Cara Mengatasi HP Lemot yang Sering Bikin Kesal

Cara Mengatasi HP Lemot yang Sering Bikin Kesal

04 Jun 2021 by kreditpintar
Cara Mengatasi HP Lemot yang Sering Bikin Kesal

Tiada hari tanpa HP, adalah kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkan realita kehidupan sekarang. HP atau smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia digital. Hampir seluruh aktivitas sehari-hari ditunjang dengan menggunakan HP. Namun permasalahannya, sering terjadi HP menjadi lemot, yang bisa disebabkan karena umur HP atau permasalahan-permasalahan lainnya. Cara mengatasi HP lemot tidak sembarangan, karena HP merupakan produk elektronik yang jika tidak hati-hati dapat menimbulkan kerusakan. 

Setelah menggunakan HP dalam jangka waktu yang cukup lama, biasanya akan mengalami penurunan performa. Hal ini juga biasa terjadi dengan produk-produk elektronik lainnya. Penyebab HP lemot lainnya juga bisa karena perawatan yang kurang baik, atau penggunaan yang melewati batas kemampuan HP. Sama seperti tubuh manusia, HP juga memiliki batasan dalam menjalankan program-program yang telah disematkan kepadanya. 

Ada dua solusi untuk mengatasi HP lemot, memperbaikinya atau membeli HP baru. Sepertinya solusi memperbaiki masih menjadi pilihan yang banyak dipilih orang-orang. Mengingat HP bukan produk murah yang dapat dibeli kapan saja seperti membeli cimol abang-abang di depan gang. Namun, tidak semua permasalahan di HP dapat diperbaiki, dan membeli baru harus menjadi pilihan satu-satunya. 

Penyebab HP Lemot

Sebelum kita memutuskan untuk membeli baru atau memperbaiki HP, kita lihat dulu sumber masalah yang menyebabkan HP lemot.

  1. Memori begah, pemicu yang satu ini paling sering terjadi. Terkadang kita tidak memperhatikan kapasitas penyimpanan memori di HP. Sehingga menyimpan banyak file seperti aplikasi, foto, video atau file lainnya yang selama bertahun-tahun tidak dihapus. Memori yang penuh sangat mempengaruhi kinerja HP dan menyebabkan HP menjadi lemot. 
  2. Penurunan performa baterai, hal ini wajar terjadi pada produk elektronik. Performa baterai HP lama-kelamaan memang akan mengalami penurunan secara bertahap. Akan tetapi, penurunan ini dapat berlangsung lebih cepat karena penggunaan HP yang tidak sehat. Membiarkan HP di charge semalaman, menggunakan HP saat sedang di charge, atau HP yang digunakan secara nonstop tanpa henti menjadi pemicu menurunnya performa baterai HP.
  3. Penurunan performa RAM, sama hal nya dengan baterai, RAM juga akan mengalami penurunan performa seiring berjalannya penggunaan. RAM berfungsi untuk menjalankan aplikasi. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat sebuah aplikasi di HP akan berjalan. Penurunan performa ini tentunya akan mempengaruhi kinerja dan menjadi pemicu HP lemot.
  4. Sistem operasi HP terlalu update, merupakan hal terakhir yang tidak kita sadari bisa menyebabkan HP lemot. Kebanyakan orang berpikir selalu update sistem operasi HP akan menyebabkan HP semakin kencang karena menggunakan sistem yang paling terbaru. Padahal jika jenis update sistem operasi tersebut sudah tidak sesuai dengan kondisi HP akan menyebabkan HP bekerja terlalu keras untuk dapat menyesuaikan kinerja sistem operasi tersebut. Sistem operasi terbaru akan diciptakan untuk HP terbaru, artinya tidak semua HP lama bisa berjalan dengan baik jika menggunakan sistem operasi tersebut.

Cara Mengatasi HP Lemot

1. Jaga kapasitas memori

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kapasitas memori yang penuh menjadi penyebab HP menjadi lemot. Maka salah satu cara untuk mengatasi HP yang lemot adalah dengan menjaga kapasitas memori tetap berada pada batas aman. Batas aman untuk memori adalah 80%. Jika jumlah pemakaian memori Sobat Pintar sudah melebihi batas tersebut maka mulailah melakukan seleksi file-file yang tersimpan. Hapus beberapa file yang ternyata tidak diperlukan tapi masih tersimpan. Jika semua file ternyata masih diperlukan, pindahkan file ke penyimpanan cloud drive atau pindahkan ke komputer dan gadget lain Sobat Pintar. 

2. Minimalkan penggunaan aplikasi

Kita sering memasang berbagai aplikasi karena sangat banyak pilihan aplikasi di store. Tapi bukan berarti semuanya harus kita miliki karena belum tentu semuanya kita butuhkan. Lebih baik gunakan aplikasi serba guna yang dapat melakukan beberapa tugas sekaligus. Hal ini akan mengurangi jumlah aplikasi yang tersimpan di HP Sobat Pintar. Hapus aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai, atau tidak terlalu diperlukan untuk HP Sobat Pintar. Jika perlu gunakan aplikasi versi lite untuk menghemat penggunaan memori.

3. Bersihkan memori cache 

Memori cache adalah tempat penyimpanan data sementara saat kita menggunakan aplikasi di HP. Kegunaan memori cache adalah untuk memudahkan kita saat membuka aplikasi. Namun memori cache akan menumpuk jika dibiarkan begitu saja, yang tentunya menyebabkan penyimpanan penuh dan HP menjadi lemot. 

4. Matikan fitur auto-sync

Fitur auto-sync adalah berfungsi untuk menghubungkan semua akun yang ada di HP Sobat Pintar. Akun-akun yang terdapat pada HP seperti akun google, media sosial, dan akun-akun lainnya akan memperoleh update dan notifikasi dengan fitur auto-sync. Akan tetapi fitur ini dapat menyebabkan HP menjadi lemot karena fitur ini akan selalu berjalan di latar belakang. Jika terdapat beberapa akun yang memang harus selalu di update, hidupkan fitur auto-sync hanya pada beberapa akun tersebut, dan matikan pada akun-akun lain yang dirasa kurang penting. 

5. Reset HP

Cara terakhir yang dapat dilakukan jika keempat cara mengatasi hp yang lambat di atas masih tidak efektif adalah dengan melakukan factory reset. Cara terakhir ini efektif untuk dilakukan karena akan mengembalikan keadaan HP Sobat Pintar menjadi seperti keadaan saat baru dibeli. Tapi perlu dicatat, factory reset juga tidak baik jika terlalu sering dilakukan. Terlalu sering melakukan factory reset menyebabkan beberapa komponen di dalam HP akan rusak, seperti antena penangkap sinyal dan chip memori. 

Beli Baru

Jika cara mengatasi HP lemot di atas masih tidak ampuh memperlancar kinerja HP Sobat Pintar, cara terakhir adalah dengan mengganti HP Sobat Pintar dengan yang baru. Karena HP merupakan produk elektronik, maka HP pasti memiliki usia pakai. HP lemot adalah salah satu tanda kalau HP sudah mencapai batas usia pakai tersebut, sehingga mengganti dengan HP baru menjadi satu-satunya solusi.

Membeli HP baru mungkin akan menjadi sedikit berat karena harganya yang tinggi. Solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman dari Kredit Pintar yang siap sedia untuk memberikan pinjaman dengan limit yang tinggi, sangat sesuai bagi Sobat Pintar yang ingin membeli HP baru dengan fitur yang paling canggih. Bunga pinjaman yang rendah tidak memberatkan bagi Sobat Pintar saat mengembalikan pinjaman instan. Selain itu tenor pinjaman yang beragam dapat Sobat Pintar pilih sesuai dengan kemampuan Sobat Pintar dalam membayar. Dapat berupa pembayaran langsung lunas atau dengan pembayaran cicilan.

Kesimpulan 

Jadi kesimpulannya, HP lemot dapat dicegah dengan perawatan yang baik. Cara mengatasi HP lemot di atas juga dapat Sobat Pintar lakukan untuk meningkatkan kinerja HP Sobat Pintar. Terakhir jika memang HP Sobat Pintar sudah terlalu tua dan harus diganti, tinggal lakukan pinjaman instan dari Kredit Pintar untuk mendapatkan HP terbaru.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk