Cek Grammar Gratis dengan 3 Aplikasi Ini

20 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jan 2022

Cek grammar gratis merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris untuk mengetahui letak kesalahan penulisan. Bahkan, beberapa aplikasi pemeriksa grammar juga menyediakan opsi perbaikan yang bisa menjadi pelajaran.

Baca juga Belajar Bahasa Inggris secara Gratis? Ini Caranya

Pentingnya cek grammar gratis Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh masyarakat dunia untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Mengingat begitu pentingnya keberadaan Bahasa Inggris bagi kehidupan, maka sudah saatnya generasi kita untuk belajar Bahasa Inggris lebih intens lagi. Tujuannya hanya satu, yaitu agar kita tidak ketinggalan dengan negara lainnya di dunia.

Bahasa Inggris, saat sekarang ini tidak hanya berguna untuk melakukan komunikasi sehari-hari dengan masyarakat internasional. Tetapi juga bermanfaat dalam dunia pekerjaan, terutama penulis. 

Kalau dulu penulis hanya sebuah pekerjaan untuk menulis buku, maka sekarang penulis bisa menulis apa saja termasuk menulis artikel yang ada pada berbagai web. Hebatnya lagi pekerjaan ini bisa dilakoni dengan berbagai bahasa selama Sobat Pintar menguasainya. Namun, permintaan tertinggi tentu saja Bahasa Inggris. 

Agar bisa mendapatkan pundi-pundi dollar yang banyak sebagai penulis lepas, Sobat Pintar harus bisa menggaet lebih banyak pelanggan internasional. Caranya tentu saja dengan memberikan mereka kualitas tulisan yang baik, yaitu tanpa typo dan tanpa kesalahan grammar. Maka, cek grammar gratis untuk Bahasa Inggris sangat diperlukan.

Aplikasi cek grammar gratis

1. Grammarly

Aplikasi ini pasti sudah sangat familiar bagi Sobat Pintar yang sering mengotak atik internet. Ya, grammarly merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai alat cek grammar gratis. 

Ada banyak alasan mengapa Sobat Pintar harus menggunakan aplikasi ini sebagai tool untuk memeriksa hasil tulisanmu. Pertama, grammarly telah digunakan lebih dari 20 juta pengguna. Ini tentu saja membuktikan bahwa grammarly bisa diandalkan untuk keperluan pengecekan dokumen.

Jumlah pengguna yang begitu besar ini, tentu saja tidak lepas dari kemampuan grammarly dalam melakukan tugasnya. Aplikasi ini juga sangat kompatibel dipasangkan dengan berbagai browser populer bahkan Microsoft Office. Tidak heran jika penggunanya terus meningkat dari waktu ke waktu.

Grammarly hadir dalam dua versi, yaitu versi web serta versi aplikasi yang bisa diinstall di smartphone milikmu. 

Alasan kedua, mengapa Sobat Pintar harus menggunakan grammarly adalah karena aplikasi ini mudah digunakan, mudah diinstal dan tentunya gratis. Yang lebih keren dari aplikasi ini adalah adanya opsi perbaikan yang bisa digunakan secara langsung pada aplikasi. Hanya dengan mengklik opsi tersebut, maka secara otomatis kata atau kalimat yang salah akan tergantikan dengan opsi yang ditawarkan.

Keunggulan lain dari grammarly adalah adanya analisa teknis yang berkaitan dengan penulisan singkatan atau akronim. Jadi, jangan asal menulis singkatan karena grammarly pasti bisa menemukan kesalahannya.

Sebenarnya, tool ini tidak hanya menyediakan fitur cek grammar gratis. Tetapi, terdapat juga beberapa fitur lain yang juga tidak kalah penting dalam dunia kepenulisan, seperti grammarly text editor yang berfungsi untuk mengecek apakah kontan cukup padat dan singkat, saran unsur formalitas dan pemeriksaan diksi.

Namun, sayangnya fitur  tersebut tidak gratis. Anda diharuskan berlangganan setiap bulannya dengan biaya $29.95/bulan atau $11.66/ bulan untuk paket satu tahun.

Baca juga Ampuh! Tes Toefl Gratis Ini Wajib Sobat Pintar Coba!

2. Hemingway

Selain grammarly, terdapat pilihan tool cek grammar gratis lainnya yang juga bisa diandalkan, yaitu Hemingway.

Hemingway sendiri merupakan sebuah aplikasi yang muncul akibat terinspirasi dari gaya penulisan seorang sastrawan asal Amerika Serikat bernama Ernest Hemingway. Salah satu karyanya yang sangat terkenal adalah The Old Man and The Sea. 

Ernest memiliki gaya bahasa yang menarik dengan kalimat yang singkat dan efektif. Berlandaskan hal inilah, akhirnya aplikasi Hemingway untuk membantu berbagai macam masalah tulis menulis diciptakan.

Sebenarnya, cara kerja aplikasi ini sama persis dengan kebanyakan aplikasi cek grammar lainnya yang bertebaran di internet. Hanya saja, jika Sobat Pintar menggunakan tool Hemingway, maka mereka tidak hanya memastikan bahwa tulisanmu benar. Tetapi juga sekaligus mengatasi masalah kalimat yang terlalu panjang dan sulit dimengerti.

Saat Sobat Pintar mengunggah dokumen untuk diperiksa di Hemingway, maka hal pertama yang akan muncul adalah aturan penggunaan kata keterangan dan kalimat pasif. Sebagaimana aturan yang seharusnya, sebaiknya hindari terlalu banyak penggunaan kata-kata ini.

Tidak hanya itu, Hemingway bahkan akan memberikanmu saran terhadap penggantian kata-kata yang kurang efektif. Apabila kalimat yang dibuat terlalu panjang, biasanya mereka akan menyarankan untuk membagi kalimat tersebut.

Menurut hemat kami, Hemingway lebih dari sekedar tool untuk cek grammar gratis. Aplikasi ini dapat membantu Sobat Pintar lebih dari itu, bisa membantu untuk menyalurkan berbagai ide terkait struktur kalimat agar lebih singkat dan mudah dipahami.

Tidak seperti grammarly yang meminta untuk melakukan pembayaran setiap bulan untuk bisa berlangganan semua fiturnya. Hemingway justru hanya meminta Sobat Pintar untuk melakukan pembayaran satu kali saja di awal pembelian aplikasi. Sisanya, Sobat Pintar bisa menggunakan sepuasnya.

3. Non plus

Satu lagi aplikasi cek grammar gratis yang tidak kalah populer, yaitu non plus. Kelebihan aplikasi ini adalah penggunaannya yang sangat gampang dan sederhana.

Sobat Pintar hanya perlu mengetik atau mengcopy paste teks ke dalam box editor yang tersedia pada aplikasi tersebut. Setelah itu, klik check untuk memeriksa grammar pada teks. Hanya perlu menunggu beberapa detik saja untuk mendapatkan hasil koreksi dari Non plus.

Non plus secara otomatis akan memeriksa terjadinya kesalahan pada subjek, objek, predikat, kata sifat dan unsur lainnya pada teks dengan menandainya dengan berbagai warna. Tool ini juga memberikan informasi terkait cara pelafalan suatu kata sehingga pengunjung paham cara membacanya.

Non plus terdiri dari berbagai versi, yaitu versi web dan versi aplikasi yang bisa diinstal di smartphone. Aplikasi ini tersedia, baik itu di Google Play Store maupun di App Store. 

Keunggulan lain dari Non Plus adalah aplikasi ini tidak hanya bisa memeriksa grammar Bahasa Inggris, tetapi juga beberapa jenis bahasa lainnya. Seperti Korea dan Mandarin.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Non Plus bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tool cek grammar gratis yang terpercaya, akurat dan rapi.

Nah, itu dia beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk cek grammar gratis. Selain bisa membantu mempermudah pekerjaanmu, tool ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran Bahasa Inggris.

Baca juga 9+ Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Selain Google Translate

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download