Cara Memperoleh Sertifikat Vaksin dari PeduliLindungi

30 Aug 2021 by Laruan

Vaksin Covid-19 merupakan salah satu kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia, dalam mendukung program pemerintah untuk menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19. Vaksin penting dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita dari virus. Selain itu dari segi formalitas, sertifikat vaksin diperlukan sebagai bukti kita telah melakukan vaksin dan dibutuhkan untuk melakukan berbagai hal administrasi saat ini. 

Banyak dari kita yang belum mengetahui cara memperoleh sertifikat vaksin. Sebenarnya pemerintah telah memberikan fasilitas digital bagi masyarakat Indonesia untuk memperoleh sertifikat vaksin, yaitu melalui aplikasi PeduliLindungi. Selain dapat diakses melalui aplikasi di smartphone, PeduliLindungi juga dapat diakses melalui laman web resmi pedulilindungi.id. 

Cara Memperoleh Sertifikat Vaksin dari PeduliLindungi
A health worker drawing vaccine in vial into syringe for COVID-19, measles, flu shots

Cara Kerja Vaksin Covid-19

Sebelum kita membahas cara untuk memperoleh sertifikat vaksin, lebih baik terlebih dahulu untuk mempelajari pentingnya vaksin bagi tubuh kita. 

Berbagai jenis vaksin bekerja dengan cara yang berbeda untuk memberikan perlindungan bagi tubuh. Biasanya diperlukan waktu beberapa minggu setelah vaksinasi bagi tubuh untuk memproduksi antibodi. Oleh karena itu, ada kemungkinan seseorang dapat terinfeksi virus penyebab Covid-19 sesaat sebelum atau setelah vaksinasi dan kemudian jatuh sakit karena vaksin tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan perlindungan.

Terkadang setelah vaksinasi, proses pembentukan kekebalan tubuh dapat menimbulkan gejala, seperti demam. Gejala-gejala ini normal dan merupakan tanda bahwa tubuh sedang membangun kekebalan tubuh. 

Vaksin Covid-19 dapat menyebabkan efek samping ringan setelah dosis pertama atau kedua, seperti nyeri, kemerahan atau bengkak di tempat suntikan diberikan, demam, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, panas dingin, nyeri sendi, mual dan muntah, kurang enak badan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Anda kemungkinan akan dipantau selama 15 menit setelah mendapatkan vaksin Covid-19 untuk melihat apakah anda memiliki reaksi langsung. Sebagian besar efek samping akan hilang dalam beberapa hari. Efek samping setelah dosis kedua mungkin lebih intens dan bagi beberapa orang tidak memiliki efek samping.

Vaksin Covid-19 dapat menyebabkan efek samping yang mirip dengan tanda dan gejala Covid-19. Jika Anda telah terpapar Covid-19 dan anda mengalami gejala lebih dari tiga hari setelah divaksinasi atau gejalanya bertahan lebih dari dua hari, isolasi diri dan lakukan tes.

Jadi apakah kita perlu takut di vaksin? Tentunya tidak. 

Tipe-tipe vaksin Covid-19

Berikut adalah uraian bagaimana setiap jenis vaksin mendorong tubuh kita untuk mengenali dan melindungi kita dari virus penyebab Covid-19. 

Pertama adalah vaksin mRNA mengandung bahan dari virus penyebab Covid-19 yang memberikan instruksi kepada sel dalam tubuh kita tentang cara membuat protein tidak berbahaya yang unik bagi virus. Setelah sel kita membuat salinan protein, mereka menghancurkan materi genetik dari vaksin. Tubuh kita menyadari bahwa protein tidak boleh ada dan membangun limfosit T dan limfosit B yang akan mengingat cara melawan virus penyebab Covid-19 jika kita terinfeksi di kemudian hari.

Kedua adalah vaksin subunit protein mencakup potongan (protein) yang tidak berbahaya dari virus yang menyebabkan Covid-19, bukan seluruh kuman. Setelah divaksinasi, tubuh kita menyadari bahwa protein tidak boleh ada dan membangun limfosit T dan antibodi yang akan mengingat cara melawan virus penyebab Covid-19 jika kita terinfeksi di kemudian hari.

Dan yang ketiga adalah vaksin vektor mengandung versi modifikasi dari virus yang berbeda dari yang menyebabkan Covid-19. Di dalam cangkang virus yang dimodifikasi tersebut, terdapat materi dari virus penyebab Covid-19. Hal ini disebut “vektor virus.” Setelah vektor virus berada di dalam sel kita, materi genetik memberikan instruksi kepada sel untuk membuat protein yang unik untuk virus penyebab Covid-19. Menggunakan instruksi ini, sel-sel kita membuat salinan protein. Ini mendorong tubuh kita untuk membangun T-limfosit dan B-limfosit yang akan mengingat bagaimana melawan virus itu jika kita terinfeksi di masa depan.

Cara memperoleh sertifikat vaksin secara otomatis

Sebelum kita membahas cara memperoleh sertifikat vaksin dari PeduliLindungi, pada dasarnya sertifikat vaksin akan otomatis diberikan secara digital bagi anda yang telah melakukan vaksinasi. 

Setelah melakukan vaksin, seluruh peserta vaksinasi akan memperoleh SMS dari 1199 yang berisi konfirmasi bahwa anda telah berhasil melakukan vaksin. SMS tersebut akan disertai dengan link download sertifikat vaksin secara digital. 

Pemerintah juga telah menyediakan layanan call center dari 199 untuk memberikan informasi terkait sertifikat vaksin. 

Cara Cek dan Download Sertifikat vaksin resmi dari PeduliLindungi

Cara Memperoleh Sertifikat Vaksin dari PeduliLindungi

Mungkin bagi sebagian besar pembaca belum mengenal PeduliLindungi. PeduliLindung merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk melacak penyebaran Covid-19. Melalui aplikasi yang ada di smartphone anda, PeduliLindungi akan melacak lokasi anda. Lokasi tersebut berfungsi untuk memberikan notifikasi jika anda berada di zona merah atau berapa di area dengan angka kejadian Covid-19 yang tinggi. 

Riwayat lokasi anda yang tercatat dalam aplikasi PeduliLindungi dapat dijadikan informasi saat terjadi kasus Covid-19. Tenaga kesehatan dapat menilai orang-orang yang berinteraksi dengan anda sehingga diketahui siapa saja yang memerlukan penanganan lebih lanjut untuk menghindari penyebaran yang lebih luas lagi. 

Selain itu, melalui PeduliLindungi anda juga dapat melakukan konsultasi kesehatan secara mandiri jika mengalami keluhan-keluhan terkait gejala Covid-19. Dan terakhir yang paling penting adalah dari PeduliLindungi anda dapat mendownload sertifikat vaksin bagi anda yang telah melakukan vaksinasi. 

Keamanan data anda di PeduliLindungi dijamin, karena program ini ditangani langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

PeduliLindungi merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dapat mengakses sertifikat vaksin. Hanya melalui aplikasi maupun laman web, anda dapat melakukan cek dan download sertifikat vaksin secara langsung. 

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat akun PeduliLindungi. Anda dapat membuat akun langsung dari laman web maupun dari aplikasi PeduliLindungi yang dapat di download via PlayStore dan AppStore. 

Untuk daftar, anda perlu mengisi nama lengkap sesuai KTP dan nomor HP atau alamat email. Kemudian anda akan memperoleh kode OTP untuk melakukan aktivasi akun PeduliLindungi. 

Jika akun anda telah selesai dibuat, tahap selanjutnya adalah lakukan login kembali ke PeduliLindungi. Selanjutnya cek profil anda, dan klik pilihan “sertifikat vaksin” lalu pilih periksa. Anda akan diminta untuk mengisi nomor NIK dan nomor HP yang terdaftar saat melaksanakan vaksinasi. PeduliLindungi akan secara otomatis menampilkan sertifikat vaksin tahap pertama dan tahap kedua yang dapat di download secara langsung. 

Kesimpulan 

Vaksinasi Covid-19 akan melindungi sebagian besar orang dari virus penyakit Covid-19.

Persentase yang sangat kecil dari orang yang divaksinasi lengkap masih dapat terkena Covid-19 jika mereka terpapar virus secara langsung. Hal ini disebut kasus terobosan vaksin. Beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala apa pun dan beberapa orang bisa menjadi sakit karena Covid-19.

Namun, vaksinasi mungkin membuat dampak dari penyakit tidak terlalu parah. Jika anda telah divaksinasi lengkap, risiko keseluruhan rawat inap dan kematian akibat Covid-19 jauh lebih rendah daripada orang yang tidak divaksinasi dengan faktor risiko serupa.

Jadi walaupun anda telah melakukan vaksinasi dan memperoleh sertifikat vaksin, bukan berarti anda dapat dengan bebas dari protokol kesehatan. Selama pandemi masih belum selesai, menerapkan protokol kesehatan dengan ketat masih diperlukan. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload