Resep Rahasia dan Cara Ungkep Ayam Empuk

29 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jul 2022

Agar ayam bisa empuk dan bumbunya meresap, diperlukan teknik mengungkep sebelum ke tahap selanjutnya. Oleh karenanya perlu paham bagaimana cara ungkep ayam yang tepat dan menghasilkan cita rasa lezat.

Bukan hanya bumbu kuning saja, ada berbagai bahan makanan lain untuk mengungkep ayam. Seperti santan, gula merah, kecap, atau bahan-bahan lainnya. Beda bumbu ungkep, beda pula cara masaknya.

Bumbu kuning sering digunakan untuk membuat ayam goreng makin gurih dan nikmat. Sedangkan bumbu yang khas manis, sering orang gunakan untuk olahan ayam bakar.

Lantas seperti apa resep dan cara mengungkep ayam yang enak, lezat, dan empuk? Untuk lebih tahu tentang rahasianya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Dikenal Kue Legendaris, Ini Cara Membuat Kue Semprit

Mengenal Ayam Ungkep

Mengungkep merupakan proses memasak daging dengan cara merebusnya terlebih dahulu memakai bumbu rempah. Proses perebusan ini seringkali memakan waktu yang cukup lama agar bumbu lebih meresap sempurna.

Kemudian setelah proses pengungkepan, daging bisa dimasak sesuai selera. Misalnya dengan cara menggoreng, memanggang, atau yang lainnya.

Namun apakah ayam harus selalu diungkep? Jawabannya tergantung selera masing-masing. Sebenarnya bisa saja langsung menggoreng atau membakarnya. Akan tetapi hal tersebut kurang maksimal dari segi rasa.

Dengan mengungkepnya, daging dapat matang dengan sempurna dan teksturnya empuk. Selain itu proses ungkep ini sebenarnya bertujuan untuk membuat bumbu rempah bisa meresap, jadi makanan makin nikmat.

Resep dan Cara Ungkep Ayam yang Nikmat

Berikut ini beberapa resep simpel dan mudah Anda aplikasikan untuk mengungkep ayam beserta langkah-langkahnya.

1. Ayam Ungkep Bakar

Cara ungkep ayam untuk dibakar agar matang sempurna dan nikmat, siapkan beberapa bahan berikut ini.

  1. ½ kg ayam potong per bagian;
  2. 1 batang serai;
  3. 2 lembar daun jeruk;
  4. 3 lembar daun salam;
  5. 2 sdm kecap manis;
  6. 2 sdm minyak goreng;
  7. 500 ml air.

Siapkan juga beberapa bahan untuk bumbu halusnya;

  1. 5 siung bawang merah;
  2. 3 siung bawang putih;
  3. 1 sdm ketumbar;
  4. 1 sdm gula merah;
  5. 1 sdt garam halus;
  6. 1 sdt kaldu ayam bubuk;
  7. 3 butir kemiri.

Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah seperti berikut.

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis sampai baunya harum dan layu;
  2. Masukkan ayam dan aduk hingga tercampur dengan bumbu tersebut. Setelah merata, tambahkan air sedikit demi sedikit. Tunggu sampai mendidih;
  3. Saat sudah mendidih, tambahkan kecap manis dan aduk rata. Kemudian kecilkan api dan tutup wajan. Tunggu hingga air menyusut kira-kira bumbu terlihat meresap ke dalam ayam;
  4. Matikan kompor dan angkat daging ayam untuk kemudian siap diproses ke tahap selanjutnya, yakni dibakar.

2. Cara Ungkep Ayam Goreng Bumbu Kuning

Cocok bagi, ibu rumah tangga yang tidak mau ribet. Karena setelah proses ungkep ayam bisa disimpan dalam kulkas. Saat ingin memakannya, tinggal goreng saja dalam minyak panas, tidak perlu membumbuinya lagi.

  1. 9 siung bawang putih;
  2. 3 ruas kunyit;
  3. 2 sdt ketumbar;
  4. 1 ruas lengkuas;
  5. 2 lembar daun salam;
  6. 2 sdt garam;
  7. 1 batang serai;
  8. 4 buah kemiri;
  9. 1 ruas jahe;
  10. 2 sdm minyak goreng;
  11. 500 ml air;
  12. 1 ekor ayam, bisa dipotong sesuai dengan selera.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  1. Haluskan bumbu seperti bawang putih, kunyit, kemiri, jahe, dan ketumbar;
  2. Cuci bersih ayam dari sisa bulu-bulu dan darah;
  3. Tumis minyak goreng ke dalam wajan sampai baunya harum. Kemudian tambahkan air, dan sisa bahan yang belum dihaluskan seperti daun salam, serai, garam, dan lengkuas;
  4. Untuk lengkuas bisa digeprek sebelum dimasukkan ke dalam wajan. Jika air sudah mendidih masukkan ayam yang sudah Anda cuci bersih dan kecilkan api;
  5. Tutup wajan, dan tunggu sampai air menyusut. Matikan kompor jika sudah, kemudian taruh dalam wadah. Saat suhunya sudah sesuai dengan suhu ruang, silakan dimasukkan kulkas/langsung digoreng.

3. Resep Ayam Ungkep Bumbu Putih

Jika bosan dengan olahan ayam ungkep yang itu-itu saja, Anda bisa menjajal resep lain. Ayam ungkep bumbu putih bisa jadi inspirasi untuk varian resep olahan ayam ungkep. Berikut beberapa bahan dan cara ungkep ayam bumbu putih.

  1. 500 gram ayam potong;
  2. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya dan sisihkan;
  3. 2 lembar daun salam;
  4. 3 lembar daun jeruk;
  5. 1 sdm bumbu dasar putih yang terbuat dari beberapa bahan (100 gram bawang putih, 250 gram bawang merah, 1 sdt garam, 15 buah kemiri, 1 sdt gula pasir);
  6. 1 sdt garam;
  7. 1 sdt kaldu jamur;
  8. 1 sdm ketumbar bubuk;
  9. 400 ml air;

Langkah pengungkepannya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, silakan merebus ayam selama 10 menit kemudian angkat dan tiriskan;
  2. Pada wadah lain, didihkan air dan tambahkan semua bumbu. Kemudian masukkan ayam, aduk hingga merata sambil kecilkan api kompor;
  3. Masak sampai bumbu benar-benar meresap dan ayam matang. Jika air sudah menyusut, Anda bisa mengangkatnya dan meletakkan dalam wadah. Bisa menyimpan dalam kulkas atau digoreng langsung.

Baca juga: Ini Cara Bikin Pisang Krispi yang Lezat dan Mudah

Tips Ungkep Ayam Supaya Bertekstur Empuh dan Terasa Bumbunya

Agar hasil ungkepan ayam bisa maksimal empuk dan nikmat, maka butuh tips khusus. Jadi tidak sembarangan mengungkep. Langkah-langkah inilah yang akan menentukan hasil ungkepan ayam.

1. Potong Daging Ayam

Potong atau iris daging ayam menjadi beberapa bagian sebelum mengungkepnya. Mengungkep ayam yang sudah terpotong jauh lebih mudah ketimbang ayam utuh. Selain itu, ayam bisa masuk ke dalam panci dengan tertata.

Kalau ayam utuh butuh wadah besar, jika tidak maka bumbunya tidak akan merata. Sehingga dengan memotong jadi beberapa bagian akan memudahkan seluruh bagian daging bisa terkena bumbu ungkep.

2. Pastikan Bumbu Halus

Haluskan bahan-bahan yang hendak digunakan sebagai bumbu. Pori-pori ayam akan membuka saat sudah terkena panas. Sehingga dengan menghaluskan bumbu, dapat membuatnya meresap ke dalam daging dengan sempurna.

3. Saat Memasak, Gunakan Api Kecil

Gunakan teknik memasak slow cooking atau memakai api kecil. Memang terkesan lama, namun langkah ini akan membantu daging bisa masak secara merata dan bumbunya bisa meresap sempurna.

Api yang terlalu besar bisa membuat bagian dalam daging tidak matang padahal bagian luarnya sudah overcook.

4. Pastikan Perbandingan Air dan Bumbu Pas

Saat memadukan bumbu dengan air, gunakan perbandingan yang tepat. Sehingga bumbu tidak hambar. Jadi, gunakan air secukupnya sesuai dengan bumbu yang ada tidak harus satu panci penuh.

Baca juga: Mau Tau Cara Membuat Bakpao? Ikuti Langkah Ini

Nah, itulah resep, tips, dan cara ungkep ayam agar empuk dan bumbu meresap sempurna. Variasi resep tersebut bisa jadi pilihan saat mengolah ayam untuk sajian istimewa bagi keluarga atau orang spesial.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download