Perhatikan 5+ Cara Menghilangkan Jerawat Alami Berikut

30 Sep 2021 by Laruan

Mungkin banyak dari Sobat Pintar yang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat alami. Hal ini tidak dapat dipungkiri, mengingat jerawat adalah suatu permasalah kulit yang sangat menyebalkan bagi setiap orang terutama wanita. Tetapi Sobat Pintar tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara alami memudarkan jerawat. 

Perhatikan 5+ Cara Menghilangkan Jerawat Alami Berikut

Sebelum Sobat Pintar mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat, Sobat Pintar perlu memahami terlebih dahulu mengenai apa itu jerawat dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka Sobat Pintar bisa melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul. 

Cara pendaftaran penerima bansos pemerintah, simak di sini.

Apa Itu Jerawat?

Jerawat merupakan suatu permasalah kulit yang terjadi karena minyak dan sel kulit mati menyumbat tempat tumbuhnya rambut atau folikel rambut.  Penyumbatan ini akan menyebabkan peradangan pada kulit sehingga menimbulkan benjolan yang berisikan nanah. Benjolan yang berisi nanah inilah yang Sobat Pintar kenal sebagai jerawat. 

Pada umumnya jerawat muncul saat seseorang memasuki usia 13-15 tahun atau masa pubertas. Akan tetapi, masalah ini juga akan hilang dengan sendirinya apabila telah memasuki usia 20 tahun. Namun pada beberapa orang masih akan mengalaminya hingga usia 30 tahun bahkan lebih terutama pada wanita. Sehingga jerawat sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. 

Cara Menghilangkan Jerawat Alami

Lalu bagaimanakah cara alami memudarkan jerawat? Berikut ini cara yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk menghilangkan jerawat.

1. Mengoleskan lidah buaya pada kulit

Lidah buaya sudah sejak dulu dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat pada kesehatan kulit. Salah satunya yaitu dapat meredakan peradangan pada kulit yang menyebabkan jerawat. Manfaatnya ini berasal dari kandungan bahan aktif seperti sulfur dan asam salisilat dalam lidah buaya.

Untuk menggunakannya, Sobat Pintar perlu menyiapkan lidah buaya terlebih dahulu. Setelah lidah buaya didapatkan, keroklah bagian gelnya lalu oleskan pada kulit yang bermasalah. Lakukanlah cara ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam sehari. Apabila tidak mendapatkan lidah buaya, Sobat Pintar bisa menggunakan produk lidah buaya yang dijual di pasaran. 

2. Mengoleskan madu pada kulit

Selain lidah buaya, Sobat Pintar juga dapat mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat. Hal ini karena madu memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam membersihkan kotoran di wajah serta mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut.  

Untuk menggunakannya, Sobat Pintar perlu menyiapkan madu dan kapas yang steril terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dan wajah agar terhindar dari bakteri. Setelah itu, tuangkan madu pada kapas steril lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. 

3. Mengonsumsi bawang putih

Cara menghilangkan jerawat alami yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih dipercaya dapat mengatasi infeksi serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Manfaat yang satu ini datang dari khasiat yang dimiliki bawang putih yaitu antijamur, antibakteri, antivirus, antiseptik dan allicin. 

Untuk menggunakanya cukup dengan menambahkan bawang putih yang lebih banyak pada makanan yang akan Sobat Pintar konsumsi. Sebaiknya Sobat Pintar hindari mengoleskan  bawang putih pada kulit yang berjerawat. Pasalnya, kulit yang berjerawat rentan mengalami iritasi.

4. Mengompres jerawat dengan es batu

Sobat Pintar juga bisa menggunakan es batu untuk menghilangkan jerawat. Suhu dingin dari es batu dapat meredakan kemerahan dan bengkak yang ditimbulkan jerawat.  Selain itu, es batu juga dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa nyeri yang disebabkan jerawat. 

Cara menggunakannya cukup mudah, Sobat Pintar hanya perlu menyiapkan es batu dan kain yang lembut serta bersih. Setelah itu, bungkuslah es batu menggunakan kain lembut yang telah disiapkan tadi. Langkah terakhir yaitu menggosokkan  es batu yang telah dibalut pada kulit yang berjerawat. 

5. Menggunakan putih telur untuk masker wajah

Putih telur memiliki kandungan vitamin dan protein yang dapat mengeluarkan minyak serta mengencangkan kulit. Manfaat ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. 

Untuk menggunakanya, Sobat Pintar perlu memisahkan terlebih dahulu kuning telur dan putih telur. Setelah itu, oleskan putih telur pada permukaan kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Sangat disarankan untuk menggunakan telur organik agar tidak menimbulkan efek samping pada kulit. 

Kebiasan Yang Dapat Menghilangkan Jerawat 

Selain menggunakan bahan-bahan  alami untuk menghilangkan jerawat alami, Sobat Pintar juga perlu melakukan beberapa kebiasaan agar jerawat dapat hilang. Berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu Sobat Pintar lakukan. 

1. Rutin membersihkan wajah

Kebiasan yang perlu Sobat Pintar lakukan pertama yaitu rutin membersihkan wajah. Sobat Pintar bisa mencuci wajah di pagi hari dan malam hari sebelum bersiap tidur, atau ketika usai menggunakan makeup. Pada saat mencuci wajah,  Sobat Pintar harus melakukannya gerakan yang lembut  dan memutar. Akan tetapi, jangan mencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari, karena hanya akan membuat kulit Sobat Pintar menjadi iritasi. 

2. Konsumsi air putih yang banyak

Hal yang perlu Sobat Pintar lakukan selanjutnya yaitu mengonsumsi air yang lebih  banyak. Hal ini perlu dilakukan karena air putih yang Sobat Pintar konsumsi akan mempercepat penyembuhan jerawat serta mencegah munculnya jerawat di hari yang akan datang. Apabila Sobat Pintar kekurangan cairan, maka menyebabkan kulit menjadi lebih mudah iritasi dan jerawat pun mudah muncul. 

3. Olahraga dengan teratur

Olahraga yang teratur juga dapat membantu Sobat Pintar menghilangkan jerawat secara alami. Ketika Sobat Pintar berolahraga, maka aliran darah di dalam sel kulit akan menjadi lancar. Hal ini akan mencegah terbentuknya jerawat sekaligus menghilangkan jerawat yang sedang Sobat Pintar alami. 

4. Hindari menyentuh wajah saat tangan kotor

Kebiasan yang sangat sederhana ini sering kali dilupakan, padahal merupakan salah satu cara penting dalam menghilangkan jerawat sekaligus mencegahnya muncul. Pasalnya, tangan yang penuh bakteri ketika menyentuh jerawat, maka dapat menyebabkan jerawat semakin parah. Oleh karena itu, sebelum menyentuh wajah pastikan Sobat Pintar telah mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu. 

5. Hindarkan menggunakan makeup yang berlebihan

Apakah Sobat Pintar pernah menutupi jerawat dengan makeup? Sebaiknya hentikan  sekarang juga. Pasalnya, menggunakan makeup pada jerawat dapat membuat jerawat semakin parah karena beberapa kandungan yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin menggunakan makeup, pastikan pilih yang bertanda non-komedogenik.  

Demikianlah cara alami memudarkan jerawat yang Sobat Pintar bisa lakukan di rumah. Selain menggunakan cara alami memudarkan jerawat di atas, Sobat Pintar juga bisa menggunakan beberapa obat-obatan yang terbukti ampuh dalam mengatasi jerawat. Mungkin beberapa dari Sobat Pintar bingung mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Tidak perlu khawatir, karena Kredit Pintar hadir untuk mengatasi permasalah tersebut. 

Pinjaman online tidak dibayar, bagaimana dampaknya? Simak di sini! 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload