Cara Mudah Cek Resi SiCepat

06 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 22 Feb 2022

SiCepat yang merupakan jasa ekspedisi terbaik saat ini. Dimanapun berada, Sobat Pintar bisa cek resi SiCepat dengan mudah. Lalu bagaimana cara untuk bisa cek resi Sicepat? Ikuti terus ulasannya berikut ini. 

Cara Mudah Cek Resi SiCepat

Baca juga: Tes IQ Online Gratis dan Resmi yang Wajib Dicoba! | Kredit Pintar

Mengenal Tentang Resi Pengiriman 

Cara Mudah Cek Resi SiCepat

Tapi sebelum Sobat Pintar tahu caranya, lebih baik mengenal lebih dalam tentang resi pengiriman. Dimana memang setiap mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi nomor resi ini akan sangat penting kedepannya. Sehingga ketika mendapatkan resi pin jangan sampai Sobat Pintar buang begitu saja. 

Sebenarnya apa itu resi pengiriman? Secara garis besar resi pengiriman adalah nomor unik yang wajib diberikan oleh jasa ekspedisi kepada pengirim. Dimana dalam resi ini sendiri akan tertera berbagai macam informasi penting. 

Misalnya adalah nama penerima dan pengirim, alamat, nomor ponsel dan lain sebagainya. Nomor resi juga mempunyai fungsi penting dalam urusan pengirim barang. Apa saja fungsinya? Berikut ini penjelasannya:

1. Bukti paket terkirim

Fungsi pertama dari resi adalah bukti bahwa paket sudah dikirimkan. Dimana akan langsung diberikan oleh petugas SiCepat kepada Sobat Pintar. Nomor resi ini nantinya akan menjadi pegangan untuk pengirim yang akan diberikan kepada penerima. 

Adanya resi ini juga akan membuktikan bahwa Sobat Pintar menggunakan jasa ekspedisi dan pihak jasa wajib mengirimkan barang ke alamat tujuan dengan estimasi yang sesuai. Selain itu juga pihak jasa harus mengirimkan barang dengan hati-hati dan harus dalam kondisi baik sampai ke tangan penerima.

2. Untuk melacak paket dengan mudah 

Fungsi selanjutnya yang juga sangat penting dari nomor resi ini adalah Sobat Pintar bisa melakukan pelacakan akan paket yang dikirimkan. Fungsi ini sendiri akan sangat membantu sekali untuk pengirim maupun penerima. Dimana nantinya akan tahu dimana lokasi paket. 

Jadi, ketika Sobat Pintar ingin tahu dimana lokasi paket, maka resi ini akan digunakan. SiCepat pun harus memasukan informasi terbaru ketika paket sudah dikirimkan dan berada dimana. Tidak hanya itu saja, adanya nomor resi ini juga bisa mengetahui kapan estimasi barang akan tiba hingga ke alamat tujuan. 

3. Untuk mengambil paket pada kantor SiCepat terdekat 

Apabila pengiriman mengalami kendala seperti alamat tidak bisa ditemukan oleh kurir, maka Sobat Pintar akan diberikan notifikasi bahwa harus mengambil paketan di kantor cabang SiCepat terdekat. Dimana ketika ingin mengambil paket pun harus menggunakan resi yang sudah dikirimkan oleh si pengirim. 

Tanpa adanya nomor resi, maka paket jelas tidak akan bisa diambil. Karena sekali lagi perlu Sobat Pintar ingat bahwa resi adalah bukti bahwa Sobat Pintar adalah si penerima. Ketika Sobat Pintar memberikan bukti akan resi tersebut, nanti petugas akan langsung memberikan paket milik Sobat Pintar. 

Dengan penjelasan dari fungsi nomor resi, maka sudah jelas nomor resi sangat penting. Sobat Pintar harus menyimpan nomor resi ini sampai barang kiriman sampai ke penerima. Apabila barang sudah sampai juga tidak begitu saja Sobat Pintar buang. Karena harus cek terlebih dahulu kondisi barang apakah dalam keadaan baik atau ada kerusakan. 

Baca juga: Streaming Indosiar Gratis dengan 8 Aplikasi | Kredit Pintar

Cara Cek Resi SiCepat Paling Mudah 

Cara Mudah Cek Resi SiCepat

Bagi Sobat Pintar yang masih belum tahu bagaimana cara untuk mengecek resi di SiCepat, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sobat Pintar gunakan: 

1. Melalui website 

Cara cek resi Sicepat melalui website resminya cukup mudah dilakukan. Selain memberikan informasi terkait pelacakan nomor resi, Sobat Pintar juga bisa mengecek tarif pengiriman dengan lebih cepat. Langkah-langkah mengecek resinya adalah sebagai berikut: 

  1. Masuk ke situs www.sicepat.com/checkAwb 
  2. Kemudian lihatlah pada kertas resi yang diberikan oleh petugas. 
  3. Masukan nomor yang berada tepat di bawah barcode. Pastikan nomor yang diinput sudah benar. 
  4. Lalu tekan tombol Lacak. 
  5. Tunggu beberapa saat maka Sobat Pintar akan mendapatkan keterangan dari lokasi paket. 

2. Melalui Aplikasi 

Cara selanjutnya yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk mengecek resi paket adalah dengan menggunakan aplikasi. SiCepat menyediakan sebuah aplikasi yang khusus disediakan untuk pengirim maupun penerima. Dimana nama aplikasinya adalah SiCepat Ekspress dan berikut ini cara mengecek resinya: 

  1. Download terlebih dahulu aplikasi SiCepat Ekspress di Google PlayStore atau AppStore 
  2. Kemudian Sobat Pintar hanya tinggal memasukan saja nomor resi di kolom yang sudah disediakan. 
  3. Tunggulah beberapa saat, maka akan muncul keterangan dari paket yang Sobat Pintar kirimkan. 

3. Melalui E-commerce 

Gunakan cara cek resi Sicepat yang satu ini jika Sobat Pintar membeli barang dari E-commerce dan menggunakan SiCepat sebagai jasa ekspedisi, maka tidak terlalu susah dalam melakukan pelacakan. Kenapa? Karena dalam aplikasi e-commerce sendiri akan ada keterangan jelas dimana lokasi paket. Jadi Sobat Pintar tidak usah membuka web atau aplikasi lain. 

Untuk caranya sendiri berbeda-beda setiap e-commerce. Namun, secara umum Sobat Pintar hanya perlu masuk ke menu pesanan yang sudah diterima pembayarannya. Kemudian, tinggal klik saja belanjaan Sobat Pintar dan akan muncul seluruh keterangan yang berkaitan dengan barang kiriman. 

4. Bertanya ke customer service dari SiCepat  

Apabila ternyata setelah di cek resi masih tidak ada perubahan dan Sobat Pintar tidak bisa melacak barang kiriman, Sobat Pintar bisa menghubungi call center dari SiCepat. Untuk menghubunginya juga tidak sulit, karena SiCepat menyediakan beberapa cara. 

Salah satunya adalah dengan menghubungi akun twitter milik SiCepat yaitu di @sicepat_ekspres. Sobat Pintar bisa langsung mention atau mengirimkan DM ke akun tersebut. Tunggulah beberapa saat, nanti Sobat Pintar akan mendapatkan balasan. Sobat Pintar hanya tinggal bertanya saja perihal pengiriman dan berikan nomor resi. 

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa langsung menghubungi nomor telepon Customer Service SiCepat di 021-5020-0050. Bisa juga menghubungi melalui nomor WhatsApp SiCepat di 0813-1920-0030. Sobat Pintar akan mendapatkan bantuan dengan langsung menghubungi nomor-nomor tersebut. Paket Sobat Pintar pun akan dilacak dengan cepat. 

Dari semua cara yang sudah dijelaskan, Sobat Pintar bisa memilih salah satu. Cara mana yang menurut Sobat Pintar paling cepat dan efektif. Tapi, jika memang ada kendala dengan pengiriman dari SiCepat, customer service pun akan dengan senang hati membantu Sobat Pintar. 

Demikianlah penjelasan bagaimana cara cek resi SiCepat. Dimana dengan adanya informasi ini akan membantu Sobat Pintar untuk melakukan tracking dengan lebih cepat dan juga mudah. Selama Sobat Pintar memegang nomor resi, maka Sobat Pintar mendapatkan hak sebagai seorang pengirim dan penerima. 

Baca juga: Cara Membuat Grup WA di 3 Perangkat Berbeda | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download