Cara Membuat Saus Tomat Homemade dan Tipsnya

12 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 12 Nov 2021

Saus tomat menjadi salah satu pelengkap masakan, terutama bagi para penikmat masakan pedas. Selain disandingkan bersama gorengan, saus tomat juga nikmat bila menjadi bumbu masakan di rumah. Itulah sebabnya, sebagai persediaan pembaca bisa mempelajari cara membuat saus tomat tanpa tambahan pengawet yang lezat. Sehingga, kapan pun bisa menghidangkan menu yang disukai.

Saus tomat pada dasarnya memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis, sehingga cocok bila disajikan bersama gorengan. Bila tidak ingin repot, sebetulnya pembaca bisa membeli saus tomat kemasan yang lebih praktis. Akan tetapi, setiap bahan makanan yang dijual botolan tentunya mengandung pengawet. Agar bisa membuat saus tomat sendiri, berikut penjelasan yang bisa dijadikan sebagai panduan memasak:

Mengenal Sejarah Saus Tomat dan Perkembangannya

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan keberadaan saus tomat. Makanan ini berbahan dasar tomat, gula, garam, dan tambahan cuka bila diperlukan. Ada pula saus tomat yang menambah cabe merah besar sebagai penambah cita rasa dan pewarna alami. Seiring berkembangnya waktu, semakin banyak modifikasi dari saus tomat ini yang dijual di pasaran.

Sebagai tambahan informasi, resep pertama kali saus tomat dimuat dalam buku yang berasal dari Amerika pada tahun 1801. Buku berjudul Sugar House Book ini menuliskan resep saus tomat yang memiliki rasa yang asin. Sebab, memerlukan garam sebanyak 1 pound untuk mengolah 100 tomat segar. Selanjutnya resep tersebut mulai populer bagi masyarakat Amerika.

Sejak dahulu, saus tomat banyak diproduksi menggunakan kemasan botol kaca yang terkadang susah dituangkan saat isinya tinggal sedikit. Sehingga, costumer perlu menambahkan sedikit air hangat agar saus bisa larut dan mudah dituang. Namun, seiring perkembangan zaman telah banyak kemasan plastik yang mudah dikeluarkan. Bahkan ada juga kemasan plastik yang lebih ekonomis.

Agar bisa digunakan lebih lama, biasanya ditambahkan bahan pengawet makanan. Sehingga, ini menjadi sisi kelemahan bagi para penikmat masakan rumahan. Namun, hal ini dapat disiasati dengan menghidangkan saus tomat sendiri berdasarkan resep yang akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya. Pembaca bisa mencatat bahan-bahan yang diperlukan agar dapat menghidangkan saus tomat yang nikmat.

Bahan-bahan Saus Tomat yang Perlu Disiapkan

Sesuai dengan namanya, bahan utama yang diperlukan dalam membuat menu ini yaitu buah tomat segar. Namun, sebagai penguat rasa juga bisa ditambahkan sedikit cabai merah besar. Tentunya rasa yang sedikit pedas sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Secara rinci, bahan-bahan yang akan digunakan dalam menerapkan cara membuat saus tomat dituliskan pada daftar berikut:

  • 5 cabe merah (boleh lebih)
  • 7 tomat segar
  • 5 bawah putih kupas
  • 1 sdm maizena
  • Air secukupnya
  • 1 sdm gula
  • Penyedap rasa

Tahapan Pembuatan Saus Tomat

Menu sederhana ini tidak memerlukan peralatan memasak yang sulit, untuk itu silahkan memakai alat-alat dapur yang dimiliki. Diantaranya seperti panci, blender (bisa diganti dengan cobek), dan wadah untuk meletakkan saus. Di samping itu, langkah-langkah memasak sangatlah sederhana dan gampang diingat. Berikut cara membuat saus tomat sendiri di rumah:

1. Bersihkan Semua Bahan yang Digunakan

Agar dapat menghasilkan saus dengan warna dan rasa terbaik, sebaiknya perhatikan pemilihan buah tomat yang akan digunakan. Usahakan memilih tomat yang sudah tua dan masak di pohon, biasanya ditandai dengan buah yang berwarna orange. Lebih baik bila teksturnya masih sedikit keras, sehingga tidak mudah larut saat dididihkan.

Berbagai jenis tomat pada dasarnya bisa dipakai untuk membuat saus, misalnya plum tomato atau beef tomato. Cuci semua bahan tersebut meliputi tomat, cabe, dan bawang putih menggunakan air bersih. Bila diperlukan, gunakan sabun pencuci khusus sayuran agar sisa pestisida hilang seluruhnya dan bahan-bahan siap dimasak.

2. Didihkan Tomat, Cabai, dan Bawang Putih

Di sini yang dibutuhkan hanyalah bagian kulit cabe merah besar sebagai pewarna dan penambah cita rasa. Sehingga, pembaca perlu membuang bagian isiannya. Siapkan air pada panci secukupnya, panaskan hingga mendidih. Lanjutkan dengan memasukkan seluruh bahan-bahan tersebut. Agar nantinya lebih mudah dalam mengupas tomat, buatlah sayatan kecil.

Rebus tomat, bawang putih, dan cabe hingga lunak dan mudah dihaluskan. Apabila dirasa sudah cukup, matikan kompor dan mulai tiriskan bahan-bahan tersebut. Supaya lebih mudah untuk mengupas kulit tomat, sebaiknya pisahkan bahan ini dengan bawang merah. Letakkan pada wadah yang berbeda. Kemudian siapkan tempat baru untuk rebusan tomat.

3. Kupaslah Kulit Tomat

Panduan cara membuat saus bisa dilanjutkan dengan mengupas kulit tomat dengan hati-hati. Sebetulnya pembaca juga memiliki pilihan untuk menggunakan kulit tomat sebagai bahan campuran saus. Tetapi, dikhawatirkan hasilnya justru tidak akan halus seperti saus pada umumnya. Sebab, tekstur dari kulit tomat sendiri susah dihaluskan.

4. Haluskan Bersama Bawang Putih dan Cabe

Sesudah mengupas seluruh tomat, buat saus dengan menghaluskan semua bahan yang dimiliki. Haluskan secara bertahap menggunakan ulekan agar semua bahan tercampur dengan rata. Apabila kesulitan, silahkan gunakan blender dengan menambahkan sedikit air pada saus. Blender seluruh bahan hingga mendapatkan tekstur yang lembut seperti saus tomat pada umumnya.

5. Masak Hingga Matang

Siapkan panci di atas kompor, mulai nyalakan api sedang. Masukkan hasil bender dan aduk hingga matang. Selama proses memasak tersebut, pastikan terus mengaduknya secara perlahan. Sebab, bila ditinggalkan saus bisa menjadi gosong. Tambahkan juga garam, gula, dan sedikit penyedap supaya hasilnya sesuai dengan rasa saus tomat yang diinginkan.

6. Tambahkan Maizena Agar Saus Mengental

Untuk mengentalkan saus, silahkan siapkan wadah khusus yang berisi maizena. Tambahkan air sebanyak kurang lebih 5 sendok makan untuk melarutkan maizena. Aduk sebentar, dan tuang larutan tersebut pada saus tomat yang masih dihangatkan. Jangan lupa untuk mengaduk saus hingga memperoleh tekstur yang mengental. Setelah itu, segera matikan api dan siapkan wadah penyajian.

Diamkan sejenak saus yang telah matang, apabila suhunya sudah sesuai dengan suhu ruangan. Silahkan masukkan pada wadah yang tertutup untuk disimpan sebagai persediaan di rumah. Pastikan wadah yang digunakan sudah steril. Untuk botol kaca, gunakan air panas untuk mencuci bersih kemasan tersebut.

Tips Menyimpan Saus Tomat Agar Lebih Awet

Saus tomat pada dasarnya bisa disimpan di suhu ruangan, sehingga tidak memerlukan kulkas agar saus bisa bertahan lama. Namun bila menggunakan kulkas, sebaiknya gunakan wadah terbuat dari kaca yang tertutup rapat. Saus tomat buatan sendiri ini bisa disajikan bersama gorengan hingga lauk lainnya. Tambahan gula menjadi bahan pengawet alami yang membuat saus tomat lebih bertahan lama.

Demikian tutorial cara membuat saus tomat sendiri yang bisa dipraktekkan agar dapat menghidangkan menu yang lezat. Bila membuat menu ini, pastikan memilih tomat yang masih segar agar hasil saus yang dibuat lebih nikmat. Selain untuk dinikmati bersama gorengan, saus tomat ini juga dapat dipakai menjadi tambahan bumbu penyedap masakan. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download