8 Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri, Wajib Diketahui!

26 Feb 2024 by kreditpintar, Last edit: 27 Feb 2024

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri mungkin bisa terlihat dengan jelas. Namun bagi yang belum terbiasa menerima paket dari luar negeri, mungkin akan sulit menyadari ketika aksi penipuan tengah berlangsung. Jika dibiarkan hal ini akan menyebabkan kerugian, bahkan dengan nilai yang tak terduga. Agar tidak tertipu, penting untuk mengetahui apa saja ciri-ciri oknum penipu untuk paket luar negeri. Hal ini mungkin akan sedikit berbeda dengan oknum penipu paket dalam negeri, karena beberapa perbedaan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut ciri-ciri penipuan paket dari luar negeri, simak terus artikel ini sampai selesai.  

Baca juga: Waspada Joki Pinjol dan Kenali 3 Cara Menghindarinya

Penipuan Paket Luar Negeri

Di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini, masyarakat mendapatkan banyak manfaat, salah satunya yaitu kemudahan dalam berbelanja. Semua kebutuhan dan keinginan bisa terpenuhi hanya dalam satu sentuhan pada layar ponsel pribadi. Setelah berhasil melakukan checkout, barang pesanan dapat dikirimkan dari seluruh wilayah ke depan pintu rumah. 

Pengiriman paket saat ini pun bisa dibilang sudah sangat mudah untuk dilakukan, bahkan untuk pengiriman dari luar negeri. Saat ini, layanan pengiriman internasional telah mampu mengakomodasi jangkauan yang lebih luas dengan efisiensi tinggi. 

Meskipun begitu, nyatanya praktik pengiriman paket ini masih sarat akan aksi penipuan, terutama untuk paket yang datang dari luar negeri. Ketika menerima paket dari luar negeri, kita perlu membayarkan biaya bea cukai atau clearance. Hal inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh pelaku untuk menipu korbannya.

Korban yang lengah atau kurang teliti, tentu bisa kehilangan uang dan pada akhirnya mengalami kerugian. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut dapat dicegah dengan mengetahui ciri-ciri penipuan paket luar negeri. Ketahui dan pelajari ciri-ciri ini agar tidak mudah tertipu ke depannya. 

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Para oknum penipu paket luar negeri, biasanya akan memanfaatkan ketidaktahuan korban mengenai sistem pengiriman, serta keinginan untuk mendapatkan penawaran yang lebih bagus. Untuk itu, ketahuilah dulu seluk-beluk pengiriman paket dari luar negeri sebelum bertransaksi. Selain itu, hal penting lainnya yang tidak bisa dilewatkan adalah membekali diri dengan pengetahuan akan ciri-ciri penipuan paket luar negeri. Beberapa ciri yang dapat dikenali dengan mudah sebagai praktik penipuan untuk paket dari luar negeri di antaranya adalah sebagai berikut. 

Mendekati via media sosial

Ciri penipuan yang pertama yaitu pelaku mendekati via media sosial. Pertama-tama, pelaku akan memperkenalkan diri dan memberitahu adanya paket luar negeri. Mengenai hal ini, jangan langsung percaya kepada orang tak dikenal yang menghubungi melalui media sosial. 

Memberi penawaran tak masuk akal

Biasanya, penipu juga akan memberikan penawaran yang sangat menggiurkan namun terasa tidak masuk akal. Biasanya, pelaku akan memberikan harga yang jauh lebih murah dari tarif normal, dengan embel-embel diskon atau diskon berbatas waktu. Jika menemui ciri ini, jangan langsung terburu-buru mengirimkan uang. 

Memakai bahasa yang tidak profesional

Pelaku penipuan umumnya menggunakan bahasa informal yang tidak profesionall. Selain menggunakan bahasa informal, biasanya penulisan atau pengucapan bahasa Inggris pelaku juga banyak yang keliru. Pada beberapa kasus, pelaku bahkan menggunakan bahasa yang kasar dan mengandung ancaman. 

Meminta data pribadi lainnya

Saat melakukan penipuan, oknum pelaku juga meminta data pribadi lainnya. Mereka bisa meminta email, alamat rumah, nomor kartu identitas, nomor rekening, atau bahkan nomor kartu kredit, dengan alasan untuk verifikasi identitas. Sebenarnya, data pribadi tersebut akan disalahgunakan untuk aksi penipuan lainnya. 

Meminta biaya clearance

Ciri-ciri pelaku penipuan paket luar negeri yang paling banyak ditemui yaitu meminta biaya clearance. Mereka akan berdalih bahwa paket sudah sampai di Indonesia, namun masih tertahan di bea cukai. Untuk itu, pelaku akan meminta sejumlah uang agar paket yang tertahan tersebut bisa dilepaskan, padahal paketnya juga tidak ada. 

Menggunakan kontak yang tidak resmi

Pelaku penipuan paket pasti menggunakan kontak yang tidak resmi atau tidak terverifikasi, baik itu nomor telepon maupun alamat emailnya. Biasanya, pelaku akan menggunakan nomor telepon internet atau nomor telepon yang sulit dilacak. Untuk emailnya sendiri, pelaku akan menggunakan alamat email palsu yang mirip dengan nama perusahaan jasa pengiriman atau bea cukai. 

Menggunakan resi dan jasa pengiriman palsu

Pelaku penipuan juga akan menggunakan nomor resi dan jasa kurir palsu. Untuk resi ini harus diperhatikan dengan saksama, karena biasanya dibuat benar-benar mirip dengan yang aslinya. Di samping itu, pelaku juga akan mengaku memiliki perusahaan pengiriman, lengkap dengan situs, nomor telepon, dan akun media sosialnya, yang semuanya itu tentu juga palsu. 

Pelaku lebih dari satu orang

Untuk penipuan paket luar negeri, biasanya pelaku berjumlah lebih dari satu orang. Para pelaku akan bekerja dalam satu tim yang terdiri dari beberapa orang, untuk memperdaya targetnya. Nantinya, akan ada yang berperan sebagai penjual atau pengirim paket, ada yang berperan sebagai kurir, bahkan ada juga yang berperan sebagai bea cukai. 

Baca juga: Bagaimana Cara Dapat Uang 500rb Sehari Tanpa Modal?

Tips Terhindar dari Penipuan Paket Luar Negeri

Agar terhindar dari penipuan, kita perlu mewaspadai ciri-ciri dari penipuan itu sendiri. Kita juga dapat menerapkan beberapa tips untuk memperkecil atau bahkan meniadakan celah bagi oknum penipu dalam melancarkan aksinya. Langsung saja, berikut ini beberapa tips terhindar dari penipuan paket luar negeri.

Sebuah gambar berisi tas, mode busana

Deskripsi dibuat secara otomatis
  1. Jangan mudah tergiur penawaran yang terlalu bagus
  2. Bertransaksi di perusahaan terpercaya dengan kredibilitas yang jelas.
  3. Bertransaksi melalui situs resmi. 
  4. Mengecek kebenaran nomor telepon dan alamat email melalui mesin pencarian. 
  5. Memastikan adanya nomor resi, kemudian mengecek nomor resi tersebut melalui situs resmi jasa pengiriman. 
  6. Tetap rasional dan teliti mengulik informasi mengenai paket yang akan diterima dari luar negeri

Demikian penjelasan singkat mengenai ciri-ciri penipuan paket dari luar negeri yang perlu diwaspadai, serta tips yang dapat diterapkan untuk menghindarinya. Perlu diingat bahwa di zaman kecanggihan teknologi yang serba mudah ini, peluang kejahatan juga semakin besar, jadi kita perlu lebih kritis dan teliti dalam segala hal. 

Untuk urusan pengiriman paket luar negeri, jangan terlalu berpatokan untuk mendapatkan harga semurah-murahnya, karena hal tersebut bisa berarti penipuan. Jika terkendala biaya untuk pengiriman paket luar negeri, kamu bisa mengajukan pinjaman online melalui Kredit Pintar. Kredit Pintar menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan nominal Rp600 ribu hingga Rp 10 juta untuk berbagai kebutuhan. 

Baca juga: Mau Daftar CPNS 2024? Simak Pembaruan Syaratnya di Sini

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Feb 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download