Minum Obat Sambil Minum Teh, Bolehkah?

17 Jan 2022 by Pintar Discover, Last edit: 26 Jan 2022

Teh menjadi salah satu minuman wajib yang disukai oleh orang Indonesia. Bahkan, beberapa orang meminum teh manis bersama obat untuk menyamarkan rasa pahit teh. Tahukah kamu? Ternyata obat tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi bersama teh. Mengapa demikian?

Mengandung senyawa kimia

Penggunaan obat untuk dikonsumsi bersama teh sangatlah berbahaya karena teh mengandung senyawa kimia yang mampu berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Salah satu senyawa kimia yang terkandung dalam teh adalah kafein. Akibatnya, kadar obat menjadi turun sehingga pengobatan kurang optimal.

Namun, ada beberapa obat yang malah kadarnya meningkat bila dikonsumsi bersama teh sehingga dosis obat menjadi berlebih dan meningkatkan risiko efek samping obat. Bahkan, ada beberapa obat yang bila dikonsumsi bersama dengan teh, dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, sakit kepala, kegelisahan, dan efek lainnya. Minumlah obat bersama air putih agar obat tidak bereaksi.

Untuk mengetahui apakah obat mengalami interaksi tertentu dengan obat atau makanan, jangan sungkan untuk bertanya kepada apoteker, ya.

26 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download