Spesifikasi Laptop Gaming Dell G15 yang Baru Saja Rilis

09 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 10 Nov 2021

Akhir September 2021 lalu, Dell Technologies merilis dua laptop baru sekaligus. Dua laptop tersebut ialah Dell G15 dan Dell G15 Ryzen Edition. Buat kamu yang sedang mencari laptop gaming harga terjangkau, laptop keluaran Dell ini dapat mencari opsi terbaik. Pasalnya, kedua laptop tersebut relatif terjangkau daripada Alienware m15 Series. Kali ini akan disajikan ulasan mengenai harga, spesifikasi, dan fitur laptop Dell G15.

Screen15,6 inciFull HD ResolutionRefresh rate 120 Hz or 165 Hz or 300 Hz
CPUMencapai Intel Core i7-10870H
GPUMencapai Nvidia GeForce RTX 3060Dynamic Boost
RAMMencapai 32 GB
Ruang PenyimpananMencapai SSD 512 GB
KeyboardRGB
Other FeaturesTemperature Cruise Control (TCC)
ColorsSpecter Green with speckles, Dark Shadow Grey, & Phantom Grey with speckles.

Spesifikasi dan Fitur yang Dimiliki Dell G15

Bagi kamu yang menyukai laptop dengan bodi tipis, Dell G15 merupakan pilihan yang tepat. Laptop ini memang didesain dengan bodi ramping dan menampilkan layar dua sisi. Bodi ramping tersebut dilapisi oleh cat waterborne yang memiliki kandungan VOC rendah. Sementara pada bagian dalam, desain termal yang terinspirasi dari Alienware dipilih supaya aliran udara menjadi lebih maksimal. Desain tersebut akan mampu mendinginkan laptop dan mengoptimalkan pembuangan panas.

Dari segi layar, laptop ini cukup memuaskan karena memiliki layar 1080[ 15,6 inci. Refresh rate-nya sendiri berada pada angka 120 Hz, 165 Hz, atau 300 Hz. Kemudian, dari sisi ruang penyimpanan, laptop ini juga tergolong besar. Dell menyematkan RAM mencapai 32 GB dan SSD 512 GB. Kalau kamu merasa belum puas dengan angka tersebut, kamu dapat meng-upgrade RAM dan penyimpanan tersebut.

Berikutnya beralih ke bagian mesin pacu Dell G15. Laptop ini ditenagai oleh Intel Core Generasi ke-11 beserta GPU Nvidia GeForce RTX 30 Series. Pada GPU yang disematkan di laptop ini, terdapat fitur Dynamic Boost yang mampu meningkatkan performa laptop. 

Tidak berhenti di situ, laptop ini juga memiliki fitur Temperature Cruise Control (TCC) yang mampu menyetel temperatur maksimal laptop saat digunakan untuk bermain game. Ada juga fitur Game Shift yang dapat difungsikan untuk meningkatkan kinerja sistem pendinginan laptop saat kamu memakainya untuk bermain game. Uniknya, kamu hanya perlu menekan satu tombol untuk mengaktifkan fitur tersebut, yakni tombol F9. Dengan begitu, tak heran kalau laptop ini menjadi salah satu rekomendasi laptop gaming terbaik dengan harga bersahabat.

Perbandingan G15 dengan G15 Ryzen Edition

Meskipun dirilis secara bersamaan, tetapi kedua versi laptop keluaran Dell ini memiliki sedikit perbedaan. Apabila dilihat dari luar, kedua laptop ini nyaris tidak memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya lebih kepada sisi dalamnya, yakni pada bagian CPU dan GPU. Jika pada versi regulernya ditenagai Intel Core i7 11800H, versi Ryzen ini dibekali prosesor AMD Ryzen 7 5800H. Sedangkan pada GPU-nya, Ryzen Edition dibekali pengolah grafis mencapai Nvidia GeForce RTX 3050 dan 3050 Ti.

Perbedaan lainnya antara kedua laptop ini adalah dari segi harga yang ditawarkan. Dell G15 dapat kamu amankan dengan uang sebesar Rp21.499.000. Sedangkan untuk mendapatkan Dell G15 Ryzen Edition, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp16.599.000. Perbedaan harga tersebut tentu didasari pada spesifikasi dan fitur yang dimiliki keduanya.

Keunggulan dan Kelemahan Laptop Dell

Supaya kamu lebih yakin untuk membeli laptop Dell, kamu perlu mengetahui keunggulan dan kelemahannya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak hanya berpatokan pada harga, spesifikasi, dan fitur yang dimiliki saja. Berikut beberapa keunggulan laptop yang diproduksi Dell dibandingkan laptop yang lain.

  1. Memiliki Bodi yang Kokoh

Produk yang berasal dari Amerika Serikat ini memang dikenal memiliki bodi yang kokoh. Hal itu tidak terlepas dari bahan casing yang dipilih, yakni Chromium. Bahkan, beberapa seri laptop yang diproduksi oleh Dell juga dilindungi dengan baja. Hal itu tentu saja makin memberikan kenyamanan penggunanya karena memiliki laptop yang kokoh terhadap guncangan. Selain itu, laptop yang diproduksi oleh Dell juga memiliki sentuhan modern sehingga tampak lebih menawan.

  1. Main Game? Gass

Dalam beberapa tahun terakhir, game memang semakin digemari oleh berbagai kalangan. Selain asyik dimainkan dengan ponsel, game juga asyik jika dimainkan dengan laptop/PC. Buat kamu yang hobi nge-game, laptop Dell merupakan salah satu rekomendasi laptop gaming yang tidak boleh dilewatkan. Usai berhasil dengan Alienware, Dell juga meluncurkan laptop gaming G15 Series yang terdiri atas Dell G15 dan G15 Ryzen Edition.

Kedua seri laptop gaming tersebut memang dirancang khusus buat pengguna yang hobi bermain game. Tak heran jika di dalamnya terdapat fitur-fitur yang mendukung penggunanya dalam bermain game, salah satunya fitur Game Shift yang sudah diulas sebelumnya.

  1. Ada Pelayanan Khusus

Keunggulan berikutnya yang dimiliki oleh laptop Dell ialah adanya service center. Dengan adanya service center, kamu tidak perlu panik saat terjadi masalah pada laptop. Kamu juga tidak perlu repot-repot mendatangi kantor untuk mendapatkan penanganan pada laptopmu. Kamu hanya perlu menghubungi atau memanggil teknisi ke rumah agar laptop yang bermasalah segera diperbaiki.

  1. Ramah Lingkungan

Keunggulan lain yang pantas dibanggakan oleh Dell ialah upayanya untuk mendukung kampanye ramah lingkungan. Upaya nyata yang dilakukan oleh Dell ialah melalui Dell’s Ocean Plastics Packaging. Perusahaan asal Negeri Paman Sam ini berhasil menyulap limbah plastik menjadi produk kelas atas. Tercatat ada 7,5 ton limbah plastik di lautan yang berhasil diolah oleh Dell. Atas kesuksesannya, Dell dianugerahi Environmental Leader Award pada tahun 2017 silam.

Selain keunggulan laptop Dell, tidak ada salahnya untuk mengetahui kelemahan atau kekurangannya. Kekurangan yang tampak dari luar pada laptop ini adalah desain yang cenderung kaku. Meskipun memiliki desain yang kokoh, tetapi eksterior laptop ini kurang menarik. Buat kamu yang tidak begitu memperhatikan desain, hal itu tidak menjadi masalah serius.

Kekurangan kedua dari laptop ini adalah belum meratanya service center yang ada. Kehadiran service center yang disediakan Dell memang sangat membantu, terutama saat laptop bermasalah. Kendati demikian, pelayanan khusus tersebut masih terbatas di beberapa wilayah di Indonesia. Hal itu cukup disayangkan karena pengguna akan mengalami kesulitan ketika laptopnya bermasalah.

Kurang lebih itulah ulasan lengkap mengenai laptop gaming Dell G15, mulai dari harga, spesifikasi, dan fitur, serta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki. Buat kamu yang tertarik dengan laptop keluaran Dell tersebut, kamu harus sedikit bersabar. Pasalnya, masyarakat Indonesia baru bisa memiliki laptop tersebut pada akhir Oktober 2021. Kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk mempertimbangkan dan menabung terlebih dahulu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download