Gini Loh, Cara Mendapatkan Uang Dari Google!

17 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 22 Nov 2021

Siapa bilang menghasilkan uang dari internet itu bohong? Memang terbukti bisa, kok! Mungkin mereka yang bilang bohong itu belum tahu cara mendapatkan uang dari Google dengan benar. Biar kalian tidak merasa tertipu lagi, yuk coba ikuti cara mendapatkan uang dari Google berikut ini!

Sumber: Unsplash / Alt Text: Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Cara Mendapatkan Uang dari Google

Buat Sobat Pintar yang belum tahu, selain menyediakan layanan mesin pencarian, Google juga menyediakan berbagai layanan yang bisa menghasilkan uang. Tentunya tidak semua orang tahu apa saja layanan itu, bagaimana cara menggunakannya, dan kelebihan dan kekurangan dari layanan monetisasi tersebut.

Kali ini, kami akan membahasnya secara tuntas supaya Sobat Pintar dapat menentukan platform terbaik untuk menghasilkan uang yang paling sesuai dengan gaya Sobat Pintar.

  1. Google AdSense

Buat kalian yang sedang mencari-cari cara mendapatkan uang dari Google, pasti kalian sudah membaca bahwa Google AdSense adalah salah satu caranya. Ya, layanan ini dibuat oleh Google untuk menampilkan iklan pada bagian laman website yang Sobat Pintar punya.

Google AdSense pun menawarkan komisi yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan layanan iklan yang lain. Sobat Pintar dapat menerima komisi dari Google AdSense jika ada orang yang melihat dan mengklik banner iklan yang kamu cantumkan pada website.

Iklan yang dimuat pada website kamu pun beragam, mulai dari teks, video, gambar, hingga media interaktif lainnya. Semua iklan ini dirancang supaya bisa menyasar dengan tepat audiens yang dituju. Tentunya, iklan yang tampil di website kamu sudah disesuaikan dengan audiens dan niche Sobat Pintar. Jadi, Sobat Pintar tidak perlu khawatir mendapatkan iklan yang aneh atau melenceng dari niche.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Cara mendapatkan uang dari Google AdSense sebenarnya sangat mudah. Sobat Pintar hanya perlu memiliki sebuah website dan kemudian mendaftarkan website tersebut pada website Google AdSense dan mengisi formulir yang mereka minta. Formulir tersebut berisi seperti alamat website dan email Sobat Pintar.

Kelebihan Menggunakan Google Adsense:

  • Sobat Pintar dapat menghasilkan uang ketika iklan di klik oleh pengunjung website.
  • Iklan yang ditampilkan merupakan harga tertinggi.
  • Sobat Pintar dapat memilih iklan yang ingin ditampilkan.
  • Iklan bersifat responsif, sehingga cocok di berbagai layar.
  • Memiliki statistik untuk menilai performa iklan.

Kekurangan Menggunakan Google Adsense:

  • Sobat Pintar harus memiliki trafik yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.
  • Komisi akan secara otomatis jika Sobat Pintar kehilangan trafik.
  • Sobat Pintar bisa terkena penalti jika tak sengaja mengklik iklan.
  1. Google Ads

Cara kedua untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan menggunakan Google Ads. Cara yang satu ini sedikit berbeda dengan Google Ads.

Google Ads hanya akan memberikan opsi untuk menampilkan usaha Sobat Pintar di laman pencarian teratas. Tentunya, dari segi bisnis, hal ini sangat menguntungkan.

Selain dari hasil pencarian, Google Ads juga menyediakan beragam bentuk iklan yang berbeda-beda. Seperti promosi iklan bergambar, klip video YouTube, dan iklan lainnya. Sobat Pintar hanya perlu membayar sejumlah orang yang mengetuk iklan Sobat Pintar. Jadi, sistemnya ini menerapkan konsep pay-per-click atau PPC.

Cara Mendapatkan Uang dari Google  Ads

Pastikan Sobat Pintar memiliki bisnis dan website bisnis sendiri. Kemudian, Sobat Pintar bisa masuk ke laman Google Adsense dan melengkapi formulir yang tersedia. Lalu, Sobat Pintar pilihlah kata kunci yang diinginkan atau target, kemudian lengkapi tampilan iklan sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. Setelah itu, tetapkan target pasar, geografi, gender, dan usia sesuai dengan target pasar Sobat Pintar.

Kelebihan Menggunakan Google Ads:

  • Merupakan media promosi yang mudah dan efektif untuk bisnis.
  • Menggunakan sistem PPC, Sobat Pintar hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah orang yang sudah ditetapkan.
  • Memiliki berbagai resources dan informasi pendukung saat kampanye iklan telah dibuat.

Kekurangan Menggunakan Google Ads:

  • Tidak cocok untuk mereka yang tidak memiliki bisnis.
  • Perlu memiliki modal untuk menggunakan Google Ads.
  1. YouTube

Sobat Pintar pasti sudah familiar dengan YouTube. Ya, media sosial yang satu ini memang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya, mereka mencari hiburan melalui video yang ada di YouTube.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, hampir semua orang mencoba peruntungan mendapatkan uang dari YouTube dengan membuat konten video yang unik. Bahkan, beberapa dari mereka sudah ada yang berhasil meraup keuntungan dari YouTube seperti JessNoLimit, Ria Ricis, Deddy Coburzier, dan masih banyak lainnya.

Lalu, bagaimana caranya menghasilkan uang dari Youtube dengan bermodalkan video saja? Berikut caranya!

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Pertama, Sobat Pintar harus memiliki channel YouTube sendiri. Kemudian, Sobat Pintar buat konsep konten yang ingin dibagikan, bisa edukasi, informasi, komedi, drama, musik, dan keseharian Sobat Pintar.

Kemudian, Sobat Pintar rekamlah konten yang sudah ditetapkan, setelah itu edit video tersebut menjadi lebih menarik. Seperti menambahkan elemen-elemen lucu dan suara. Setelah selesai, unggah video tersebut di channel YouTube Sobat Pintar.

Untuk mendapatkan uang yang banyak dari YouTube, Sobat Pintar harus rajin mempromosikan konten video yang sudah Sobat Pintar buat. Sobat Pintar bisa membagikan video tersebut ke grup-grup WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya. Jangan lupa promosikan video kamu di media sosial lainnya juga.

Kelebihan Menggunakan YouTube:

  • Mendapatkan uang yang sangat fleksibel: AdSense, kerjasama dengan brand, menjadi ambassador, hingga menjadi pembicara di acara.
  • Memiliki jaringan dengan banyak content creator.
  • Memiliki pengaruh yang besar ke masyarakat.

Kekurangan Menggunakan YouTube:

  • Butuh modal besar untuk menghasilkan konten video berkualitas.
  • Membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan penonton setia.
  • Memiliki persaingan yang tinggi.
  1. Google My Business

Cara mendapatkan uang dari Google yang terakhir adalah menggunakan Google My Business. Cara ini sangat cocok untuk Sobat Pintar yang memiliki bisnis seperti bengkel, rumah makan, coffee shop, gym, dan bisnis lainnya.

Saat ini semua orang sangat mengandalkan Google untuk mencari tahu sesuatu. Bahkan, saat mereka hendak membeli makan siang. Dengan menggunakan Google My Business ini, visibilitas bisnis Sobat Pintar yang kurang terlihat oleh masyarakat sekitar akan menjadi lebih terlihat di Google Maps. Tentunya, hal ini sangat menguntungkan bagi bisnis Sobat Pintar bukan?

Selain itu, dengan menggunakan Google My Business ini, Sobat Pintar bisa mendapatkan penilaian secara langsung oleh konsumen. Tentunya, fitur ini sangat menguntungkan untuk mendapatkan nilai yang lebih di mata konsumen.

Keuntungan Menggunakan Google My Business

  • Mudah digunakan dan mengatur tampilannya.
  • Meningkatkan visibilitas bisnis secara online.
  • Terdapat fitur insight yang lengkap.
  • Lebih praktis membangun reputasi bisnis.

Kekurangan Menggunakan Google My Business

  • Dapat memiliki reputasi yang buruk saat menyampaikan informasi yang salah.
  • Memiliki tuntutan untuk menanggapi review atau pertanyaan dari pelanggan.

Sudah Paham Cara Mendapatkan Uang Dari Google?

Jadi itulah cara mendapatkan uang dari Google. Mudah bukan? Sobat Pintar bisa menyesuaikan keempat pilihan tersebut sesuai dengan kemampuan yang Sobat Pintar miliki.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download