iPad Air 5 2022 Resmi Meluncur

24 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 12 May 2022

Apple Event pada hari Selasa 8 Maret 2022 lalu waktu Amerika Serikat. Salah satu gadget yang resmi diluncurkan pada acara tersebut adalah iPad Air 2022 atau dikenal juga dengan sebutan iPad Air 5.

iPad Air 5 atau iPad Air 2022 ini resmi diluncurkan bersamaan dengan diluncurkannya iPhone SE 2022 dan iPhone 13 warna terbaru yaitu warna hijau. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini pun melakukan peningkatan pada gadget-gadget yang baru saja dirilis.

Performa Cepat dengan Chipset M1 

Untuk iPad Air 5 sendiri Apple membekalinya dengan chipset unggulan yaitu chipset M1. Chipset M1 buatan Apple ini diklaim memiliki performa yang lebih cepat. Chipset M1 sendiri sebelumnya sudah disematkan pada MacBook tahun 2020 dan juga pada iPad Pro tahun 2021.

Baca juga : 5 Rekomendasi Tablet Advan terbaik di tahun 2022 | Kredit Pintar

Penggunaan chipset M1 membuat performa iPad Air 5 menjadi lebih cepat 60%. Ditambah dengan sistem operasi iPadOS 15 serta 8-core GPU yang membuat performa grafis lebih cepat 2x dibandingkan dengan iPad Air versi sebelumnya. Untuk RAM iPad Air 5 ini memiliki RAM 8 GB.

Selain itu, dengan adanya kombinasi CPU dan GPU, serta Neural Engine 16-core, iPad Air 5 dapat mendukung pengeditan video 4K. Bagi pengguna yang menyukai games, iPad Air 5 dapat mendukung permainan games dengan grafis yang intensif.

Pengguna juga dapat mendesain ruangan 3D menjadi lebih baik, serta dapat membuat AR (augmented reality) menjadi lebih realistis. Beberapa peningkatan lainnya juga sudah diterapkan Pada iPad jenis ini. Berikut ini spesifikasi lainnya dari iPad Air 5 atau iPad Air 2022 :

  1. Konektivitas 5G

iPad Air 5 memiliki peningkatan dibagian konektivitas. Terbukti dengan iPad Air 5 ini yang sudah mendukung jaringan 5G. Dengan dukungan tersebut iPad Air 5 mampu mencapai kecepatan hingga 3,5 Gbps. Ditambah dengan adanya dukungan dari eSim dan Wi-Fi 6 membuat iPad Air 5 ini memiliki fleksibilitas.

  1. Desain

Untuk desain iPad Air 5 atau iPad Air 2022 kali ini hadir dengan 5 warna yang berbeda yaitu Space Grey, Biru, Ungu, Merah Muda, dan Starlight. Untuk dimensi, iPad Air 5 memiliki dimensi 247,6mm x 178,5mm x 6,1 mm. Sedangkan untuk beratnya sendiri, iPad Air 5 memiliki bobot seberat 461 gram.

Selain itu Apple yang sudah memiliki komitmen menerapkan penggunaan bebas karbon membuat iPad Air 5 hadir dengan 100 persen penutup aluminium daur ulang dan netral karbon.

  1. Layar

Pada bagian layar, iPad Air 5 atau iPad Air 2022 ini dibekali dengan layar 10,9 inch FHD+ dengan resolusi 2.360 x 1.640 pixel dan kerapatan 264 ppi. Untuk tingkat kecerahannya iPad Air 5 menggunakan panel Liquid Retina IPS LCD dan dapat mencapai tingkat kecerahan hingga 500 nits dengan Truetone serta Wide Color gamut.

Dengan spesifikasi layar ini iPad keluaran terbaru ini dapat memberikan pengalaman penggunaan layar yang lebih baik daripada iPad generasi sebelumnya. 

Baca juga : Panduan Lengkap Game Online dan Offline | Kredit Pintar

  1. Kamera

Pada sisi kamera, iPad Air 5 atau iPad Air 2022 mendapatkan peningkatan kualitas terutama untuk kamera depan. Jika pada generasi sebelumnya memiliki kamera depan dengan resolusi 7 MP, kali ini iPad Air 5 memiliki kamera depan ultra wide dengan resolusi 12 MP.

Tidak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur center stage yang dapat secara otomatis memposisikan pengguna tetap di tengah ketika melakukan video call. Fitur ini juga dapat memuat wajah banyak orang dalam satu frame sehingga membuat pengalaman menggunakan kamera menjadi lebih menarik.

Sayangnya, untuk kamera belakang dari iPad Air 5 ini belum mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. iPad Air 5 masih menggunakan kamera belakang wide dengan resolusi 12 MP, sama seperti generasi sebelumnya,

  1. Baterai dan fitur lain

Untuk baterai iPad Air 5 masih membawa perangkat baterai yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu memiliki kapasitas daya 28,6 Wh. Penggunaanya bisa bertahan hingga 10 jam jika menggunakan koneksi Wi-Fi. Sedangkan akan bertahan hingga 9 jam jika menggunakan data seluler.

Meskipun demikian, baterai dari iPad Air 5 ini juga sudah mendukung fast charging 30w. Dan untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus membeli secara terpisah charger 30W, karena yang tersedia dalam box saat pembelian hanya adapter charger 20W.

iPad Air 5 juga dapat tampil mumpuni dan mendukung untuk disambungkan dengan  berbagai aksesoris dari Apple seperti Smart Keyboard Folio, Smart Folio Cover, Magic Keyboard, dan juga Apple Pencil Generasi 2. Apple Pencil Generasi 2 ini dapat membuat kegiatan menulis ataupun menggambar di layar iPad menjadi sangat nyaman layaknya menulis di atas kertas.

  1. Harga

Harga dari iPad Air 5 atau iPad Air 2022 ini beragam mengikuti jenis konektivitas yaitu hanya Wi-Fi atau Wi-Fi + seluler serta penyimpanan internal. Harga yang dicantumkan juga sudah termasuk kelengkapan dalam Box satu unit iPad Air 5, kabel USB Type-C sepanjang satu meter, serta adapter charger 20W. Berikut list harga yang diberikan Apple untuk iPad keluaran terbaru ini.

  • Wi-Fi (8/64 GB) : US$599 atau sekitar Rp 8,6 juta.
  • Wi-Fi (8/256 GB) : US$749 atau sekitar Rp 10,7 juta.
  • Wi-Fi + seluler (8/64 GB) : US$749 atau sekitar Rp 10,7 juta.
  • Wi-Fi + seluler (8/256 GB) : US$899 atau sekitar Rp 12,9 juta.

Baca juga : Spesifikasi dan Harga iPad Air M1 2022 | Kredit Pintar

Pre-Order iPad Air 5

Tiga hari setelah peluncurannya, tepatnya pada Jumat 11 Maret 2022 waktu Amerika Serikat, Apple mulai membuka pre-order untuk pembelian iPad Air 5, iPhone SE, dan iPhone 13 warna terbaru. Namun, pembukaan pre-order tersebut hanya berlaku untuk beberapa negara terpilih saja.

Di Indonesia sendiri, pihak Apple Indonesia belum memberikan informasi resmi terkait pre-order ataupun kapan ketiga gadget terbaru dari Apple ini akan mulai tersedia. Jadi apakah Anda tertarik dan siap menunggu sampai iPad Air 5 ini mengeluarkan release date di Indonesia?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download