Contoh Bisnis Model Canvas Makanan? Lihat di Sini!

22 Dec 2022 by kreditpintar, Last edit: 27 Dec 2022

Contoh bisnis model canvas makanan penting untuk para pebisnis tahu. Business plan merupakan salah satu hal yang penting dan wajib untuk dimiliki jika akan membangun sebuah bisnis.

Tidak terkecuali pada bisnis makanan, model canvas ucapkan harus jelas supaya mengetahui tujuan dari bisnis kamu. Sebelum melihat contoh bisnis model canvas (BMC) makanan untuk bisnis yang akan kamu mulai, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa definisi dari business model canvas.

Baca juga: Cara Membuka Bisnis Bagi Pemula

Ini Dia Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

Business model canvas merupakan strategi pengelolaan bisnis dengan melibatkan gambar dan desain. Setelah itu, gambar dan desain tersebut dikerucutkan menjadi beberapa aspek bisnis agar menjadi sebuah strategi bisnis utuh yang mudah untuk dipahami.

Metode ini sangat sederhana daripada bisnis plan pada umumnya. Dengan bisnis model canvas, kamu bisa memetakan alur strategi bisnis dengan lebih efektif dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

Baca juga: Ini Daftar 10 Bisnis yang Akan Booming di Tahun 2022

Tujuan Bisnis Model Canvas 

Pembuatan contoh bisnis model canvas makanan memiliki tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya. Strategi yang dijalankan pun menjadi lebih terstruktur karena adanya panduan yang jelas. Tujuan dari pembuatan bisnis model canvas lebih detailnya seperti berikut: 

  1. Merangkum business plan dalam konsep yang lebih padat dan jelas.
  2. Mempermudah para pebisnis yang masih pemula untuk menentukan alur jalannya bisnis mulai  yang paling dasar.
  3. Sebagai media justifikasi atau penentuan terhadap potensi bisnis yang akan dijalankan.
  4. Mempersiapkan proposal dalam bentuk baru untuk mendapatkan seorang investor.

Elemen Bisnis Model Canvas 

Business model canvas merupakan penemuan yang luar biasa. Pasalnya, temuan ini dapat meringkas bisnis plan setebal 20 sampai 40 halaman hanya dalam satu lembar canvas. Untuk memudahkan pebisnis dalam membuat bisnis model canvas, beberapa elemen-elemen dalam bisnis model canvas ini: 

1. Value Proposition

Elemen yang pertama dalam bisnis model canvas yaitu value proposition. Elemen ini merupakan dasar dari bisnis atau produk apapun terutama pada produk makanan. Value proposition merupakan sebuah keunikan dari produk kamu yang melihat dari sisi nilai konsumen. Elemen ini yang menjadi keunggulan dan pembeda dari produk kamu dengan produk lainnya.

2. Customer Segment

Customer segment adalah kategori yang menjadi kelompok individu berdasarkan jenis kelamin, usia, minat, dan juga kebiasaan belanja. Tidak hanya itu, penting untuk kamu mengerti seberapa besar market size dan juga segmen pelanggan supaya dapat memahami lebih dalam mengenai konsumen kamu.

Untuk mempermudahnya, kamu dapat membuat costomer personal atau biasa disebut dengan personal pelanggan pada setiap segmennya. Dengan membuat customer person, kamu akan lebih gampang mengenali siapa saja target pasar.

3. Channels

Elemen ini berguna untuk membantu menyebarluaskan informasi tentang bisnis kamu. Channel bisa terdiri dari media sosial, email marketing, pemasaran mesin pencari, SEO, PR, marketing, dan juga blog. Kamu bisa menerapkannya untuk contoh bisnis model canvas makanan.

4. Key Resource

Key resources adalah sumber daya yang kamu butuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Beberapa yang termasuk dalam key resource ini seperti peralatan kantor, ruang kantor, kendaraan, listrik, internet, dan koneksi.

5. Revenue Streams

Revenue streams atau sumber pendapatan adalah sumber bisnis dalam memperoleh pendapatan dari para pelanggan. Penting bagi kamu untuk mengelola revenue streams dengan maksimal agar dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis.

6. Customer Relationship

Elemen ini juga sangat penting karena dapat menjaga hubungan baik dengan customer merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam sebuah bisnis. Hari ini juga akan berdampak pada image brand dan produk kamu secara keseluruhan. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

7. Key Activities

Key activities dapat mencakup seluruh aktivitas yang berhubungan dengan produk bisnis. Hari ini bertujuan supaya menghasilkan proporsi nilai untuk produk kamu.

8. Key Partnership

Key partnership atau biasa disebut mitra utama merupakan daftar dari perusahaan atau pemasok yang akan membantu kamu untuk menjalankan bisnis. Pihak eksternal ini sangat penting untuk memenuhi sebuah kepuasan pelanggan kamu.

9. Cost Structure

Cost structure merupakan elemen terakhir dalam bisnis model canvas. Elemen ini nantinya yang akan membiayai operasional bisnis kamu. Kamu juga wajib untuk memperhitungkan biaya operasional dalam skema ini. Tidak hanya itu, kamu juga harus pintar dalam mengatur manajemen keuangan nantinya agar bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Sampingan Karyawan untuk Tambah Penghasilan

Bisnis Model Canvas Makanan yang Dapat Kamu Terapkan

Bisnis makanan merupakan sebuah bisnis yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan kemudahan itu, maka banyak orang yang menjalankan bisnis pada bidang makanan

Sebagai bisnis model canvas makanan, misal kamu ingin menjalankan bisnis ayam geprek dengan nama “Geprek Mantul”. Berikut merupakan contoh bisnis model canvas makanan untuk bisnis Geprek Mantul kamu:

1. Value Proposition

Geprek Mantul merupakan ayam geprek yang berbeda daripada yang lainnya. Tidak hanya dari segi kualitas ayam yang terdiri dari dua pilihan yaitu ayam broiler dan ayam kampung dengan memiliki kualitas tinggi, tetapi juga dari jenis-jenis sambal yang memiliki citarasa khas dan beragam. Setiap sambalnya memiliki level kepedasan sendiri. Selain itu, keunikan dari Geprek Mantul ini yaitu ada pada sayuran sebagai pendampingnya.

2. Customer Segment

Target pasar dari Geprek Mantul ini merupakan orang-orang di kota besar dengan cakupan kelompok kaum milenial yang lebih besar.

3. Channels

Promosi Geprek Mantul dilakukan melalui media sosial seperti Twitter dan juga Instagram. Selain itu, prematur juga bekerjasama dengan beberapa influencer makanan sehingga promosi tersebar secara luas. Sementara untuk media offline rumah terdapat diskon atau promo 50% tanpa minimal pembelian.

4. Key Resources

Sumber daya yang dibutuhkan oleh Geprek Mantul untuk dapat beroperasi merupakan peralatan masak seperti kompor, wajan, hingga kulkas. Sebagai media pencatat transaksi penjualan, juga membutuhkan alat kasir.

5. Revenue streams

Revenue streams merupakan elemen dari contoh bisnis model canvas makanan. Sumber utama pemasukan Geprek Mantul berasal dari penjualan menu makanan kerjasama Go Food ataupun secara offline.

6. Customer Relationship

Salah satu cara yang digunakan oleh Geprek Mantul untuk menjamin hubungan dengan konsumennya yaitu dengan melakukan beberapa aktivitas di media sosial seperti promo atau kuis.

7. Key Activities

Sejumlah aktivitas yang menjadi kunci penting dalam Geprek Mantul adalah proses transaksi, memasak ayam, layanan take away, dan pengiriman melalui Go Food.

8. Key Partnership

Geprek Mantul bekerja sama dengan beberapa pihak untuk memperlancar bisnis seperti pemasok ayam, sayur-sayuran, cabai, bumbu, dengan ojek online dan layanan pembayaran.

9. Cost Structures

Pengeluaran dilakukan untuk sewa tempat jualan, menggaji karyawan, dan membeli bahan baku. Dengan perhitungan sebagai pemasukan sebulan dan dikurangi dengan seluruh biaya pengeluaran, Geprek Mantul masih mendapatkan keuntungan dengan nilai lebih dari 10 juta per bulannya. 

Nah, itulah ulasan tentang contoh bisnis model canvas makanan yang bisa kamu terapkan. Dengan membaca ulasan ini para calon pebisnis bisa menjalankan sebuah bisnis tanpa ragu. Pastikan mengikuti elemen-elemennya dengan benar supaya bisnis dapat berjalan lancar dan sukses. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Dec 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download