Cari Tahu Fakta Sebenarnya dari Penyebab Sering Ngantuk Saat Puasa

06 May 2021 by kreditpintar
penyebab ngantuk

Kerap kali terjadi, apa sih sebenarnya penyebab sering ngantuk saat puasa? Pada setiap tahun umat Islam seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Nah, tentunya dengan berpuasa akan mempengaruhi aktivitas sehari-sehari, pola makan menjadi hanya 2 kali (sahur dan buka puasa), dan pola tidur. Dimana ketiga hal itu akan menyebabkan terjadinya perubahan kondisi tubuh dan metabolisme Sobat Pintar. Tidak menutup kemungkinan, hal tersebut juga akan yang menyebabkan Sobat Pintar jadi sering ngantuk. Daripada terus berasumsi, yuk! Cari tahu fakta dibalik penyebab sering ngantuk saat puasa.

Penyebab Ngantuk

Pemicu kantuk saat puasa tidak lain adalah karena perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Apa itu ritme sirkadian? Ialah istilah yang digunakan untuk mengatur kegiatan atau kebiasaan fisiologis yang dilakukan setiap hari. Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi ritme sirkadian yaitu faktor eksogen dimana dipengaruhi oleh musim, suhu, dan lama waktu malam dan siang. Kedua, ada faktor endogen yang dipengaruhi oleh jam biologis seseorang.

Masih belum paham dengan ritme sirkadian yang sudah dijelaskan? Seperti ini lebih mudahnya, organ tubuh manusia memiliki ritme yang berbeda tiap jenisnya. Dikatakan bahwa pukul 07.00 sampai 09.00 merupakan waktu yang baik, untuk proses kerja ada lambung. Sehingga Sobat Pintar disarankan untuk makan disekitar waktu ini. Sedangkan pukul 19.00 sampai 21.00 proses kerja lambung melemah, sehingga Sobat Pintar disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan terutama yang memiliki tekstur padat dan sulit untuk dicerna.

Sesuai yang dijelaskan tadi bahwa setiap organ memiliki ritme yang berbeda tiap jenisnya. Ritme sirkadian juga mengatur siklus bangun dan tidur seseorang. Ritme ini diatur oleh hipotalamus yang letaknya ada di otak manusia. Tubuh Sobat Pintar memerlukan istirahat atau tidur agar dapat terus menjaga fungsi fisik dan sosialnya, serta dapat terus sehat. Maka dari itu, pola tidur sering kali dihubungkan dengan bagaimana kinerja seseorang di siang hari atau kesehariannya saat melakukan aktivitas. 

Bulan Ramadan dimana umat Islam berpuasa menahan nafsu untuk makan dan minum pada siang hari, yang akan berdampak pada perubahan pola tidur. Seringkali kegiatan atau aktivitas ditangguhkan sampai malam hari, misalnya olahraga, minum dan makan, dan interaksi sosial. Menyebabkan kurangnya jam tidur dan kualitas tidur Sobat Pintar pada bulan Ramadan. Meski terlihat tidak begitu penting dan cenderung bukan masalah besar, namun ternyata hal inilah yang menjadi penyebab sering ngantuk saat puasa.

Cara Agar Tidak Ngantuk

Lalu, adakah cara agar tetap berstamina melakukan aktivitas sehari-hari di siang hari tanpa merasa ngantuk? Tentu saja ada! Usahakan untuk sering terkena sinar matahari agar memperkuat ritme sirkadian tubuh. Selanjutnya, tidurlah dengan jadwal yang tetap setiap malamnya agar terhindar dari perasaan ngantuk saat siang hari. Sobat Pintar juga dapat tidur selama 10 sampai 15 menit di siang hari, untuk mengistirahatkan sejenak tubuh agar tetap segar.

Jadi penyebab sering ngantuk saat puasa, bukan hanya ritme sirkadian yang harus Sobat Pintar perhatikan. Sobat Pintar juga harus memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuh pada saat bulan Ramadan. Sekarang hadir, lho! Kredit Pintar yaitu pinjaman dana yang langsung cair. Sehingga Sobat Pintar dapat membuat makanan sehat dan bernutrisi serta vitamin untuk kesehatan tubuh, tanpa khawatir kekurangan dana karena banyaknya keperluan Ramadan lainnya. Kredit Pintar tidak hanya menawarkan pinjaman langsung cair, namun juga bunga yang rendah dan telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload