Cara Membuat SKCK dengan Mudah & Cepat

18 Feb 2021 by Andro
cara membuat skck

Buat kamu yang ingin melamar suatu pekerjaan pasti pernah dong melihat kualifikasi persyaratan berkas yang harus dilampirkan ada SKCK. Apa itu SKCK dan bagaimana cara membuat SKCK? Mudahnya, SKCK adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian kepada seorang warga negara berdasarkan permohonan dari yang bersangkutan untuk suatu keperluan, melamar kerja misalnya.

3 Cara Membuat SKCK dengan Mudah yang Bisa Kamu Coba

Ternyata membuat skck nggak seribet itu lho, asalkan kamu tahu Langkah-langkahnya, hal itu mudah saja. Untuk yang ingin membuat skck, silahkan ikuti panduan berikut ini ya;

1. Persiapkan dan Bawa Surat Pengantar

Pertama, cara membuat SKCK bisa kamu lakukan dengan cara mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan seperti membuat surat pengantar yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat di daerah tempat tinggalmu.

Jangan langsung pergi ke kelurahan ya, soalnya ada tahapan yang harus kamu lalui seperti minta dibuatkan surat pengantar pertama di ketua RT dan ketua RW. Setelah mendapatkan surat pengantar pertamanya, barulah kunjungi kantor kelurahan atau kantor kepala desa terdekat.

Sebagai tambahan informasi, di beberapa daerah bisa saja tidak diberlakukan surat pengantar dalam syarat pembuatan skck tapi taka da salahnya untuk menyiapkannya, bukan? Jadi begitu kamu pergi kantor kepolisian dan diminta surat pengantar, kamu sudah memilikinya. Namun kalau tidak diminta juga tidak apa-apa, nggak ada ruginya.

2. Pastikan Kamu Membawa Kelengkapan Persayaratan Pembuatan SKCK yang Diminta Kantor Kepolisian

Langkah kedua, bikin surat pengantar sudah, saatnya kamu pergi ke kantor kepolisian untuk mengajukan skck. Namun sebelum pergi ke kantor polisi, pastikan kamu sudah melengkapi syarat kelengkapan dokumen yang dibutuhkan ya. Memangnya apa saja yang dibutuhkan untuk membuat skck? Ini rinciannya, silahkan disimak;

Untuk kamu yang statusnya warga negara indonesia (WNI), ini dokumen yang harus kamu persiapkan dan bawa ke kantor polisi:
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Pas foto ukuran 4×6 dengan/background merah sebanyak 6 lembar
Untuk warga negara asing (WNA), syaratnya agak berbeda tapi dokumennya nggak banyak kok, ini rinciannya ya;
  • Fotokopi paspor milikmu
  • Surat sponsor dari perusahaan yang asli khusus kamu yang sedang bekerja di Indonesia
  • Fotokopi surat nikah (khusus untuk kamu yang sudah menikah)
  • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap)
  • Pas foto 4×6 dengan/background kuning sebanyak 6 lembar

3. Buat SKCK di Polsek atau Polres Terdekat

Akhirnya kamu sudah sampai pada tahap terakhir, ya, buat skck langsung di kantor polisi. Kalau semua persyaratan surat pengantar dan dokumen penting lainnya sudah lengkap, segera kunjungi loket pelayanan permohonan SKCK, biasanya jam operasinya buka setiap weekday, yaitu senin – jumat pukul 08.30 – 15.00. Hanya saja, jangan datang pas jam istirahat ya karena loket pelayanannya akan tutup sementara sampai jam istirahat selesai. Kira-kira begini cara membuat skck;

  • Kamu harus mengisi data pribadi dan keterangan bahwa kamu tidak pernah melakukan tindak kriminal apapun di blanko yang disediakan.
  • Proses selanjutnya, kamu akan melakukan perekaman sidik jari.
  • Setelah proses cara membuat SKCK di poin sebelumnya kamu selesaikan, kamu hanya tinggal menunggu petugas memanggil namamu untuk menyerahkan SKCK.
  • Cara membuat SKCK bisa dilakukan di Polsek (tingkat kecamatan) atau di Polres (tingkat kabupaten atau kota). Biayanya murah, rata-rata dibawah 100k, antara 30k – 60k tergantung harga yang ditetapkan tiap tahunnya ya.

Sekian informasi tentang cara membuat SKCK, gimana? Mudah bukan? Semoga kamu bisa membuat skck untuk melamar kerja segera ya. Silahkan coba dipraktekkan dan semoga berhasil.

pinjaman online

Kalau uangmu habis untuk keperluan semua berkas skck dan ongkos melamar kerja, kamu bisa kok ajukan pinjaman onlineke Kredit Pintar. Pengajuan pinjaman online di Kredit Pintar cepat cair dan mudah. Kamu bisa bayar pinjamannya begitu sudah dapet kerja dan gajian pertamamu kok.

mobile-closeKredit PintarDownload