5 Cara Screenshot Anti Ribet Klub di Macbook yang Semestinya Anda Tahu

01 Jan 2024 by kreditpintar, Last edit: 09 Jan 2024

Pengen screenshot gambar di Macbook tanpa aplikasi ketiga? Atau punya Macbook pertama kali dan bingung bagaimana cara screenshot? Well, Anda harus baca artikel Kredit Pintar yang satu ini kalau begitu. 

Baca juga: Cara Screenshot PC atau Laptop Terlengkap

Sebagai salah satu brand komputer ternama di dunia, Macbook besutan Apple juga mempunyai fitur screenshot atau tangkapan layar sebagaimana sistem operasi lainnya. Tentu saja cara di Macbook ini tidak bisa Anda terapkan di laptop dengan sistem operasi lain karena semuanya memiliki cara masing-masing. 

Ada yang menggunakan pintasan khusus pada keyboard, ada juga yang menggunakan aplikasi bawaan bahkan ada yang harus memakai aplikasi ketiga. Lantas, bagaimana dengan Macbook? 

Bagi Anda yang belum mahir atau masih pemula dalam hal pemakaian sistem operasi yang satu ini, tentu saja Anda butuh beberapa cara berikut ini agar bisa melakukan screenshot pada gambar-gambar yang ingin Anda tangkap. 

Penasaran apa saja cara screenshot di Macbook seperti yang kami maksud? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!

Sebelum Mengetahui Cara Screenshot di Macbook, Kenali Dulu Apa Itu Screenshot

Umumnya, screenshot (SS) didefinisikan sebagai sebuah tindakan untuk menangkap tampilan atau layar pada laptop supaya bisa dijadikan file dalam bentuk gambar. 

Tangkapan layar ini seringkali dibutuhkan berbagai macam hal misalnya saja untuk menyimpan bukti chat, foto, kebutuhan tugas, dan masih banyak lagi. Intinya, screenshot ini diperlukan untuk menyimpan tampilan sebagian atau seluruh gambar pada layar laptop demi kebutuhan tertentu. 

Fitur ini sekarang sudah dapat ditemukan dalam berbagai perangkat elektronik, termasuk diantaranya adalah produk Apple yang terkenal, Macbook. Kegunaan fitur ini pada Macbook sesungguhnya sama saja dengan bila Anda mencobanya di laptop-laptop berbasis Windows. 

Yakni, berguna untuk mendokumentasikan gambar yang benar-benar tak bisa Anda ambil begitu saja dengan opsi unduh atau simpan. Gambar-gambar yang ingin diambil tersebut bisa saja bersumber dari banyak hal termasuk diantaranya adalah dari potongan video yang sedang Anda tonton di laptop. 

Namun, meskipun memiliki kegunaan yang sama dengan laptop-laptop yang memakai sistem operasi Windows, Macbook ternyata memiliki caranya tersendiri. Perbedaan yang dimaksud disini adalah tentu saja dari kombinasi perintah yang digunakan. 

Macbook dengan sistem operasi Mac OS-nya memakai serangkaian kombinasi perintah yang sungguh-sungguh berbeda dengan apa yang digunakan untuk mengambil SS di Windows.  Cara yang diperintahkan Macbook juga tidak membutuhkan penggunaan aplikasi pihak ketiga. Anda hanya perlu memakai beberapa kombinasi perintah yang sudah disediakan oleh Mac OS. 

Nah, untuk melakukan screenshot di Macbook itu dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan setiap user. Cara-cara yang dimaksud adalah bisa dengan mengambil screenshot untuk seluruh layar laptop, jendela saja, atau hanya untuk sebagian layar saja. Penasaran, bagaimana cara screenshot di Macbook? Ikuti penjelasannya di bawah ini!!

Cara Screenshot di Macbook

Lantas, bagaimana caranya? Bagi para pengguna produk Apple yang satu ini, well, Anda harus menyimak beberapa tips yang kami maksud berikut ini!

1. Screenshot Pada Seluruh Layar di Macbook 

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan screenshot untuk keseluruhan layar Macbook, caranya sangatlah mudah. Cukup tekan dan tahan tombol-tombol seperti Shift, Command, dan angka 3 secara bersama-sama. 

Jangan dilepas hingga gambar tangkapan terlihat di sudut kanan layar Macbook Anda atau ketika Anda sudah mendengar suara khas jepretan dari laptop yang menandakan bahwa Anda sudah berhasil mendapatkan tangkapan layar yang diinginkan. 

Untuk mengedit hasilnya agar lebih sempurna, tinggal klik gambar tersebut atau tunggu hingga dinyatakan bahwa hasil screenshot Anda sudah tersimpan di desktop Macbook. 

2. Screenshot Pada Sebagian Layar Macbook

Screenshot satu layar penuh Macbook terlalu besar? Well, mengapa tidak coba sebagian layar saja. Caranya mudah kok! Tekan tombol Shift, Command, dan angka 4 secara bersamaan. Lalu kursor Anda pada layar pun akan berubah bentuk menjadi kursor khusus (crosshair) atau seperti sebuah bidikan yang berbentuk tanda “plus”. Tanda tersebut dipakai untuk memilih area layar mana yang paling Anda inginkan.

Baca juga: iPad Air 5 2022 Resmi Meluncur

Langkah selanjutnya adalah tinggal tekan tanda tersebut dan tarik pada gambar atau area layar yang ingin Anda “tangkap” atau screenshot. Lepaskan tombol mouse atau trackpad yang ada pada keyboard untuk menyelesaikan proses. Atau untuk memindahkan area layar yang sudah Anda pilih tersebut, tekan dan tahan tombol bar “Spasi” sambil menarik tanda “plus” tadi. 

Apabila sekiranya Anda melihat muncul gambar mini di sudut layar, maka klik gambar tersebut untuk mengedit hasil jepretan layar agar hasilnya makin sempurna. Atau bila ingin hasil jepretan Anda tersebut tersimpan di desktop Macbook, tunggu saja muncul notifikasinya. 

Namun jika Anda ingin membatalkan proses screenshot ini atau sebaliknya ingin mengulang area screenshot, maka setelah kursor “plus” seperti yang dimaksud di atas muncul, seret kursor tersebut ke area yang Anda inginkan lalu tekan tombol Escape (Esc). Atau langsung tekan saja tombol Esc pada keyboard Macbook Anda. 

Bagaimana? Caranya mudah, bukan?

3. Screenshot Pada Menu atau Jendela yang Sedang Aktif Terbuka

Lantas, bagaimana mengambil cara screenshot di Macbook dengan tampilan menu atau jendela yang sedang aktif-aktifnya? Misalnya saja nih, Anda sedang membuka browser Opera, lalu Anda ingin mengambil tampilan pada browser Opera yang sedang Anda buka. Bagaimanakah caranya? 

Caranya sangat mudah. Tinggal tekan dan tahan beberapa tombol pada keyboard secara bersama-sama seperti tombol Command, Shift, angka 4 serta tombol bar Spasi. Setelah ditekan, layar Macbook Anda akan menampilkan pointer yang berbentuk kamera. Letakkan pointer tersebut pada jendela atau menu aktif yang sedang Anda buka. 

Langkah selanjutnya setelah pointer diletakkan adalah klik tombol pointer tersebut segera untuk mengambil screenshot seperti yang diinginkan. Dan tunggu hingga hasil jepretan layar Anda tersimpan di desktop. Untuk mengecualikan bayangan jendelanya dari hasil jepretan, tekan dan tahan tombol “Option” saat Anda mengklik. 

Penting untuk diketahui, Anda bisa mengambil screenshot dari berbagai jendela atau menu aktif asalkan menu tersebut sedang aktif terbuka. Bila ingin mengedit gambar hasil screenshot, klik gambar mini yang ada pada sudut layar. Atau jika ingin membatalkan screenshot yang sudah di-take, tinggal tekan tombol Escape (Esc) dan selesai deh!

4. Berbagai Pilihan Opsi Screenshot

Kalau misalnya satu-satu seperti itu bikin ribet, bagaimana kalau Anda ingin memunculkan semua opsi di atas dalam satu layar sebelum memulai screenshot? Jadi berbagai pilihan cara screenshot di Macbook-nya tinggal dipilih saja. Well, Anda harus coba cara yang satu ini kalau begitu.

Caranya adalah dengan menekan tombol-tombol seperti command, shift, dan angka 5 secara serentak atau bersama-sama. Layar Macbook Anda pun akan freeze sejenak lalu barulah menampilkan berbagai menu pengaturan screenshot pada bagian bawah layar. Tampilan yang muncul ini jelas berbeda dibanding dengan yang sebelum-sebelumnya karena akan muncul sebuah jendela kecil setelah Anda menekan kombinasi tombol di atas. 

Nah, jendela kecil pada bagian bawah layar itulah yang akan menampilkan ragam pilihan menu atau mode tangkapan layar. Artinya melalui menu tersebut, Anda bisa memilih opsi SS mana yang diinginkan, mulai dari screenshot untuk layar penuh atau hanya pada area khusus saja. 

Setelah memilih opsi screenshot mana yang sekiranya Anda inginkan, akan muncul suara seperti jepretan kamera yang menandakan bahwa screenshot Anda sudah berhasil. Tak hanya itu, akan muncul juga bagaimana preview atau tampilan screenshot-nya dalam versi kecil di bagian sisi kanan layar. 

5. Screenshot pada Macbook “Touch Bar” 

Cara screenshot di Macbook yang satu ini khusus digunakan bagi Anda pengguna Macbook yang berjenis “touch bar.” Seperti dikutip dari laman tek.id, untuk mendapatkan screenshot atau tangkapan layar yang tipis, coba tekan kombinasi tombol seperti Command, Shift lalu angka 6. Anda pun bisa melakukan screenshot dan menyimpan hasilnya seperti yang Anda inginkan. 

Tempat Penyimpanan Screenshot di Macbook

Umumnya, hasil screenshot di Macbook otomatis tersimpan dalam format PNG. Dan gambar tersebut secara default akan tersimpan dalam folder Desktop serta muncul juga sebagai shortcut pada layar desktop Anda. Biasanya hasil screenshot-nya akan tersimpan dengan nama “Jepretan Layar [tanggal] pukul [waktu].png.” 

Bagi Anda yang memakai Mac OS Mojave atau versi Mac OS yang lebih update, Anda juga bisa mengubah lokasi penyimpanan gambar hasil screenshot lho! Caranya adalah dengan klik menu “Option” kemudian pilih “Other Location” pada bagian opsi “Save to”. Anda pun bisa memilih opsi tempat penyimpanan yang Anda inginkan baik itu di document, mail, clipboard, dan lain-lain. 

Baca juga: Baru Dirilis, Ini Spesifikasi iPhone SE 3 Seharga 6 Jutaan

Atau bisa juga dengan cara mudah lain yakni tinggal tekan saja kombinasi beberapa tombol seperti Shift + Command + angka “5” maka layar akan menampilkan jendela kecil di bagian bawah. Cari menu “Options” di app screenshot tersebut dan pilih tempat penyimpanan yang Anda suka. 

Tidak perlu khawatir tentang keberlakuan berbagai cara screenshot di atas karena semuanya berlaku untuk seluruh seri Macbook baik itu Macbook Air maupun Pro. Namun mungkin pada aplikasi tertentu seperti app Apple TV, Anda tidak diizinkan untuk mengambil screenshot. 

Lalu bagaimana bila ingin menyalin hasil screenshot ke Papan Klip? Tinggal tekan dan tahan saja tombol “Control” saat mengambil tangkapan layar. Kemudian, tempelkan hasil tangkapan atau screenshot tersebut di tempat lain. Atau bisa juga dengan menggunakan Papan Klip Universal untuk bisa menempelkannya di perangkat Apple yang lain. 

Demikianlah beberapa cara screenshot di Macbook yang sangat praktis dan bisa Anda coba dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi ketiga. Tenang, dalam waktu hanya hitungan detik, gambar-gambar pada layar browser atau video atau sumber-sumber lain yang ingin Anda keep dalam laptop bisa langsung tersimpan dengan sempurna. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

09 Jan 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download