Cara Screenshot PC atau Laptop Terlengkap

06 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Menangkap tampilan layar atau lebih dikenal dengan screenshot sudah jadi hal yang umum. Namun pernahkah kamu kebingungan bagaimana cara screenshot pc/laptop karena tidak tahu tombol mana yang harus ditekan. 

Mengambil screenshot di pc berbeda dengan smartphone karena tidak bisa dilakukan dengan mengusap tiga jari ke layar. Di pc kamu bisa menangkap layar menggunakan keyboard sehingga lebih mudah. Berikut 7 cara mudah yang bisa kamu lakukan: 

8 cara screenshot pc/laptop dengan mudah dan cepat

Umumnya ada dua cara untuk mengambil screenshot di pc atau laptop, yaitu dengan keyboard atau pun software pihak ketiga. Kredit Pintar akan membahas keduanya, jadi simak baik-baik ya!

Cara Screenshot pc atau laptop menggunakan keyboard

  1. Menggunakan tombol PRTSC (Print Screen)

Jika kamu ingin mengambil screenshot dengan sangat cepat, kamu bisa menggunakan tombol PRTSC yang ada di keyboard. Letaknya di sebelah kanan atas berdekatan dengan tombol backspace. 

Dengan cara ini , Windows nantinya menyalin screenshot layar yang kamu ambil ke clipboard, tugasmu hanya menempelkannya ke program lainnya. Langkah-langkahnya seperti ini: 

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Asus ROG Zephyrus G15

Buka layar yang ingin kamu screenshot. Misalnya browser atau microsoft word. Lalu tekan tombol Windows + PRTSC. 

Selanjutnya kamu bisa mem-paste-nya ke tempat atau program yang kamu inginkan. Seperti Power Point dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa saat kamu menekan kombinasi tombol Windows + PRTSC layar komputer atau laptop akan meredup sebentar. Ini artinya tampilan layar sedang diambil. 

Untuk memeriksa hasil screenshot-nya, kamu bisa mengecek di folder Windows C -> Pictures -> Screenshots.

  1. Menggunakan Snip & Sketch

Snip & Sketch adalah versi terbaru dari Snipping Tool. Dengan fitur ini kamu bisa mengambil screenshot sesuai keinginan dan membagikannya langsung.

Kamu bisa membuka bar notifikasi yang ada di pojok kiri bawah layar pc/laptop. Lalu tekan tombol bertuliskan “Screen Snip” untuk mengaktifkannya. 

Bisa juga menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S yang lebih mudah dan cepat. Setelah menekan kombinasi ini, layar pc/laptop akan sedikit meredup. 

Setelah itu muncul menu kecil di bagian atas layar. Dengan menu ini kamu bisa mengambil screenshot dalam bentuk bebas, full layar, jendela, atau persegi panjang. 

Pilih bentuk yang kamu mau lalu pilih area yang akan di-screenshot dengan cara menekan klik kiri sambil menggeser mouse. Area yang kamu pilih akan disimpan ke clipboard. 

Di saat yang bersamaan, muncul notifikasi di pojok kanan bawah layar pc/laptop mu. Klik notifikasinya dan kamu akan dialihkan ke aplikasi Snip & Sketch. 

Selanjutnya pilih opsi berikutnya yang akan kamu gunakan. Kamu bisa menyimpannya langsung atau mengedit terlebih dahulu. 

  1. Menggunakan Snipping Tool

Jika kamu mencari aplikasi Snip & Sketch di pc/laptop mu namun tidak bisa menemukannya, berarti kamu harus menggunakan Snipping Tool. 

Ini adalah aplikasi screenshot dari Windows sebelum ada Snip & Sketch. Snipping Tool sangat bermanfaat bagi pengguna Windows 8, 7, dan Vista.

Untuk mengambil screenshot-nya, pertama buka aplikasi Snipping Tool di menu Start. Setelah itu tekan tombol Mode untuk memilih ukuran screenshotnya. 

Ada ukuran persegi panjang, jendela, layar penuh, atau bebas. Setelah dipilih kemudian klik tombol New atau Baru. 

Menariknya, kamu bisa menggunakan fitur atur waktu pengambilan gambar dalam menu Tunda. Ambil screenshot layar yang kamu mau, selanjutnya jendela baru akan muncul. 

Dalam jendela ini kamu bisa membagikan screenshot ke Microsoft Outlook, menyimpannya langsung, atau membuat anotasi. Untuk menyimpan, tekan menu File -> Save As kemudian pilih folder yang mau kamu gunakan. 

  1. Menggunakan Game Bar

Khusus pengguna Windows 10, mengambil screenshot bisa dilakukan melalui fitur Game Bar. FYI, fitur ini bisa kamu gunakan di aplikasi apa saja, tidak terbatas pada Game bawaan Windows. 

Tekan kombinasi tombol Windows + G untuk memulai fitur Game Bar. Selanjutnya pilih menu Overlay dan klik ikon kamera untuk mengambil screenshot dalam bentuk layar penuh. 

Jika diperlukan, kamu juga bisa merekam video menggunakan tombol berwarna merah. Atau memasukan audio melalui ikon mikrofon. 

Hasil screenshot dari Game Bar memiliki ekstensi PNG dan disimpan di folder Captures. Kamu bisa menemukan folder ini di Windows C -> Video. 

Cara lain untuk mengecek hasilnya adalah melalui tombol Tampilkan semua tangkapan yang terletak persis di bawah tombol screenshot dan rekam.

Kadang-kadang Game Bar tidak terbuka saat menggunakan kombinasi Windows + G, karena itu pastikan Game Bar-nya sudah diaktifkan. Cara mengeceknya kamu bisa mencari “Pengaturan Game Bar” lalu aktifkan “Rekam klip game, screenshot, dan siaran menggunakan Game Bar.”

Cara screenshot pc menggunakan software pihak ketiga

Hasil screenshot dengan cara-cara sebelumnya masih belum membuat kamu puas? Tenang, masih ada software lain yang bisa kamu gunakan. 

Biasanya software menyediakan fitur yang tidak ada aplikasi bawaan Windows. Namun ingat ya, setiap software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Inilah Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah 

  1. Menggunakan Software Snagit

Snagit membantu kamu mengambil screenshot layar penuh atau scrolling. Ditambah kamu juga bisa membuat animasi GIF. 

Fitur kece lain yang harus kamu coba yaitu merekam video dengan scrolling. Untuk menggunakan software ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

-Download dan instal Snagit

-Buka aplikasinya dan lakukan Sign in. 

-Pilih tombol “Capture” 

-Klik lalu drag ke area yang mau kamu pilih, setelah itu lepaskan jari dari mouse

-Pilih ikon kamera untuk mengambil screenshot dari area yang sudah kamu pilih. 

-Sebelum menyimpan, kamu bisa menambahkan efek, tulisan, bentuk, atau menyunting gambar yang sudah di-screenshot. 

-Tekan tombol Ctrl + S untuk menyimpan hasilnya. 

  1. Menggunakan software greenshot

Software yang ringan ini memiliki fitur utama yang cukup memuaskan. Seperti mengambil screenshot dengan cepat, screenshot dengan menggulirkan (scrolling) layar atau memberikan penanda di bagian screenshot.

Ada dua mode yang bisa kamu gunakan, yaitu Region dan jendela. Kamu bisa beralih dari satu mode ke mode yang lainnya menggunakan tombol spasi. Cepat, mudah, dan efisien!

Kamu bisa meng-export hasilnya ke email, situs-situs khusus foto misal Flickr atau Picasa, simpan langsung ke folder, atau kirim ke printer. 

Cara mengambil screenshot menggunakan software Greenshot:

  1. Download lalu install software-nya ke pc/laptop
  2. Buka software Greenshot melalui menu Start lalu ikonnya muncul di bagian task tray pc/laptop kamu
  3. Klik kiri ikon Greenshot dan pilih Preferences
  4. Untuk mengambil screenshot di beberapa area pada layar, gunakan mode region. 
  5. Klik lalu tahan kursor di tempat yang kamu pilih untuk sudut pertama screenshot-mu. Lalu drag kursor untuk memilih ukuran layar untuk screenshot yang kedua. 
  1. Menggunakan software PhotoScape

Jika kamu ingin menggunakan software PhotoScape untuk menangkap screenshot layar, ikuti cara-cara berikut ini: 

  1. Buka halaman yang akan kamu screenshot
  2. Buka aplikasi PhotoScape lalu pilih ikon Screen Capture
  3. Akan muncul dialog box dengan pilihan ukuran screenshot yang kamu inginkan
  4. Pilih salah satu ukurannya lalu pilih area yang akan di-screenshot
  1. Menggunakan software Lightshot

Cara screenshot pc yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Lightshot. Begini langkah-langkahnya:

  1. Download lalu install Lightshot
  2. Tekan tombol PRTSC atau Print Screen hingga layar meredup
  3. Pilih area yang ingin kamu ambil gambarnya lalu klik mouse dan drag kursornya.
  4. Lepaskan kursor lalu klik ikon save
  5. Pilih folder untuk menyimpan hasilnya. 

Baca juga: Memperkecil Ukuran Video dengan 5 Cara

Nah begitulah cara screenshot pc/laptop yang mudah dan cepat menggunakan keyboard atau software. Sekarang kamu bisa mengambil screenshot sebanyak yang kamu mau! 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download