Mudah! Berikut Cara Menanam Kacang Hijau

18 Jan 2024 by kreditpintar, Last edit: 23 Jan 2024

Cara menanam kacang hijau menjadi tantangan dan kepuasan tersendiri bagi para pecinta tanaman. Kacang hijau, yang juga dikenal sebagai Vigna radiata, bukan hanya sumber protein nabati yang baik, tetapi juga tanaman yang relatif mudah ditanam. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah praktis untuk memulai perjalanan bertanam kacang hijau yang produktif.

Cara Menanam Kacang Hijau

Baca juga: Penting! Ini Bahaya Makan Kecambah Mentah

1. Persiapan Tanah yang Optimal

Mempersiapkan tanah yang baik menjadi tahap kritis dalam suksesnya menanam kacang hijau. Pentingnya tanah yang subur dan kaya nutrisi tidak dapat diabaikan, karena ini menjadi dasar pertumbuhan yang optimal bagi tanaman. Tahapan awal ini dimulai dengan membersihkan tanah dari rumput dan batu, menciptakan lingkungan yang bebas dari gangguan yang dapat menghambat pertumbuhan kacang hijau. 

Selanjutnya, penambahan pupuk organik menjadi kunci untuk memperkaya tanah dengan nutrisi esensial, memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan tanaman yang sehat.Selain itu, perlu ditekankan bahwa tanaman kacang hijau memerlukan tanah yang memiliki drainase baik. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah memberikan lapisan pasir atau bahan drainase lainnya untuk mencegah tergenangnya air. 

Drainase yang baik sangat penting karena kacang hijau tidak menyukai kelebihan air yang dapat menyebabkan akumulasi dan kerusakan pada akar tanaman. Dengan demikian, persiapan tanah yang optimal tidak hanya mencakup aspek kesuburan dan nutrisi, tetapi juga memastikan lingkungan tanah yang sesuai dengan kebutuhan kacang hijau, termasuk sistem drainase yang efektif.

2. Pemilihan Benih yang Berkualitas

Pemilihan benih yang berkualitas memainkan peran sentral dalam mencapai kesuksesan dalam menanam kacang hijau. Tanaman yang subur dan produktif bermula dari benih yang unggul. Oleh karena itu, memahami proses pemilihan benih yang baik sangat penting untuk memastikan hasil panen yang optimal.

– Kriteria Benih yang Berkualitas

Benih kacang hijau yang berkualitas dapat diidentifikasi melalui beberapa kriteria kunci. Pertama-tama, perhatikan warna benih yang seragam. Benih yang memiliki warna merata menandakan kesehatan dan kematangan yang baik. Selanjutnya, ukuran benih yang konsisten juga menjadi indikator penting. 

Benih yang seukuran menunjukkan keseimbangan dan keseragaman dalam pertumbuhan tanaman.

– Tidak Ada Kompromi pada Kualitas

Penting untuk mendapatkan benih dari sumber yang terpercaya. Pilih penyedia benih yang terkenal akan kualitasnya dan memiliki rekam jejak yang baik dalam menyediakan benih yang unggul. Hal ini dapat menjamin bahwa benih yang Anda peroleh telah melalui proses seleksi dan pemilihan yang ketat.

– Proses Perendaman 

Sebelum menanam, langkah lanjutan yang krusial adalah merendam benih dalam air selama beberapa jam. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan daya kecambah benih. Rendaman akan membantu melonggarkan cangkang benih dan merangsang proses perkecambahan, memastikan bahwa tanaman dapat tumbuh kuat sejak awal.

– Dampak Positif pada Pertumbuhan Awal

Rendaman benih tidak hanya memberikan keunggulan dalam daya kecambah, tetapi juga dapat mempercepat pertumbuhan awal tanaman kacang hijau. Dengan mempersiapkan benih secara optimal sebelum ditanam, Anda memberikan fondasi yang kokoh bagi tanaman untuk berkembang dengan baik sepanjang siklus hidupnya.

Pemilihan benih yang berkualitas bukan hanya langkah awal dalam cara menanam kacang hijau yang sukses, tetapi juga investasi pada keberlanjutan kesuksesan panen. Tanaman yang tumbuh dari benih yang unggul cenderung lebih tangguh terhadap kondisi lingkungan yang berubah dan memiliki potensi hasil yang lebih baik.

Cara Menanam Kacang Hijau

Baca juga: Cara Membuat Toge Mudah dan Murah

3. Penanaman Kacang Hijau

Penanaman kacang hijau merupakan tahapan krusial dalam siklus pertumbuhan tanaman yang membutuhkan perhatian khusus. Setelah tahap persiapan tanah dan pemilihan benih, langkah penanaman menjadi momen penting yang mempengaruhi hasil panen.

Langkah pertama dalam penanaman kacang hijau adalah menciptakan lubang tanam dengan jarak yang optimal, umumnya sekitar 10-15 cm. Jarak yang cukup antar lubang memastikan tanaman memiliki ruang yang cukup untuk berkembang tanpa bersaing secara intensif untuk nutrisi dan air.

Setelah lubang tanam terbentuk, langkah selanjutnya adalah menempatkan satu atau dua benih kacang hijau di setiap lubang. Pemilihan benih yang berkualitas sejak awal memastikan keberhasilan dalam proses perkecambahan. Rendam benih dalam air selama beberapa jam sebelum penanaman untuk meningkatkan tingkat keberhasilan perkecambahan.

Setelah menempatkan benih, tutuplah lubang tanam dengan tanah secara hati-hati. Proses penutupan harus dilakukan dengan teliti untuk menghindari kerusakan pada benih atau perakaran yang sedang berkembang. 

Setelah lubang tanam tertutup, penting untuk menyiram tanah dengan lembut. Menyiram tanah membantu menciptakan kondisi yang optimal bagi benih untuk berkecambah dan tumbuh dengan baik.

Perhatian terhadap setiap langkah dalam penanaman kacang hijau menjadi kunci keberhasilan tanaman tersebut. Dengan melakukan proses penanaman dengan seksama, Anda dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal dan memastikan hasil panen yang memuaskan pada tahap selanjutnya. 

Selain itu, pemantauan terus-menerus terhadap kondisi tanaman setelah penanaman akan membantu mengidentifikasi potensi masalah dan memungkinkan intervensi yang tepat waktu untuk menjaga kesehatan tanaman kacang hijau.

4. Perawatan Rutin

Hal penting lainnya dalam cara menanam kacang hijau adalah perawatannya. Perawatan rutin memainkan peran kunci dalam pertumbuhan kacang hijau. Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur, tetapi hindari tanah yang terlalu basah. 

Kacang hijau tidak menyukai tanah yang tergenang air. Pemberian pupuk organik secara berkala juga diperlukan untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

5. Penyulaman dan Pemangkasan

Penyulaman dan pemangkasan adalah langkah penting dalam cara menanam kacang hijau yang menghasilkan panen melimpah. Ketika tanaman kacang hijau telah mencapai ketinggian tertentu, lakukan pemangkasan pada bagian ujung pucuk untuk merangsang percabangan. Selain itu, singkirkan gulma di sekitar tanaman untuk mengurangi kompetisi nutrisi dan air.

Cara Menanam Kacang Hijau

6. Panen dan Pascapanen

Setelah melewati fase pertumbuhan, saatnya untuk panen kacang hijau. Panen dilakukan ketika polong kacang hijau telah mencapai ukuran yang diinginkan dan bijinya sudah penuh. Kacang hijau dapat dipanen dengan memotong batangnya menggunakan gunting taman. Setelah panen, jemur kacang hijau di tempat yang teduh untuk mengeringkannya sebelum disimpan.

Cara menanam kacang hijau memang melibatkan serangkaian langkah, mulai dari persiapan tanah hingga panen. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan kacang hijau dan menghasilkan panen yang melimpah. Ingatlah untuk selalu memperhatikan perawatan tanaman secara rutin dan berikan perhatian khusus pada pemilihan benih yang berkualitas. 

Dengan begitu, Anda akan menemukan bahwa cara menanam kacang hijau bukan hanya kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga memuaskan untuk dilakukan. Segera mulai perjalanan bertanam Anda dan nikmati hasilnya dengan kacang hijau yang segar dan sehat.

Baca juga: 5 Cara Menanam Bunga Matahari Dijamin Berhasil

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Jan 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download