Ampuh! Ini Cara Mengobati Sinusitis

06 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 14 Jul 2022

Sinusitis merupakan peradangan di lapisan sinus, yang pada umumnya ditandai dengan pilek, hidung tersumbat, serta nyeri pada area wajah. Kondisi ini bisa berlangsung dalam hitungan minggu, bulan, bahkan tahun. Berikut adalah cara mengobati sinusitis.

man pinching the bridge of his nose - sinusitis stock pictures, royalty-free photos & images

Baca Juga: Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Paling Manjur

Cara Mengobati Sinusitis

Berikut adalah cara mengobati sinusitis yang bisa Anda coba:

  1. Bersihkan saluran hidung Anda dengan air garam lalu bilas. 
  2. Kompres pada area hidung dengan air hangat agar lebih lega. 
  3. Hirup uap air panas pada wadah mangkuk besar. Hal ini bisa membuat saluran napas agar lebih lega. 
  4. Naikkan kepala dengan bantal saat tidur atau berbaring. Hal ini bisa mengurangi tekanan di sekitar sinus serta mengurangi gejala hidung tersumbat.
  5. Minum obat dekongestan, atau pakai semprotan dekongestan. Kedua zat itu bermanfaat dalam mengurangi penyumbatan saat sinus. Akan tetapi semprotan dekongestan disarankan tidak dipakai sebagai perawatan rutin, karena justru dapat menyebabkan penyumbatan sinus memburuk.

Tips Mengobati Sinusitis 

Selain mengobati sinusitis dengan cara tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala sinusitis. Berikut di antaranya:

1. Minum Wedang Jahe Hangat

Jahe tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur. Sejak berabad-abad lalu, tanaman ini dianggap dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Menurut studi dalam National Institutes of Health, tanaman ini mempunyai kandungan antimikroba, antioksidatif, antiseptik, serta antiinflamasi. Sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan di dinding sinus. 

jahe (ginger) - jahe stock pictures, royalty-free photos & images

Anda perlu membuat teh hangat yang dicampur dengan jahe guna membantu melegakan saluran pernapasan. Ramuan ini dapat meredakan hidung mampet karena flu serta sinusitis. Hal yang perlu ditegaskan, khasiat jahe sebagai obat herbal untuk mengatasi sinusitis tetap belum terbukti secara ilmiah.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu cara untuk mengatasi sinusitis adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah cairan seperti jus serta air mineral guna membantu mengencerkan lendir. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol serta kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi serta sinusitis menjadi semakin parah.

young man drinking water - drinking stock pictures, royalty-free photos & images

3. Nanas

Nanas juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi sinusitis. Buah nanas memiliki zat bromelain, protein yang dapat meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan. Di samping itu, bromelain dipercaya membantu meredakan batuk, serta mengencerkan lendir di tenggorokan.  

miniature pineapples on white - pineapple stock pictures, royalty-free photos & images

Menurut penelitian dari National Institutes of Health, penelitian in vitro serta in vivo menunjukkan bromelain dapat menimbulkan berbagai aktivitas, contohnya antiinflamasi. Selain itu, bromelain menyumbang banyak khasiat terapi kesehatan, salah satunya mengatasi sinusitis.

4. Menghirup Uap

Cara mengatasi sinusitis di rumah juga dapat dengan menghirup uap. Caranya sederhana, siapkan air panas pada mangkuk besar, kemudian hiruplah uap yang keluar dari air panas. Cara mengatasi sinusitis dengan uap dapat memberikan sedikit kelegaan bagi jalannya napas.

a thick mist gently rises and falls from an oil diffuser in a home environment - breathe steam stock pictures, royalty-free photos & images

5. Obat Tetes Hidung 

Cara lain mengatasi sinusitis lainnya adalah dengan menggunakan obat tetes hidung steroid. Akan tetapi, obat ini hanya dapat didapatkan dengan resep dokter. Obat ini dapat mengurangi peradangan di bagian rongga sinus serta membuat infeksi tidak menyebar ke tempat lain. Cara memakai obat ini dengan disemprotkan ke hidung.

C:\Users\Hi\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.MSO\6751A16E.tmp

Kemudian, terdapat pula obat semprot dekongestan. Akan tetapi, penggunaan dalam waktu lebih dari satu minggu, obat ini dapat menimbulkan efek samping. Contohnya, menyebabkan penyumbatan pada sinus semakin buruk. Oleh sebab itu, konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan obat ini. Anda dapat bertanya langsung pada dokter.

Baca Juga: 5 Obat Penambah Darah untuk Anemia, Wajib Tahu!

6. Tinggikan Posisi Kepala Ketika Tidur

Gunakan beberapa bantal untuk menopang kepala, agar posisi tidur lebih tinggi dari biasanya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah tekanan di sekitar sinus. Bisa juga untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat sinusitis.

Posisi Tidur Terbaik agar Bebas Dengkur - Info Sehat Klikdokter.com

7. Kompres dengan Air Hangat

Cara mengobati sinusitis lainnya adalah dengan mengompres bagian di sekitar hidung dengan air hangat. Cara ini dapat meringankan sejumlah gejala sinus yang membuat tidak nyaman. Airnya jangan terlalu panas agar tetap terasa nyaman.

close-up of coffee cup on table against blue background - hot water stock pictures, royalty-free photos & images

8. Madu

Madu mempunyai banyak keistimewaan bagi tubuh, salah satunya dapat meredakan sakit tenggorokan yang umumnya dialami penderita sinusitis. Madu lebih efektif dibandingkan obat-obatan yang dengan kandungan dextromethorphan (DMP).

honeycomb on white background - honey stock pictures, royalty-free photos & images

9. Buka ventilasi di dalam rumah

Rumah yang tertutup rapat bisa menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi tidak segar serta pengap, jadi berisiko memperburuk kondisi sinusitis Anda. Jadi bukalah ventilasi serta jendela di dalam rumah lebar-lebar pada pagi hari, agar udara di dalam rumah tetap segar.

rear view of mature woman opening curtains at window - open window stock pictures, royalty-free photos & images

10. Hindari Asap Rokok

Asap rokok merupakan zat utama yang harus dihindari penderita sinusitis. Apabila ada anggota keluarga atau tamu yang merokok, suruh mereka untuk merokok di luar rumah.

Rokok dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh, bahkan pada orang yang hanya menghirup asapnya. Pada penderita sinusitis, asap rokok bisa memperburuk kondisi sinusitis yang kambuh serta membuatnya lebih sering kambuh. 

11. Konsumsi makanan bergizi

Ada cara yang menyenangkan dalam menangani sinusitis di rumah, yakni makan makanan yang hangat serta bergizi, seperti sup ayam hangat. Uap hangat dan protein, antioksidan, serta antiradang dari sup ayam dianggap bisa meredakan gejala sinusitis serta pilek.

avocado toast with salmon and poached egg served for breakfast at a cafe - nutrition stock pictures, royalty-free photos & images

Oleh karena itu, Anda harus membuat sup ayam mengandung bahan makanan yang bergizi. Anda juga dapat menambahkan bumbu maupun rempah yang memiliki sifat antibakteri, contohnya bawang putih, jahe, serta bawang bombai, ke dalam sup ayam.

12. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi sinusitis yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel adalah bahan alami yang baik, dengan beragam manfaat kesehatan. Secangkir air panas atau teh, diminum tiga kali sehari dengan dua atau tiga sendok makan cuka sari apel mentah tanpa filter akan membantu mengencerkan lendir yang berlebihan. 

the flu - sinusitis stock pictures, royalty-free photos & images

13. Jenis Sinusitis

Sinusitis memiliki beragam jenis. Secara umum sinusitis terbagi dalam empat jenis, berdasarkan lama berlangsungnya kondisi tersebut, yaitu:

  1. Sinusitis akut, yang lamanya hingga 2–4 minggu, dan paling sering terjadi
  2. Sinusitis subakut, yang lamanya hingga 4–12 minggu
  3. Sinusitis kronis, yang berlangsung sampai 12 minggu, serta bisa berlanjut hingga berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun
  4. Sinusitis kambuhan, yang dapat terjadi sampai tiga kali maupun lebih hingga setahun

Baca Juga: Minum Obat Sambil Minum Teh, Bolehkah?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download