutan dibalik gaji jurnalis

Banyak masyarakat yang masih mengira bahwa profesi jurnalis, terutama wartawan, hanya sekedar menulis, liburan, dan bertemu dengan banyak orang penting. Padahal pekerjaan sebagai jurnalis tidak mudah karena dipenuhi dengan tuntutan yang sangat tinggi.

Berbagai tuntutan tersebut membuat para jurnalis tidak bisa berlibur sesuka hati. Wartawan juga tidak bisa seenaknya pergi ke daerah lain tanpa adanya penugasan dari pihak redaksi. Bahkan saat ditugaskan ke daerah tertentu pun jurnalis belum tentu akan bisa menikmati tempat wisata disana.

Dan ketika harus melakukan wawancara dengan beberapa narasumber, jurnalis juga harus berlomba dengan sesama wartawan lainnya. Ada yang harus berhimpitan, bertubrukan, dan bahkan terjepit doorstop saat mengejar narasumber yang sulit ditemui.

Baca juga: 10 Motor Termahal di Dunia, Mewah Sesuai Harganya!

Wow Keren! Kenali 8 Tugas Profesi Hakiki Seorang Wartawan atau Jurnalis -  Portal Pekalongan

Berbagai Peran Serta Tanggung Jawab Jurnalis

Ada banyak pekerjaan yang wajib dilakukan oleh seorang jurnalis. Dengan memahami apa saja tanggung jawab serta tugas seorang jurnali, Anda bisa memperkirakan berapa gaji jurnalis yang akan diterima dan menilai apakah gaji tersebut sesuai dengan tanggung jawabnya atau tidak.

  • Seorang jurnalis perlu menulis, menganalisis, serta melaporkan suatu kejadian kepada publik secara teratur dengan memanfaatkan media massa.
  • Jurnalis juga perlu melakukan pemeriksaan terhadap suatu informasi dan memastikan bahwa informasi yang nantinya akan disampaikan tersebut bersifat autentik.
  • Seorang jurnalis akan melakukan wawancara terhadap suatu narasumber sehingga bisa mendapatkan informasi yang akurat untuk kemudian disampaikan kepada masyarakat.
  • Jurnalis perlu menjaga komunikasi yang baik dengan narasumber dan warga agar informasi yang diberikan bisa bersifat berkelanjutan.

Seorang jurnalis wajib mempunyai beberapa keahlian dan pengetahuan agar bisa memperoleh gaji jurnalis yang lebih baik dan bisa meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Beberapa keahlian serta pengetahuan yang perlu dimiliki oleh setiap jurnalis antara lain:

  • Kemampuan untuk berpikir secara kritis.
  • Kesanggupan untuk melakukan suatu proses analisis.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.
  • Kesanggupan untuk bekerja dalam suatu tim.
  • Pemahaman jurnalistik yang mendalam.
  • Penguasaan bahasa asing agar bisa berbicara dengan berbagai narasumber yang bisa jadi berasal dari negara lain.

Jika Anda mempunyai seluruh keahlian serta kesanggupan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang jurnalis, jangan sia-siakan kesempatan yang terbentang. Karena dibalik pekerjaan sebagai jurnalis, ada berbagai pilihan karir lain yang bisa Anda raih.

Jenjang Karir dan Perjalanan Gaji Jurnalis

Permulaan karir seorang jurnalis selalu diawali dengan posisi sebagai wartawan atau reporter yang meliput peristiwa di lapangan secara langsung. Kemampuan sebagai seorang reporter adalah bekal yang dibutuhkan untuk meraih jenjang karir yang berikutnya.

Jenjang karir seorang jurnalis berbeda-beda, tergantung pada kinerja jurnalis serta media tempat kerjanya. Tapi biasanya, media online dan media cetak mempunyai pola jenjang yang kurang lebih sama. Hanya media elektronik yang gaji jurnalis dan jenjang karirnya agak berbeda.

1. Reporter

Seorang jurnalis di media elektronik seperti radio dan TV serta di media cetak akan mengawali karir sebagai reporter. Istilah lain untuk reporter adalah stand upper dan video journalist. Beberapa media televisi juga menyebut reporter sebagai seorang produser lapangan.

2. Asisten produser atau asisten redaktur

Setelah reporter memperoleh promosi, biasanya reporter akan meraih pekerjaan sebagai asisten redaktur atau asisten produser.

3. Produser atau redaktur

Jurnalis yang bekerja di media cetak dan telah meraih promosi akan menerima jabatan sebagai seorang redaktur. Sedangkan jurnalis di media elektronik, khususnya TV, akan mendapatkan jabatan berupa produser. Istilah lain yang juga sering digunakan adalah coordinator liputan.

4. Produser eksekutif atau redaktur pelaksana

Kedua posisi ini sebenarnya sama saja, hanya dibedakan pada tempat kerja jurnalis yang berhasil meraih jabatan dan mendapat kenaikan gaji jurnalis. Biasanya, untuk bisa meraih posisi ini, seorang jurnalis harus memiliki pengalaman kurang lebih 15 tahun.

Baca juga: Ukuran Post Instagram Ideal Agar Hasil Lebih Jernih

5. Wakil pemimpin redaksi

Merupakan posisi yang tertinggi kedua dalam dunia pemberitaan. Posisi diatasnya adalah pemimpin redaksi.

6. Pemimpin redaksi

Merupakan posisi tertinggi atau puncak dalam perjalanan karir jurnalis. Pemimpin redaksi mempunyai pengalaman yang sangat banyak dalam dunia jurnalistik. Kemampuan manajemen yang dimilikinya juga sangat mumpuni.

Upah Jurnalis di Berbagai Media

Upah atau gaji jurnalis berbeda-beda, tergantung dimana jurnalis tersebut bekerja. Menurut AJI atau Aliansi Jurnalis Independen yang ada di Jakarta, daftar upah jurnalis adalah:

  • Media online atau darling: antara Rp 2.500.000 hingga Rp 7.700.000.
  • Upah jurnalis di media cetak: antara Rp 2.750.000 sampai Rp 8.450.000.
  • Media elektronik berupa radio: antara Rp 1.000.000 hingga Rp 5.100.000.
  • Upah jurnalis di media elektronik TV: antara Rp Rp 2.500.000 hingga Rp 7.000.000.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download