Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

13 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Sep 2023

Sebagai aplikasi pesan singkat yang paling sering digunakan, aplikasi WhatsApp menyimpan banyak sekali chat penting. Sayangnya, ada pengguna WhatsApp yang tanpa sengaja menghapus salah satu jendela pesan tersebut. Adakah cara mengembalikan chat WA yang terhapus di berbagai perangkat?

cara mengembalikan chat WA yang terhapus

Jika pesan yang tanpa sengaja terhapus adalah pesan yang penting, pengguna WA tersebut pasti akan kebingungan dan bisa jadi merasa panik. Padahal tidak perlu panik karena ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan pesan yang tidak sengaja terhapus dari aplikasi WhatsApp.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus dengan Drive

Kalau Anda juga tanpa sengaja menghapus salah satu pesan yang ada di WA dan ingin berusaha untuk mengembalikannya, beberapa cara di halaman ini bisa langsung Anda terapkan. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Google Drive yang ada di perangkat Anda.

Sayangnya, cara mengembalikan chat WA yang terhapus menggunakan Google Drive hanya bisa digunakan jika aplikasi WhatsApp ada di perangkat Android. Dan Anda juga harus sudah melakukan backup atau pencadangan pesan di aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Baca juga: Panduan Bagaimana Prosedur Mengajukan HaKI

Untuk bisa mengembalikan chat yang terhapus, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Hapus terlebih dahulu pemasangan aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.
  2. Kemudian unduh lagi aplikasi WhatsApp langsung dari Play Store, hindari mengunduh dari situs web manapun yang mencurigakan.
  3. Login ke aplikasi WhatsApp seperti sebelumnya kemudian laksanakan verifikasi nomor HP yang Anda gunakan.
  4. Selanjutnya, Anda akan memperoleh pemberitahuan untuk melakukan Restore atau memulihkan chat melalui Google Drive. Pastikan Anda menyetujui proses pemulihan chat ini sebelum menyentuh tombol Next.
  5. Setelah mengikuti semua cara mengembalikan chat WA yang terhapus ini, seharusnya seluruh chat yang tersimpan di file backup bisa muncul kembali di aplikasi WA, termasuk pesan yang tanpa sengaja terhapus sebelumnya.

Sebagai Tindakan pencegahan, selalu lakukan pencadangan terhadap seluruh chat yang ada di aplikasi WhatsApp ke salah satu akun Google yang Anda gunakan. Dan pastikan untuk memilih akun Google yang sama saat melakukan login lagi ke WhatsApp.

Kalau Anda melakukan login dengan menggunakan akun Google yang berbeda, atau lupa menyetujui pemulihan chat saat login, chat yang hilang tidak akan muncul lagi di aplikasi WhatsApp.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus dengan iCloud

Jika cara yang sebelumnya adalah khusus untuk para pengguna Android, cara yang satu ini bisa dicoba oleh para pengguna iPhone. Caranya adalah dengan menggunakan iCloud. Untuk memulihkan pesan yang menghilang dari aplikasi WA iPhone karena kesalahanmu, langsung ikuti beberapa cara ini:

  1. Seperti biasa, hapus dulu aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang di perangkat iPhone milikmu.
  2. Pasang lagi aplikasi WhatsApp dari App Store kemudian masuk atau login seperti yang biasa Anda lakukan.
  3. Jika muncul perintah Pulihkan atau Restore pada aplikasi WhatsApp, pilih untuk melakukan pemulihan kemudian sentuh tombol Next.
  4. Aplikasi WhatsApp akan secara otomatis mengambil cadangan file atau file backup dari iCloud. Anda perlu menunggu selama beberapa waktu.
  5. Setelah itu, seluruh chat akan langsung kembali seperti sedia kala, sesuai dengan yang ada di file backup di iCloud.

Sayangnya, cara mengembalikan chat WA yang terhapus yang satu ini juga mengharuskan Anda untuk melakukan backup data terlebih dahulu ke akun iCloud. Jika Anda tidak melakukan backup data sama sekali, maka chat yang terhapus tidak bisa dikembalikan lagi melalui iCloud.

Pulihkan Chat yang Terhapus Tanpa Backup Data

Bagaimana kalau pengguna tidak pernah melakukan pencadangan atau backup data sehingga tidak ada data yang tersimpan di iCloud maupun di Google Drive? Adakah cara mengembalikan chat WA yang terhapus meskipun cadangan data tidak ditemukan di dua layanan tersebut?

Cara ini merupakan harapan terakhir yang bisa Anda pertimbangkan. Sebenarnya Anda bisa langsung mencoba cara ini setelah ada chat yang terhapus. Tapi dibandingkan dengan dua cara yang sebelumnya, cara memulihkan chat yang ketiga ini terbilang lebih rumit dan membingungkan.

Baca juga: Cara Melihat Link Instagram Terbaru 2022

2 Cara Membuat Tampilan Whatsapp Web Menjadi Blur - Bintang Sekolah  Indonesia

Jika dua cara sebelumnya tidak berfungsi dan chat yang terhapus belum juga kembali, langsung saja ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi File Manager yang terdapat di ponsel Anda. Lalu cari folder WhatsApp dan buka Database folder.
  2. Selanjutnya pilih folder yang berjudul msgstore.db.crypt12 dan ubah nama folder tersebut menjadi msgstore_BACKUP.db.crypt12. Folder ini memuat backup terakhir yang secara otomatis dilakukan oleh aplikasi WhatsApp.
  3. Cara mengembalikan chat WA yang terhapus berikutnya adalah membuka folder tersebut dan mencari file backup yang judulnya msgstore-[tahun, bulan, serta tanggal].1.db.crypt12 dengan tanggal terbaru. Kemudian ubah nama data tersebut menjadi msgstore.db.crypt12.
  4. Sekarang buka aplikasi Google Drive kemudian hapus cadangan data WhatsApp yang Anda temukan di aplikasi tersebut. Dengan demikian, Google Drive pun terpaksa memulihkan data cadangan yang ada di penyimpanan lokal ponsel Anda.
  5. Hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel kemudian pasang lagi aplikasi yang sama dari Play Store. Ketika muncul pemberitahuan untuk melakukan pemulihan data atau Restore, aplikasi WhatsApp akan langsung mengambil data yang ada di ponsel Android Anda.
  6. Cara mengembalikan chat WA yang terhapus terakhir adalah memilih Restore atau Next kemudian menunggu proses login selesai. Setelah berhasil masuk ke akun WhatsApp Anda, chat yang tadinya terhapus akan muncul lagi di aplikasi WhatsApp.

Sekarang karena Anda sudah mengetahui betapa pentingnya melakukan backup data atau pencadangan data, pastikan untuk selalu melakukan pencadangan data.

Lakukan Backup Data Secara Teratur

Backup data akan selalu berguna bagi diri Anda sendiri. Proses melakukan backup data atau pencadangan data juga sebenarnya sangat mudah dan cepat. Pastikan untuk selalu melakukan backup data secara teratur sehingga semua chat akan selalu aman dan tidak terhapus secara permanen.

Untuk melakukan backup data chat WA, Anda perlu membuka aplikasi WA dan mengakses Settings dengan cara membuka ikon menu di aplikasi WA. Cara mengembalikan chat WA yang terhapus diatas akan lebih mudah dilakukan jika data sudah terlebih dahulu dicadangkan.

Baca juga: Cantik dan Praktis! Ini Cara Membuat Kotak Kado

Whatsapp Rilis 11 Fitur Keren Baru, Begini Cara Pakainya

Setelah Settings terbuka, pilih pengaturan Chats kemudian gulir sampai Anda menemukan pilihan Chat backup. Sentuh tombol tersebut lalu tunggu beberapa detik. Proses backup data pun akan berlangsung dengan cepat jika Anda sudah pernah memasukkan akun Google atau iCloud ke aplikasi WA.

Jika Anda belum pernah memasukkan akun, WA akan meminta metode penyimpanan untuk proses backup. Pilih salah satu sesuai dengan keinginan. Selanjutnya jika ada chat yang terhapus, langsung saja ikuti salah satu cara mengembalikan chat WA yang terhapus di halaman ini.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download